November 29, 2022

Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menyimpan hidden gem yang jarang diketahui banyak orang loh! Pulau Liwungan yang menjadi surga tersembunyi dari Desa Citeureup, Kabupaten Pandeglang ini dekat dengan Pantai Tanjung Lesung yang biasa menjadi opsi healing terkenal di Kabupaten Banten. Eits, tapi pastinya wisata Pulau Liwungan tidak kalah indah dan mengesankannya dari Pantai Tanjung Lesung lho!

wisata Pulau Liwungan, Pulau Liwungan, Pandeglang, Banten, Snorkeling, Hutan Mangrove
Pemandangan Pulau Liwungan dari Atas

Pulau dengan luas hampir 50 hektar ini menawarkan pengalaman berlibur di pulau terpencil yang masih asri dan jarang dijamah para wisatawan. Terlebih lagi, karena pulau ini tidak dihuni masyarakat sekitar. Akan tetapi, jangan takut kalau pulau ini menjadi seram atau sepi, karena di sana terdapat beberapa pedagang makanan dan orang yang mengurus pulau ini. Selain itu, nama “Liwungan” itu sendiri berasal dari kata “Kaliwungan” yang berarti “dikelilingi oleh pegunungan.” 

Baca juga: Wisata Pulau Sangiang Banten Pesonanya Bikin Terngiang-ngiang

Ada apa aja sih wisata Pulau Liwungan? Hal pertama yang akan Kawanjo lihat dari pulau yang indah ini adalah hamparan pasir putihnya bak permadani lembut yang membentang. Tak hanya itu, biru dan jernihnya air laut sejauh mata memandang pastinya akan membuat pikiranmu tenang, apalagi pemandangan itu tidak kamu dapatkan di kota-kota besar.

wisata Pulau Liwungan, Pulau Liwungan, Banten, Pandeglang, Pantai Pasir Putih
Bersihnya Pantai Pasir Putih di Pulau Liwungan

Di Pulau Liwungan juga kamu akan menemukan hijau dan asrinya pepohonan di hutan yang terletak di sana. Salah satu tumbuhan yang berkembang dan dibudidayakan di pulau ini adalah Mangrove. Iya, tanaman yang berguna untuk mencegah erosi itu. Pokoknya tidak diragukan lagi kalau lingkungan dan udara di sana akan terasa sejuk dan bersih banget. Benar-benar destinasi wisata yang cocok untuk lepas dari sesaknya polusi dan hiruk-pikuk perkotaan bukan?

wisata Pulau Liwungan, Pulau Liwungan. Hutan Mangrove, Banten, Pandeglang, Snorkeling, Pantai Pasir Putih
Panorama Hutan Pulau Liwungan

Selain keindahan pantai dan hutannya, ada juga aktivitas seru yang pastinya bisa banget kamu lakukan saat berkunjung di Pulau Liwungan loh! Yap, snorkeling. Kawanjo akan dimanjakan dengan jernihnya air, sehingga kamu dapat menikmati pemandangan bawah laut dengan jelas. Terlebih lagi, pastinya kamu akan bertemu dengan ikan-ikan yang berwarna-warni dan terumbu karang yang cantik saat menyelam. Selain kegiatan snorkeling, ada hal menarik lainnya yang bisa kamu coba loh, yaitu, memancing. Kalau selama ini kamu hanya terima jadi masakan seafood yang dihidangkan, di Pulau Liwungan kamu dapat merasakan sensasi memburu dan mengolah makanan nih Kawanjo.

wisata Pulau Liwungan, Pulau Liwungan, Pandeglang, Banten, Snorkeling, Terumbu Karang, Pantai Pasir Putih
Kekayaan bawah laut Pulau Liwungan

Kalau di bayangan kamu memancing itu membosankan karena butuh kesabaran, pasti di pulau ini kamu bahkan akan rela untuk berlama-lama karena pemandangannya yang luar biasa saat menunggu umpan dimakan ikan. Gimana, seru banget kan kegiatan-kegiatan di Pulau Liwungan? Terbukti kalau mau snorkeling dan memancing ikan gak perlu di tempat yang mainstream lagi seperti di Pulau Seribu atau empang terdekat.

Baca juga: Bikin Hati Riang, Seharian Wisata di Pulau Pagang

Bagaimana Kawanjo, kamu tertarik tidak untuk eksplor hidden gem di Kabupaten Pandeglang ini? Kalau iya, kamu tak perlu pusing-pusing mikirin gimana caranya ke sana karena kamu bisa mengunjungi Pulau Liwungan melalui paket wisata yang tersedia di Pigijo! Kamu juga gak perlu khawatir akan luntang-lantung di sana karena akan kami rincikan itinerary dari paket perjalanan ke wisata Pulau Liwungan. Yuk, disimak!

1 Day Open Trip Pulau Liwungan

Di hari keberangkatan kamu wisata Pulau Liwungan, kita akan berkumpul di meeting point perjalanan, yaitu di Kampung Nelayan – Tanjung Lesung. Setelah semuanya sudah siap, baik perlengkapan, jasmani, dan rohani, Kawanjo akhirnya akan berangkat ke sana menggunakan boarding boat loh! Pastinya kamu akan disuguhi keindahan pemandangan laut dan angin sepoi-sepoi yang membelai tubuh saat kapal mengarungi lautan. Sesampainya di Pulau Liwungan, kamu akan diberikan waktu bebas yang bisa banget kamu manfaatkan untuk foto-foto atau bersantai sambil menikmati sejuknya udara pantai.

Setelah itu, kegiatan yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu snorkeling! Kawanjo pastinya akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan saat bertemu dengan ikan-ikan dan terumbu karang yang bermacam-macam. Setelah puas dengan snorkeling, kamu pastinya akan diberikan waktu senggang untuk beristirahat sambil berleha-leha di tepi pantai. 

Baca juga: Wisata Morotai 2022, Satu Lagi Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Nah, itu dia itinerary perjalanan wisata Pulau Liwungan di Pigijo! Selain itu, kami juga akan rincikan apa saja yang akan kamu dapatkan dari paket ini.

Harga paket wisata Pulau Liwungan sudah termasuk:

  1. Transportasi perahu (PP)
  2. Tiket masuk pulai
  3. Makan siang 1 kali
  4. Air mineral selama trip
  5. Buah segar
  6. Aktivitas & alat snorkeling
  7. Life Jacket/pelampung
  8. Parkir kendaraan
  9. P3K standar
  10. Umpan ikan/cemilan
  11. Dokumentasi

Harga paket wisata Pulau Liwungan tidak termasuk:

  1. Penginapan
  2. Biaya terduga
  3. Kebutuhan pribadi

Baca juga: Paket Murah Labuan Bajo, 3 Hari Penjelajahan Nggak Sampai Rp 3 juta!

Well, selain wisata Pulau Liwungan, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

Penulis: Nadia Salsabila Azzahwa

The post Wisata Pulau Liwungan, Hidden Gem yang Bikin Penasaran appeared first on Pigiblog.