November 29, 2022

Morotai dikenal sebagai salah satu pulau paling menawan untuk ngetrip di Indonesia bagian timur. Terletak di Provinsi Maluku Utara, Pulau Morotai dikelilingi 33 pulau kecil di sekitarnya. Sebagian besar berpenghuni, hanya segelintir yang tak bertuan. Untuk membuktikan keindahannya, yuk pesan paket wisata Morotai di sini!

Baca juga: 5 Fakta Kepulauan Kei, Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

Beberapa tahun terakhir, popularitas Morotai sebagai tujuan wisata naik cukup signifikan. Tidak heran, pulau ini menyimpan segudang keindahan. Mulai dari pantai menawan, wisata sejarah peninggalan Perang Dunia II, surga bawah laut sampai air terjun tersedia di Morotai.

Sebelum ke paket wisata, kita kenalan yuk dengan pulau berjuluk Pulau Tiga Matahari ini. Morotai adalah nama sebuah pulau sekaligus kabupaten yang terletak di Kepulauan Maluku, Indonesia. Sebagai bagian dari provinsi Maluku Utara, Pulau Morotai merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia.

Baca juga: Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur

Sebagai pulau yang terlepas dari pulau besar Halmahera, Pulau Morotai tidak memiliki penduduk asli yang menetap secara turun temurun. Penduduk sekarang yang menetap dan beranak-pinak di Pulau Morotai berasal dari Suku Tobelo dan Suku Galela di Pulau Halmahera, tepatnya di Kabupaten Halmahera Utara.

Pulau Morotai, wisata morotai,
Pasir putih di Pulau Morotai.

Surga Tersembunyi di Timur Indonesia ini memiliki keindahan terumbu karang yang menawan, ditambah ragam biota laut yang memesona. Buat Kawanjo yang berjiwa petualang, tentunya Morotai menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan bawah lautnya.

Ada sekitar 28 titik penyelaman di Kabupaten Pulau Morotai. Beberapa menawarkan pengalaman menyelam dengan nuansa medan perang bersejarah. Ada bangkai pesawat Bristol Beaufort buatan Australia yang tenggelam saat Perang Dunia II di kedalaman sekitar 40 meter, rongsokan tank dan kapal selam karam yang penuh dengan terumbu karang di perairan Mira, hingga bangkai kapal selam milik Jepang di Pulu Zum Zum.

Memang tak cukup sehari untuk menikmati Pulau Morotai. Paket Wisata Morotai akan memberimu 3 hari 2 malam menjelajah Morotai dengan segala keindahannya. Berikut itinerary yang akan kamu jalani jika pesan paket wisatanya di Pigijo

Hari 1

Pulau Morotai, wisata morotai,
Visibilitas air laut yang tinggi bikin hati senang bukan kepalang


Kamu dan rombongan trip akan saling jumpa di Kota Morotai. Nantinya akan ada yang menjemput Kawanjo untuk menuju satu titik pertemuan. Sebelum berpetualang, kita makan siang dan memastikan penginapan untuk bermalam. Perjalanan dimulai menuju Pantai Nanuhu dan Pantai Gorango. Dua spot ini akan memberimu visual mengagumkan sebagaimana populernya kawasan Indonesia timur. Pantai Tanjung Gorango cenderung sepi bahkan jarang ada pengunjung. Ini bisa menjadi waktu alternatif untuk berkunjung bagi anda yang ingin menikmati keindahan tempat ini lebih eksklusif. Setelah puas main air, kita lanjutkan dengan makan malam dan kembali ke penginapan untuk istirahat

Hari 2

Pulau Morotai, wisata morotai, dugong, ikan duyung, sapi laut, dugong morotai
Berenang dengan dugong, kenapa tidak?


Hari kedua penjelajahan, kita akan island hopping di antaranya Pulau Pasir Timbul, Pulau Kokoya, Pulau Koloray dan Pulau Dodola. Morotai banyak menawarkan pantai berpasir putih yang memanjakan mata. Alam bawah lautnya juga sempurna. Terumbu karang yang beragam bisa nampak jelas dari permukaan lantaran punya air yang jernih. Kamu juga bisa menemui banyak biota laut yang mondar-mandir di perairan. Salah satu biota laut yang dapat kamu temui di Morotai, khususnya Pulau Kokoya adalah dugong. Konon, duyung atau sapi laut ini merupakan mamalia laut langka yang bisa ditemukan di Laut Sulawesi, Maluku, dan Sumatera. Keberadaan dugong juga bisa menjadi indikator bahwa laut bersih dan tidak terkontaminasi oleh limbah. Setelah seru-seruan island hopping, kita kembali ke penginapan untuk istirahat. FYI, di sekitaran penginapan ada banyak spot untuk menikmati sunset lho Kawanjo. Wah, jadi bonus menutup hari ya.

Hari 3
Sebelum menutup trip, kamu akan diajak city tour dengan mengunjungi Museum Perjuangan Trikora & Swadaya. Monumen ini dibangun untuk mengenang sejarah perjuangan tentara Indonesia dalam peristiwa pembebasan Irian Barat dalam operasi Trikora. Dari pulau yang indah ini, tentara Indonesia membangun basis kekuatan untuk membebaskan Irian Barat dari tangan penjajah. Museum ini berisi berbagai benda peninggalan bersejarah, mulai dari potongan-potongan dokumentasi hingga diorama yang memajang replika peralatan alutsista yang dimiliki tentara Indonesia pada saat itu. Setelah keliling kota, kamu akan diantarkan kembali ke bandara atau di titik perteemuan yang bisa disesuaikan.

Biar lebih lengkap, berikut kami rincikan apa saja yang kamu dapatkan jika pesan paket wisata Morotai senilai Rp 2.600.000,-/pax di Pigijo.

Harga paket wisata Morotai sudah termasuk

  1. Transport Darat;
  2. Transport Laut;
  3. Driver;
  4. BBM;
  5. Biaya Parkir;
  6. Penginapan Resort 2malam (2-3 share);
  7. Makan selama tour sesuai yang tertulis di paket;
  8. Air mineral;
  9. Tiket Masuk Wisata (domestic);
  10. Guide Lokal

Harga paket wisata Morotai belum termasuk

  1. Makan;
  2. Biaya masuk objek wisata (camp);
  3. Kayu Api Unggun;
  4. Dokumentasi/foto drone;
  5. Bahan BBQ
cover email

Well, masih banyak banget lho pilihan wisata seru yang menanti Kawanjo selain wisata Morotai. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

The post Wisata Morotai 2022, Satu Lagi Surga Tersembunyi di Timur Indonesia appeared first on Pigiblog.