November 29, 2022

Liburan ada di depan mata. Bila Kawanjo telah bersiap untuk berlibur, cobain yuk wisata Ungaran yang lagi hits!

Semarang memiliki banyak kawasan wisata keren untuk dikunjungi. Kali ini Ungaran akan menjadi bahasan utama. Ungaran  yang dikenal dengan sebutan kota seribu rumah makan ini bukan hanya memiliki banyak restoran di sepanjang jalan Solo – Yogyakarta. Melainkan juga mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Ungaran memiliki udara yang sejuk, tidak seperti daerah di Semarang lainnya yang memiliki cuaca panas. Ini karena daerah Ungaran dekat dengan pegunungan. Sangat nyaman pasti berlibur di sini apalagi bersama bestie atau pujaan hati.

Wisata Ungaran yang lagi Hits

Wisata Ungaran yang lagi Hits
Tempat Wisata di Ungaran Yang Lagi Hits

Ungaran juga dikenal dengan kota yang murah untuk wisata kuliner, wisata alam, atau jenis wisata lainnya. Jadi tidak perlu khawatir bagi Kawanjo bila berlibur di Ungaran Semarang.

Baca Juga : 5 Wisata Keluarga di Semarang, Bikin Hubungan Makin Mesra

Ada beberapa wisata Ungaran yang lagi hits dan banyak dikunjungi wisatawan. Diantaranya:

  1. Umbul Sidomukti
Wisata Ungaran yang lagi Hits
Daftar Wisata di Ungaran yang lagi Hits, Umbul Sidomukti

Dengan memegang teguh semboyan The Unforgatable Adventure Place , tempat ini selalu berusaha memacu adrenalin pengunjung. Salah satu bukti nyata adalah dengan adanya wahana flying fox setinggi 70 meter! Wanna try

Baca Juga : Ceria Tiada Habisnya di Saloka Theme Park Semarang

Selain itu, di area yang berada dekat dengan Candi Gedong songo ini Kawanjo juga akan terpuaskan dengan pemandangannya. Dari Sidomukti, terlihat jelas kegagahan 5 gunung yang mengelilingi. Nah, di sana ada basecamp Mawar yang merupakan titik awal pendakian gunung Ungaran.

Umbul Sidomukti juga memiliki pemandian alam dengan air yang bersumber dari gunung Ungaran. Sehingga terasa segar dan jernih. Kawanjo juga disediakan resor untuk menginap supaya bisa lebih lama berada di tempat yang berlokasi di Desa Sidomukti, kecamatan Bandungan, Ungaran, kabupaten Semarang.

Jangan lupa menikmati kopi khas Ungaran saat menikmati keindahan di wisata Umbul Sidomukti ini.

  1. Candi Gedong songo
Wisata Ungaran yang lagi Hits
Wisata Ungaran yang lagi hits, Candi Gedong songo

Tak elok kiranya bila berwisata ke Umbul Sidomukti tapi belum mampir ke Candi Gedong songo. Situs sejarah yang merupakan peninggalan budaya Hindu ini terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga : Semarang Masuk Kawasan Wisata Prioritas Nasional?

Mirip dengan komplek candi di Dieng, Gedong Songo memiliki 9 candi dalam satu wilayah di lereng gunung Ungaran. Terletak di ketinggian 1.200 mdpl,  suhu udara di sini cukup dingin. Siapkan jaket untuk menikmati keindahan alam di sini.

Candi yang ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 ini juga dilengkapi dengan beberapa wahana menarik. Yaitu pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.

  1. Vanaprasta Park
Wisata Ungaran yang lagi Hits
Wisata Ungaran yang lagi hits, Vanaprasta Park

Wisata yang menyajikan bangunan rumah dari kayu ini sudah ada sejak zaman dahulu. Dikelilingi oleh pohon  yang kokoh dan tanah yang berumput, wisata ini cocok untuk ngadem dan bersantai.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Rumah kayu yang dimaksud adalah penginapan – penginapan yang siap menukar lelah serta kantuk dengan kesegaran alami hutan pinus yang segar. Apalagi bila Kawanjo berkenan mengelilingi hutan. Banyak view menarik untuk tak sekedar dilihat. Melainkan juga difoto dan dipajang di medsos. Ada instalasi semacam rumah pohon yang keren untuk digunakan sebagai tempat berpose.

Apabila lelah berkeliling, Kawanjo bisa istirahat sejenak di kursi – kursi yang disediakan. Atau menggelantung di hammock yang dipasang di sela – sela pohon.

Wisata ini tepatnya berada di jalan Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang. Arah ke Candi Gedong Songo, objek wisata sejarah di sekitar Ungaran.

  1. Sate Pak Kempleng
Wisata Ungaran yang lagi Hits
Wisata di Ungaran Sate Pak Kempleng

Tak lengkap bila tidak kulineran di kota seribu rumah makan. Nah, yang satu ini sangat fenomenal. Karena banyak sekali warung yang menyediakan sate Pak Kempleng. Sehingga makanan berbahan dasar daging sapi ini menjadi kuliner khas Ungaran.

Baca Juga : Ngetrip ke Semarang, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini Kawanjo

Konon, pak Kempleng mempopulerkan dagangannya sejak tahun 1960 sampai 1970. Awalnya sate ini dijual dengan cara dipikul dengan penjualnya memiringkan kepalanya. Untuk menahan beban pikulan. Kini, sate pak kempleng dijual di warung – warung dimana penjualnya mengaku merupakan keturunan pak Kempleng. Penjual asli sate ini.

Tak heran bila makanan ini selalu ramai peminat. Sebab bumbu yang digunakan sangat khas lezatnya. Apalagi meskipun irisannya besar – besar, tekstur dagingnya tetap empuk bola digigit. Selain daging, ada juga varian lainnya. Seperti satu tusuk hanya ada lemaknya saja, ada paru saja, ada babat, hati, atau ginjal.

Wisata Ungaran yang lagi hits ini dijamin bikin Kawanjo puas. Mulai dari alamnya, sejarahnya, bahkan kulinernya sangat menarik untuk dieksplorasi. Siapkan diri untuk berlibur seru di sini!

The post Wisata Ungaran yang Lagi Hits, Mulai dari Flying Fox Tertinggi Hingga Sate Legendaris appeared first on Pigiblog.