November 29, 2022

Pernah gak kamu ngalamin motornya kejebak lumpur atau pasir? Kalau aku pernah mengalami keduanya. Berdasarkan pengalaman pribadi, jadi aku bagiin deh tips mengatasi motor terjebak lumpur atau pasir.

Setiap aku pulang ke rumah di kampung halaman, udah biasa banget naik motor sendirian. Ya lumayanlah dari Jakara ke rumah itu memakan waktu sekitar 2 – 4 jam. Tergantung situasi dan kondisi juga. Kadang 2 jam nyampe, kadang 4 jam baru nyampe. Tapi aku nikmatin banget tiap perjalanannya.

Bayangin aku pernah pulang ke rumah itu tengah malem, karena dari Jakarta berangkat sekitar jam 9 malem. Cuaca Jakarta sih aman, gak berasa mau hujan. Tapi begitu di pertengahan jalan, hujan turun dengan derasnya. Tenang, aku selalu siap bawa jas hujan yang di simpen di jok motor. Aku kira hujannya cuma sebentar, ternyata hujannya deres sampe rumah.

Sebenernya ada dua jalur menuju ke rumah, jalur jalan raya dan nyebrang sungai pake perahu. Aku lebih suka pilih jalur yang nyeberang pake perahu, karena lebih deket, cepat, dan hemat. Kalau jalan raya lebih enak sebenernya, tapi agak jauh dan harus lewatin daerah yang rawan begal (tapi itu dulu sih masih terkenal rawan, kalau sekarang kurang tahu sepertinya udah aman).

Motor Terjebak Di Lumpur

Berhubung aku pilih lewat jalur nyeberang pake perahu, jadi harus lewatin hutan. Bayangin aja, tengah malem lewat hutan yang gak ada rumah penduduk dan lampu penerangan sama sekali, ditambah hujan deras, serem gak tuh?

Dan baru tahu juga di sini ada pembangunan bendungan dan jembatan. Jadi banyak kendaraan besar buat angkut tanah dan peralatan. Bikin tanah juga penuh lumpur. Biasanya walaupun jalanannya cuma tanah, kalau pas hujan cuma sekedar becek biasa aja. Nah, ini jadi berlumpur gitu.

Udah hujan, gelap-gelapan, eh motor kejebak di lumpur. Di gas full gak bisa gerak sama sekali, motorpun sampe panas dan berasap. Karena takut rusak, jadi aku matiin dulu dan didiemin sekitar setengah jam biar mesinnya dingin. Sumpah aku celingak-celinguk lihat sekitar, gak ada orang sama sekali.

Setelah mesin dingin, aku coba lagi nyalain lagi motornya dan di gas full biar keluar dari lumpur. Tapi masih gak bisa. Rasanya campur aduk banget deh, kesel gak bisa gerak-gerak juga ini motor. Pertama kalinya motor kejebak di lumpur dan gak tahu gimana caranya buat atasi masalah ini?

Selang beberapa menit, tiba-tiba ada cahaya mendekat, dan itu ada orang mau nyebrang juga. Yes ada harapan, bisa minta tolong. Tapi nyatanya pas orang itu mendekat, motornya hampir kejebak lumpur juga tapi dia berhasil lewatin. Cuma dia langsung jalan dan gak peduli gitu.

Sumpah posisiku gak enak banget, tengah malem malah begini. Berasa nyesel gitu lewat sini. Tapi kayanya orang yang lewat tadi itu manggil orang lain buat bantun aku. Karena tiba-tiba ada beberapa orang datang dan langsung pegang motorku. “Pak, udah biarin kita aja yang bantu, bapak minggir aja”, kata salah satu orang yang bantuin. Yau dah, aku langsung minggir aja.

Salah satu orang itu nyeletuk “eh panas banget ini motornya, udah matiin”. Ya gimana gak panas, orang tadi aku gas full tapi gak mau gerak-gerak motornya. Ya udah aku jalan aja menuju perahu, sekalian istirahat. Dan gak lama kemudian, motorku nampak terlihat wujudnya. Alhamdulillah bisa keluar dari lumpur juga. Walaupun penuh lumpur, tapi yang penting udah bebas dari jebakan lumpur itu.

