November 29, 2022

Traveling dan wisata kuliner sudah menjadi satu ‘paket’ yang tidak bisa dipisahkan. Nah, buat kamu yang mau liburan ke Pulau Dewata, intip dulu yuk sembilan rekomendasi tempat makan legendaris Bali yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Warung Nasi Bali Men Weti (Halal)

Warung Nasi Bali Men Weti merupakan salah satu tempat makan legendaris Bali yang sudah buka sejak tahun 1970. Terletak di Jalan Segara Ayu, Sanur, tempat ini selalu diburu wisatawan lokal dan asing.

Pelanggan sangat menyukai nasi campur khas Weti karena rasa pedasnya yang khas. Kamu bisa makan di tempat atau dibungkus karena warung ini tidak terlalu luas.

Meskipun Men Weti sudah meninggal April 2017 lalu, warung ini tetap diteruskan oleh anaknya yang bernama I Nyoman Sukadana alias Men Rame.

Menu favorit di warung makan Bali ini adalah telur rebus, jukut urap, kulit ayam goreng, suwiran ayam, kacang goreng, dan sambal. Dijamin maknyus!

Alamat: Jalan Letda Reta No.52, Dangin Puri Klod, Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80233
Buka: 08.00–15.00
Harga: ±Rp40.000 untuk 2 orang (cash only)

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku (Halal)

Di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, kamu bisa menemukan nasi campur Bali yang sangat enak. Ada beberapa cabang yang bisa kamu datangi, misalnya di Desa Kedewatan Ubud, Gianyar, hingga Jalan Tukad Badung No. 11 Renon, Denpasar.

Tempat makan legendaris di Bali ini cocok banget dikunjungi berdua bersama pasangan, soalnya tempatnya nyaman banget. Jangan lupa mampir juga ke berbagai destinasi hits di Bali.

Tempat ini hanya menawarkan satu menu nasi ayam yang dibagi menjadi dua penyajian, yaitu dicampur dan dipisah. Isi nasi ayamnya adalah ayam suwir, sambal, ayam goreng kering, kacang goreng, urap sayur, telur pindang, sate lilit, serta kulit ayam goreng.

Alamat: Jalan Raya Kedawetan No. 18, Ubud, Bali
Buka: 08.00–18.00
Harga: ±Rp150.000 untuk 2 orang

3. Teba Cafe Jimbaran (Halal)

Mau makan enak sambil melihat pemandangan indah khas Bali? Kunjungi saja Teba Cafe Jimbaran. Masakan dari tempat makan legendaris ini terkenal karena bumbu seafood-nya yang sangat lezat.

Lokasinya yang berada di tepi pantai indah Bali juga menambah nilai plus dari restoran ini. Tak heran jika pengunjungnya selalu ramai.

Menunya kebanyakan disajikan dengan cara dipanggang, mulai dari tusuk sate cumi, udang, kerang, lobster, hingga ikan yang disajikan dengan cita rasa pedas dari sambal spesial. Menu-menu tersebut dilengkapi dengan nasi, sayuran, dan lalapan. Mantap deh pokoknya!

Alamat: Jalan Bukit Permai, Muaya Beach, Jimbaran Bay, Jimbaran, South Kuta, Jimbaran, Bali 80361
Buka: 08.00–23.00
Harga: ±Rp300.000 untuk 2 orang

4. Warung Mak Beng (Halal)

Warung Mak Beng merupakan salah satu wisata kuliner terfavorit dan legendaris di Bali. Warung makan yang sudah berdiri sejak tahun 1940-an ini selalu ramai pengunjung dan jadi langganan banyak artis ternama.

Jika di warung makan biasanya menjual banyak menu, namun di Warung Mak Beng cuma ada satu menu yang dijual, yaitu ikan goreng + sayur sup kepala ikan + sambal + nasi.

Meski terkesan sederhana, namun sup ikan di warung Mak Beng ini sangat enak dan selalu jadi pilihan warga lokal Bali maupun wisatawan.

Tenang, warung makan ini termasuk dalam tempat wisata kuliner halal dan menawarkan cita rasa makanan khas Bali yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Alamat: Jalan Hang Tuah No. 45, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80227
Buka: 08.00–21.00
Harga: ±Rp200.000 untuk 2 orang

5. Warung Wardani (Halal)

Nasi campur merupakan salah satu makanan khas Bali yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Pulau Dewata. Nasi campur diWarung Wardani halal dan enak sehingga jadi favorit masyarakat lokal dan turis asing. Artis ibu kota juga banyak yang makan di sini.

Warung makan ini terlihat sederhana tanpa AC dan semua lauknya diletakkan dalam lemari kaca. Menu yang tersedia bermacam-macam, seperti dendeng sapi, sate sapi, sate lilit, udang goreng tepung, ayam suwir, telur bumbu bali, tumis kacang panjang, sambal matah, serta sambal merah. Kamu bebas memilih kombinasi menu untuk nasi campur yang dipesan.

