November 29, 2022

Kabupaten Timor Tengah Selatan atau TTS baru saja punya gawe. Kota di provinsi Nusa Tenggara Timur ini telah menyelenggarakan Festival Atraksi Pah Meto di akhir Oktober 2022. Sebuah acara yang digelar untuk menjaga kelestarian budaya khas masyarakat TTS dan meningkatkan pamor pariwisata daerah. Inilah wisata Timor Tengah Selatan yang menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan.

Wisata Timor Tengah Selatan

Wisata Timor Tengah Selatan
Wisata Timor Tengah Selatan

Magnet kunjungan wisatawan di kota TTS tersebar di berbagai daerah. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi:

Baca Juga : Produk Terkenal dari Ngada NTT Jadi Tema Festival Wolobobo 2022, Apa Saja?

  1. Taman Rekreasi Bu’at
Wisata Timor Tengah Selatan
Wisata Timor Tengah Selatan Taman Rekreasi Bu_at

Objek satu ini terletak di Karang Siri, kecamatan Kota Soe, kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Kecamatan Kota Soe (baca So’e) disebut juga sebagai The Freezing City atau Kota Membeku. Sebabnya adalah cuaca di daerah dengan ketinggian 1000 mdpl ini jauh lebih dingin dibandingkan kota lainnya di Pulau Timor.

Baca juga : 5 Spot Wisata Pulau Rote, Permata di Indonesia Timur

Taman rekreasi Bu’at adalah kawasan hutan lindung yang tersembunyi dan aksesnya agak sulit. Namun begitu, masih banyak pengunjung yang datang. Sebabnya adalah keindahan alam dan biaya masuknya yang gratis.

Di tempat ini, Kawanjo akan melihat pemandangan di hutan negara empat musim. Jejeran pohon Mahoni yang berbaris rapi dan menjulang tinggi, ada kalanya terlihat rimbun menghijau. Bak musim semi di negeri sub tropis. Sedangkan di waktu lainnya, hutan Bu’at menampilkan pemandangan pepohonan yang gugur dan berwarna kecoklatan. Nampak  eksotis seperti musim semi. Dua pemandangan dalam waktu yang berbeda ini bisa jadi background foto yang menarik.

Apalagi taman rekreasi Bu’at ini  mengusung balon sebagai hiasan. Kawanjo akan mendapati ratusan balon berwarna warni yang ditata sedemikian rupa, sehingga terlihat sangat menarik dan menjadi spot utama untuk selfie.

  1. Desa Fatuulan, Negeri di Atas Awan
Wisata Timor Tengah Selatan
Wisata Timor Tengah Selatan Desa Fatuulan, Negeri Diatas Awan

Desa ini diselimuti kabut tebal sepanjang hari. Sehingga benar kiranya bila dijuluki negeri di atas awan. Apalagi pesona alaminya yang sangat indah.

Baca Juga : Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Fatuulan yang terletak di kecamatan Kie ini memang berada ketinggian 1800 mdpl. Sehingga wajar selalu diselimuti kabut. Dari ketinggian ini, Kawanjo bisa melihat pemandangan pantai Kolbano.

Padang rumput terhampar manis di Fatuulan. Terkadang kuda liar akan melintas secara bergerombol. Nampak indah dilihat. Jangan lupa pula menikmati keelokan barisan pepohonan yang menjulang tinggi.

  1. Taman Bunga Lavender
Wisata Timor Tengah Selatan
Daftar Wisata Timor Tengah Selatan Taman Bunga Lavender

Yang satu ini membuat Kawanjo tak perlu jauh – jauh pergi ke pegunungan Mediterania untuk melihat bunga lavender. Sebab di Timor Tengah Selatan memiliki taman bunga Lavender. Tepatnya berada di desa Noinbila, kecamatan Kota Soe, kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT.

Baca Juga : Trip to Pristine Island, Wisata Pulau Derawan Kalimantan Timur

Hamparan bunga ungu berbau harum ini menjadi daya tarik wisatawan. Apalagi bila tahu manfaat lebihnya. Seperti menjadi alat ampuh pengusir nyamuk.

Dengan keindahan alamnya, taman bunga Lavender ini sangat cocok untuk berfoto. Buktinya banyak sekali momen prewedding yang menggunakan tempat ini sebagai lokasinya.

Sebagai saran, waktu terbaik untuk berkunjung ke taman bunga Lavender Noinbila ini adalah bulan Juni sampai dengan Agustus. Marena sesuai dengan musim mekarnya. Kawanjo bisa menikmati keindahan hamparan Taman Bunga Lavender ini dengan maksimal.

  1. Taman Fatumnasi
Wisata Timor Tengah Selatan
Taman Fatumnasi

Taman wisata Fatumnasi adalah destinasi selanjutnya ketika berwisata di TTS. Taman Fatumnasi menyuguhkan panorama eksotik khas pegunungan, dengan paduan udara yang sangat sejuk.

Baca Juga : Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur

Di taman ini terdapat pula sekumpulan tumbuhan yang sangat langka. Yaitu bonsai alam yang berumur ratusan tahun. Tumbuh secara alami dengan batang dan dahan yang meliuk – liuk cantik.

Dari Kota Soe, taman wisata Fatumnasi ini berjarak 35 ke utara. Hanya dengan waktu sekitar 40 menggunakan kendaraan bermotor.

  1. Air Terjun Love Waterfall
Wisata Timor Tengah Selatan
Wisata Timor Tengah Selatan Air Terjun Love Waterfall

Air terjun ini dinamakan juga dengan Noelaku. Sering juga disebut Love Waterfall. Karena kolam penampungannya berbentuk hati atau love. Unik, ya?

Baca Juga : Pulau Ugar, Mutiara di Ujung Indonesia Timur Papua

Istimewanya, sebenarnya ada 3 lagi air terjun yang berada di atas love waterfall. Ditunjang dengan alam sekitarnya yang menawan, banyak hati yang tertawan di sini. Bukit yang menjulang tegas di antara pepohonan yang memberi keteduhan, nampak air yang turun dari ketinggian. Kolam air berbentuk hati memiliki air berwarna biru kehijauan bila terkena sinar matahari.

Love Waterfall atau air terjun Noelaku ini berada di kampung Noelaku, desa Noinbila, kecamatan Molo Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Perlu jadi catatan, bila hendak pergi ke air terjun hati, Kawanjo harus menuruni tebing yang cukup curam dengan jalan licin. Terutama saat musim penghujan. Jadi hati – hati itu pasti.

Pesona alam Indonesia bagian Timur memang luar biasa. Seolah menjadi magnet, eksotisme daerah Timor Tengah Selatan atau TTS adalah bagian dari itu. Maka destinasi wisata di atas bisa dikunjungi. Awas hati – hati jadi terlalu nyaman karena hatinya tertawan di sini.

The post Wisata Timor Tengah Selatan, No. 5 Serasa di Awan appeared first on Pigiblog.