Bukan hanya ditolong, tapi orang-orang itu juga bilang “mas, nanti langsung disiram aja motornya biar gak karatan”. Nah pas perahunya udah nyebrang, motornya langsung disiram sama orang itu, lumayan ngurangin lumpurnya. Terus aku kasih upah uang gitu, gak ada satupun yang mau terima uangnya, semuanya nolak. Aku simpen di perahu pun malah dikembaliin. Jujur, beruntung banget ternyata orang sini tuh baik-baik banget.

Motor Kejebak Di Pasir

Bisa dibilang, bukan Budi Namanya kalau gak ngalamin hal-hal yang baru dan seru deh. Bukan cuma motornya kejebak di lumpur, tapi motor kejebak di pasir pun pernah juga. Hahaha hidup kok gini amat ya? Tapi inilah ceirita perjalanan yang mewarnai kehidupan.

Waktu explore Lombok, pertama kali ngalamin motor kejebak di pasir. Tepatnya di pantai Bukit Tunak. Untung kejebaknya ada temennya, gak sendirian banget. Kalau sendirian, entah gimana jadinya karena gak ada penghuninya di sana.

Pas motor kejebak di pasir, kita berdua bingung gimana caranya biar bisa keluar dari pasir? Udah pake kayu, bambu, dan benda-benda yang ada di sekitar sana buat ganjalan ban motor, tapi tetep gak bisa. Di gas full pun masih gak bisa, yang ada malah makin dalem motornya ke jebak pasir. Pasir-pasirnya pada mental kalau di gas terus.

Berhubung udah jauh-jauh ke sini dan daripada mikirin motor terus, akhirnya kita mutusin buat nikmatin pantainya dulu. Kalau fokus ke motor, kita jadi meninggalkan apa yang jadi tujuan kita ke sini. Nah cerita selengkapnya, silahkan baca Pantai Pasir Pink Bukit Tunak Ini Surganya Lombok.

Tips Mengatasi Motor Terjebak Lumpur atau Pasir

Sebelum kamu mengalami apa yang pernah aku alami, ada baiknya cari tahu dulu segala macam kemungkinan Ketika kamu mau berpergian. Dan selamat kamu menemukan cara tips mengatasi motor terjebak lumpur atau pasir.

Waktu motorku kejebak di lumpur dan pasir, bingung banget mau di apain ini motor? Pake segala macam benda yang ada di sekitar pun gak berhasil. Eits, sekarang karena udah tahu trik nya, jadi gak perlu bingung lagi. Begini caranya:

1. Matikan mesin motor

Ketika motor kamu kejebak di pasir atau lumpur, hal yang pertama dilakukan adalah matikan mesin motornya. Jangan dinyalain terus, apalagi di gas full kaya aku waktu itu. Kasihan motornya jadi panas, bahkan sampe berasap. Ya maklum karena belum punya pengalaman. Pokoknya matiin aja mesinnya.

2. Dorong motornya

Cara kedua adalah dorong motornya sampai keluar dari zona pasir atau lumpur. Ini cukup sulit apalagi sendirian. Tapi cara didorong itu salah datu kunci keberhasilan motor kamu bisa segera keluar dari jebakan. Gak ada cara lain lagi. Cuma butuh tenaga lebih aja.

3. Cari ganjalan buat ban

Kalau didorong masih belum bisa keluar juga, carilah benda-benda yang bisa dipake sebagai ganjalan ban. Benda tersebut dipake buat ngebantu ban bisa bergerak pas didorong. Karena cuma didorong cara terbaik selain diderek.

Ya, itu sedikit cerita pengalamn pribadi dan tips dan trik cara mengatasi motor terjebak lumpur dan pasir. Semoga bermanfaat ya dan kalau suatu saat nanti kamu mengalami kejadian seperti itu, gak usah panik dan bingung lagi karena udah tahu caranya. Selamat traveling teman-teman. Oh iya, ada rencana traveling ke mana nih?

The post Tips Mengatasi Motor Terjebak Lumpur & Pasir first appeared on Yukkuy.