Alamat: Jalan Yudistira No. 2, Dangin Puri Kauh, Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80232
Buka: 08.00–16.00 WITA
Harga: ±Rp150.000 untuk 2 orang

5. Ayam Betutu Men Tempeh, Gilimanuk

Liburan ke Bali tak akan lengkap jika tidak mencoba salah satu ikon wisata kuliner Bali ini. Apalagi kalau bukan ayam betutu milik Ayam Betutu Men Tempeh.

Selain ayam, bumbu betutu juga sering digunakan untuk mengolah bebek, lho. Rasanya yang pedas dipadu dengan bumbu rempah khas Bali pasti bikin kamu mabuk kepayang. Rasa Ayam Betutu Men Tempeh main nikmat karena dilengkapi dengan sambal matah dan sayur plecing.

Sebagai informasi, Men Tempeh adalah salah satu tokoh yang menjadi srikandi kuliner Pulau Dewata yang namanya sejajar dengan perintis kuliner lain, seperti Bu Agung Oka (babi guling Ubud) dan Made Mash (Made’s Warung).

Usaha kuliner ayam betutu di daerah Gilimanuk ini sudah ada sejak tahun 1976. Legendaris banget!

Alamat: Terminal Lama, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252
Buka: 07.00–21.30
Harga: ±Rp180.000 untuk 2 orang

7. Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua (Non Halal)

Wisata kuliner Bali juga dikenal dengan babi gulingnya. Salah satu babi guling yang terkenal dan legendaris di Bali adalah Warung Babi Guling Pak Dobiel Nusa Dua.

Satu porsi babi guling Pak Dobiel terdiri dari nasi putih, babi guling yang sudah dipotong kecil-kecil, lawar, kerupuk, dan sop babi.

Babi guling di warung ini menggunakan bumbu lengkap (base genep) dan dipanggang di atas api sedang selama 2 jam hingga kuning kecokelatan. Rasanya enggak perlu ditanya, ena banget!

Warung ini selalu ramai oleh masyarakat lokal karena rasa babi guling Pak Dobiel masih seperti masakan asli Bali. Tak heran jika tempat makan legendaris Bali ini selalu ramai pembeli.

Alamat: Jalan Srikandi No. 9, Nusa Dua, Benoa, Badung, Kabupaten Badung, Bali
Buka: 10.00–16.00
Harga: ±Rp120.000 untuk 2 orang

8. Sate Plecing Arjuna (Non Halal)

Sate plecing merupakan makanan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan. Sate plecing merupakan sate babi bumbu manis yang diberi sambal plecing sehingga menghasilkan cita rasa yang membuat ketagihan.

Tempat makan sate plecing paling populer dan legendaris di Bali adalah Sate Plecing Arjuna. Tempat ini menyajikan menu sate plecing (babi dan sapi), sate sumsum, soto sapi, dan bakso sapi.

Meski tidak begitu luas dan tidak ada lahan parkirnya, tempat yang didirikan sejak 1990 ini tak pernah sepi. Wajib mampir pokoknya!

Alamat: Jalan Arjuna No. 47, Denpasar Utara, Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara, Kota Denpasar
Buka: 09.00–16.30
Harga: ±Rp70.000 untuk 2 orang

9. Sate Babi Bawah Pohon (Non Halal)

Banyak traveler mengatakan belum liburan ke Bali namanya jika belum mencicipi Sate Babi Bawah Pohon yang terkenal ini. Dulunya, warung makan legendaris Bali ini hanya berupa tenda sederhana yang berlokasi di Parkiran Gelora Tri Sakti Legian, Kuta.

Namun, kini lokasi Sate Babi Bawah Pohon Bali sudah pindah ke Jalan Campuhan I. Pengunjung yang datang sampai rela mengantre untuk mencicipi sate babi dan menu lainnya yang terkenal lezat.

Hal yang spesial dari Sate Babi Bawah Pohon adalah dagingnya yang empuk. Rasanya gurih dan bumbunya begitu terasa hingga ke dalam daging. Satu porsi sate babi terdiri dari 10 tusuk sate yang bisa digabung dengan nasi atau lontong, tergantung selera.

Alamat: Jalan Campuhan I – Dewi Sri No.I, Legian, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Buka: 08.00–21.00
Harga: ±Rp160.000 untuk 2 orang

Tertarik mencoba kuliner legendaris khas Bali di atas? Yuk, liburan ke Bali bareng AntaVaya. Dijamin nyaman dan enggak perlu repot. AntaVaya, the SMART way to travel!

Paket Tour ke Bali

The post Wisata Kuliner: 9 Tempat Makan Legendaris Bali yang Wajib Dikunjungi appeared first on Blog Antavaya.