November 29, 2022

Umrah Itu Sebenarnya Berapa Hari ? – Tak hanya masalah berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menunaikan ibadah umrah, hal lain yang cukup sering ditanyakan adalah durasi pasti yang diperlukan untuk menunaikan ibadah umrah. Akan tetapi, sejauh ini tidak ada batasan pasti mengenai berapa lama durasi waktu yang diperlukan untuk sekali melakukan ibadah umrah.

temanpetualang.com | Umrah Itu Sebenarnya Berapa Hari

Umrah Itu Berapa Hari Seharusnya? Ada banyak pertanyaan yang mungkin ada dalam benak setiap orang yang akan melakukan ibadah umroh dan salah satu pertanyaan umum yang seringkali muncul tentang ibadah umroh adalah “umrah itu berapa hari?”

Beberapa Hal Untuk Menjawab Umrah Itu Berapa Hari

Ya, seperti yang telah dijelaskan diatas, umroh itu berapa hari menjadi salah satu hal yang cukup sering ditanyakan oleh para calon jamaah umrah. Hal ini cukup beralasan karena berbeda dengan ibadah haji yang cenderung pasti waktu durasinya, masa pelaksanaan ibadah umrah cenderung bervariasi antara salah satu agen penyelenggara ibadah umrah dengan yang lainnya. Hal ini penting untuk diketahui terutama bagi para jamaah umrah yang bekerja sehingga akan lebih pasti untuk mengambil masa cutinya. Namun sayang, agak sulit untuk menentukan berapa jumlah hari pasti yang diperlukan untuk menunaikan ibadah umrah. Hal ini memang secara resmi tak ada durasi umrah pasti yang bisa ketahui.

Sebetulnya prosesi umrah sendiri hanya memakan waktu beberapa jam saja. Oleh karena itu perlu dibedakan antara waktu prosesi umrah, dan waktu paket umroh yang disediakan oleh biro umrah.

Waktu Prosesi Umrah

Ada beberapa travel umroh yang memberikan 2x prosesi umroh yang terjadwal dan terbimbing salah satunya adalah travel umroh Rabbanitour. Jika ingin sampai 3 kali itu bisa saja, tapi diluar jadwal. Secara sederhana prosesi umroh yang biasa dilakukan di RabbaniTour berkisar antara 6 jam sampai 12 jam. Tergantung dari mana miqot dimulai. Untuk prosesi umroh pertama biasanya berangkat dari Madinah, untuk soal waktu apakah siang hari atau sore atau malam hari disesuaikan dengan itinerary. Perjalanan dari Madinah menuju miqot Bir Ali, kemudian sampai di Mekkah. Lama perjalanan biasa memakan waktu 6 Jam. Setelah itu proses umroh dimulai dan berakhir sekitar 2 Jam kurang lebih prosesi umrohnya.

Untuk prosesi umroh kedua cukup singkat, berangkat dari hotel Mekkah jam 09.00 untuk berangkat menuju miqot (biasanya digabung dengan city tour), kemudian kembali lagi ke Masjidil haram untuk memulai prosesi umroh sampai Ashar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat umroh

  1. Disunnah untuk mandi besar atau Jannah sebelum ihram.
  2. Ketika menggunakan baju ihram dilarang menggunakan wangi-wangian atau parfume.
  3. Ketika dalam perjalanan menuju ke kota Mekkah, maka diharuskan membaca kalimat talbiyah berulang kali dan sebanyak-banyaknya.
  4. Ketika sampai di kota Mekkah atau Masjidil haram, maka langsung melaksanakan tawaf mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran.
  5. Melaksanakan sholat dua rakaat di depan makam nabi Ibrahim AS.
  6. Meminum air zam-zam
  7. Melakukan sa’i antara safa dan Marwah.
  8. Mencukur rambut

Semoga artikel ini menjadi pencerahan untuk teman petualang, sehingga bisa membedakan mana prosesi umroh dan mana program perjalanan umroh yang tentunya ditawarkan oleh masing-masing travel yang akan Sahabat pakai.

Situs ini bekerja sama dengan penyedia travel umroh : RabbaniTour