November 29, 2022

Sebuah kisah tentang wisata Guci Tegal Jawa Tengah, ada sebuah desa bernama Guci di kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal provinsi Jawa Tengah. Desa Guci menjadi perbincangan karena memiliki beberapa destinasi liburan kebanggan rakyat Tegal. Terletak di kawasan gunung Slamet, desa ini menyajikan suasana sejuk ala pegunungan dengan beragam pilihan yang mengasyikkan. Wisata Guci Tegal Jawa Tengah pun banyak dikunjungi.

desa Guci kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal
Desa Guci kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal

Wisata Guci Tegal Jawa Tengah ini, terkenal dengan adanya mata air yang jernih dan asri. Terletak di bagian utara gunung, mata air ini bersuhu tinggi alias panas dan mengalir secara alami dari perut bumi. Uniknya, tidak ada bau belerang yang menyertai. Hal inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong ke tempat wisata Guci Tegal. Karena tidak ada yang tidak ingin merasa senang, plus segar dan sehat!

Baca Juga : Meriahnya Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 dan Acara Seni Budaya Jepara lainnya

Pesona Wisata Guci Tegal Jawa Tengah

Pesona Wisata Guci Tegal Jawa Tengah
Pesona Wisata Guci Tegal Jawa Tengah

Keindahan alam desa Guci Tegal terbentang sepanjang perjalanan. Kawanjo akan dimanjakan dengan hamparan kebun buah stroberi, tomat, wortel, cabai, dan hutan pinus. Jangan berpuas hati sampai di sini. Sebab ada objek wisata yang harus dieksplorasi. Yang memberi sensasi wisata yang menakjubkan.

Berikut ini adalah rekomendasinya:

  1. Pemandian air panas Guci di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Pemandian air panas Guci di Kabupaten Tegal
Pemandian air panas Guci di Kabupaten Tegal

Wisata Guci Tegal yang pertama adalah pemandian air panas. Terdapat beberapa pemandian umum, yaitu pancuran 13, pancuran 7, dan pancuran 5. 

Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran ini, dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan bermacam macam penyakit. Seperti rematik dan penyakit kulit. Tidak hanya menikmati berendam di kolam pemandian, Kawanjo juga bisa berendam di sungai yang mengalir. 

Ketika pertama kali menyentuh air itu, kamu akan langsung merasakan panas. Tapi lambat laun, kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah jadi terasa hangat. Badan dan pikiran juga menjadi semakin rileks dan nyaman. 

Apalagi ditunjang dengan pemandangan yang menyedapkan mata. Serta air yang sangat jernih, tidak berwarna, dan tidak berbau belerang.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

  1. The Baron Hill Of Guci
The Baron Hill Of Guci
The Baron Hill Of Guci

Jika Kawanjo gemar berburu spot foto instagramable, langsung saja menuju ke The Baron Hill of Guci. Ada beragam spot foto keren sebagai latar fotomu. Mulai dari balon udara, rumah pohon, sky swing (ayunan udara / ayunan langit), spot bunga, sampai love spot.

Apabila sedang merasa kurang pede dengan jepretan sendiri, Kawanjo bisa memakai jasa fotografer sekaligus cetak fotonya. Hanya dengan membayar mulai dari Rp 10.000, Kawanjo bisa membawa hasil foto yang spektakuler dengan frame pilihan. 

The Baron Hill of Guci terletak Jl. Raya Karangsari – Guci, RT.1/RW.1, Kalengan, Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

  1. Curug Jedor
Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Curug Jedor
Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Curug Jedor

Wisata Guci Tegal selanjutnya adalah Curug Jedor. Letaknya persis di atas pemandian pancuran 13. Dengan ini, bisa dipastikan air di curug Jedor pasti bersih dan segar. Selama di curug ini, Kawanjo bisa melihat warga yang melakukan penambangan pasir dengan cara tradisional. 

Baca Juga : 7 Ide Foto di Taman Wisata Pantai Pasir Kencana Pekalongan Kota Batik

Lokasi Curug ini  mudah diakses. Akan lebih menarik jika melewati jalur Wana Wisata Guci, karena pemandangannya lebih memuaskan. Juga udaranya terasa benar – benar sejuk.

  1. Curug Kembar
camping Wisata Guci Tegal Jawa Tengah
camping Wisata Guci Tegal Jawa Tengah

Curug kembar ini terletak dekat dengan sarana outbond atau camping. Untuk mencapai lokasi, Kawanjo perlu berjalan di jalanan menurun yang agak curam. Oleh karena itu, Kawanjo wajib hati-hati karena jalannya cukup licin. 

Dua curug berdekatan ini lokasinya yang lumayan tersembunyi. Sehingga membuat tempat ini cocok bila Kawanjo butuh suasana tenang. Yang terdengar hanyalah nada derasnya air terjun dan hembusan angin.

Baca Juga : Trekking Curug Seribu & Curug Ciparay

Curug Kembar berlokasi di dekat Guciku Hot Waterboom. Tepatnya di sebelah Villa Syariah desa Guci kecamatan Bumijawa kabupaten Tegal.

rekomendasi Wisata Tegal Jawa Tengah
rekomendasi Wisata Tegal Jawa Tengah

Kota Tegal ternyata memiliki desa Guci yang potensial untuk destinasi wisata yang menarik hati. Pemandangan alam yang indah dengan bonus air panas penuh manfaat bisa jadi alasan untuk mengunjungi wisata Guci Tegal. Sudah senang, segar, sehat pula. Mau, kan?

The post Wisata Guci Tegal Jawa Tengah Bikin Senang, Segar dan Sehat appeared first on Pigiblog.