December 5, 2022

Taman Wisata Cibodas Cianjur sendiri merupakan tujuan liburan yang populer bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Salah satu jenis destinasi wisata adalah taman yang digunakan untuk konservasi flora-fauna. Jadi, Kawanjo bisa memilih satu atau lebih dari taman wisata Cibodas Cianjur yang ada. Sembari wisata, kamu sekalian belajar tentang merawat dan menjaga lingkungan.

Cibodas punya udara yang sejuk, pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang menyenangkan. Lengkap sekali untuk bisa didapat saat berwisata di sini. Maka, inilah rekomendasi taman wisata di Cibodas, yang bisa menambah keseruan perjalanan Anda.

5 Rekomendasi Taman Wisata Cibodas Cianjur

Ada beberapa taman yang bisa dikunjungi Kawanjo dan wisatawan lainnya. Diantaranya adalah:

  1. Kebun Raya Cibodas
Taman wisata Cibodas Cianjur
Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi bila sedang berada di wilayah Cianjur. Taman dengan luas kurang lebih 80 hektar ini sungguh mempesona. Apalagi letaknya yang berada di kaki gunung Gede Pangrango, memberikan suasana yang sejuk dan segar.

Daya tarik taman wisata Cibodas Cianjur ini tidak hanya berasal dari luasnya. Melainkan juga dari ribuan pohon yang dikandungnya. Mulai dari pohon yang termasuk baru hingga yang antik atau sejak zaman dahulu. Ada ribuan jenis tanaman yang tumbuh terawat di sini.

Baca juga: Kebun Raya di Indonesia

Lebatnya flora berpadu dengan banyaknya danau dan air terjun, membuat keadaan lingkungan menjadi asri. Selain bersantai, Kawanjo juga bisa mendapatkan banyak informasi tentang keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup di sini. 

Tak cukup sampai di situ. Kebun Raya Cibodas juga sering digunakan sebagai tempat pertemuan atau acara kumpul – kumpul seru. Pasti asyik melakukan banyak hal di tengah suasana yang jauh dari kebisingan dan berhawa sejuk segar.

  1. Taman Sakura
Taman Wisata Cibodas Cianjur
Taman Sakura

Menjadi bagian dari kebun raya Cibodas, ada taman Sakura. Sesuai dengan namanya, ada taman bunga sakura yang indah di sana.

Sebelum mengunjungi Jepang atau negara lain, Kawanjo bisa terlebih dahulu kesini. Tak perlu jauh – jauh untuk membuktikan  mungkin bahwa bunga sakura bisa tumbuh subur di tanah Indonesia.

Ya, biasanya bunga sakura tumbuh subur di negara dengan empat musim seperti Jepang. Namun salah satu alasan mengapa pohon berbunga cantik ini bisa bertahan di Indonesia adalah karena taman wisata Cibodas berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl. Sehingga dapat mekar dengan indah. Waktu yang pas untuk menikmati bunga sakura mekar adalah di bulan Januari Februari dan Agustus September.

Selain melihat pohon sakura, di sini Kawanjo juga bisa bermain di air terjun berbatu. Dan pastinya berpiknik bersama keluarga. 

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Taman Wisata Cibodas Cianjur
Gunung Gede Pangrango

Taman nasional gunung Gede Pangrango adalah taman wisata di Cianjur yang bisa diakses melalui jalur Cibodas. Hutan hujan tropis yang membentuk taman nasional ini adalah sebuah kawasan konservasi bermacam flora dan fauna.

Baca juga: Kedai Kopi di Kaki Gunung Pangrango

Sehingga Kawanjo juga bisa mendapatkan banyak informasi tentang pelestarian alam di sini. Tak hanya itu, ketika mengunjungi objek wisata alam ini, Kawanjo juga akan disuguhi panorama yang memanjakan mata dengan suasananya yang unik.

Kawanjo dapat menemukan berbagai macam tumbuhan dan fauna yang unik. Bahkan bunga edelweiss yang menakjubkan dan langka, sampai kini masih ada di taman wisata gunung Gede Pangrango. Ada juga pohon besar yang disebut Rasamala.

  1. Canopy Trail Ciwalen
Taman Wisata Cibodas Cianjur
Jembatan Gantung Canopy Trail Ciwalen

Taman wisata Cibodas Cianjur selanjutnya adalah Canopy Trail Ciwalen. Wisata yang masuk ke kawasan Taman wisata gunung Gede Pangrango ini menyajikan sebuah jembatan gantung. Jembatannya memiliki panjang 130 meter dengan ketinggian kurang lebih 45 meter. Ada dua pohon besar yang berdiri di ujung jembatan adalah penopangnya.

Jika Kawanjo tertarik untuk berkunjung dan mencoba melintasi jembatan gantung ini, Kawanjo bisa mengakses dari air terjun Cibeureum. Hanya saja, untuk melakukan tur ini perlu menggunakan pemandu. 

Sebelum tenar menjadi wahana rekreasi  seperti sekarang, jembatan ini sebelumnya digunakan untuk mendukung kegiatan yang berhubungan dengan pengamatan alam. Kini, menikmati lukisan alam pepohonan yang rimbun dan hawa sejuk segar bisa didapatkan. Suara kicauan burung liar yang bersahutan menjadi background alam yang menakjubkan.

  1. Taman Rhododendron
Taman Wisata Cibodas Cianjur
Bunga Rhododendron

Bila belum puas menjelajah kekayaan alam Cibodas Cianjur, destinasi selanjutnya adalah ke taman Rhododendron. Ketika mengunjungi taman ini, Kawanjo dapat menemukan koleksi bunga  dari negara lain khususnya jenis rhododendron atau Azalea.

Awalnya tempat ini hanya untuk menampung koleksi bunga rhododendron atau Azalea milik taman nasional gunung Gede Pangrango. Namun ternyata semakin hari koleksinya semakin banyak, jadi dibutuhkan lah wilayah khusus untuk sekalian menjadi tempat yang bisa dikunjungi. Ada tiga jenis rhododendron utama di taman ini. Yaitu jenis dari Jawa, Papua, dan Jepang.

Baca juga: Pantai Karang Potong Cianjur Selatan

Selain melihat bunga, Kawanjo bisa menjajal beberapa wahana seru. Seperti sungai Cibogo, yang mata airnya berasal dari Gunung Gede. Airnya begitu murni dan jernih. Tempat yang bagus untuk basah-basahan bersama keluarga.

Mengunjungi taman wisata Cibodas Cianjur selalu membawa pengalaman tersendiri. Selain pemandangan alaminya yang indah juga karena sajian edukasi di dalamnya. Tak lupa adalah semangat menjaga kelestarian lingkungan akan terasa bila berada di dalam sebuah tempat konservasi flora atau fauna. So, happy trip and save the world!

The post Taman Wisata Cibodas Cianjur, Healing Sekaligus Jaga Kelestarian appeared first on Pigiblog.