December 5, 2022

Siapa yang setuju kalau berwisata sebenarnya tidak mesti dilakukan di kota – kota besar saja? Udara yang menyegarkan, sampai aktivitas seru bisa mempengaruhi kepuasan berwisata. Khusus buat kamu, berikut rekomendasi 5 wisata air alami di Klaten Jawa Tengah!

Seperti yang kita ketahui, Klaten merupakan salah satu kota kecil di Jawa Tengah, namun nyatanya punya banyak tujuan wisata menarik. Tengok yuk ada apa saja. Bisa dibilang, Klaten ini sering dilewati saja oleh wisatawan yang berpindah dari Yogyakarta ke Solo. Padahal, ada banyak objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah. Selain jenis wisata lain yang juga menarik.

Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah
Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Memang banyak yang tahu bila Klaten memiliki beragam candi di dalam daerahnya. Namun wisata air juga tak kalah jumlahnya. Apalagi objek wisata air atau disebut umbul dan wedung ini memiliki daya tarik tersendiri. Berpadu dengan alam yang indah, masing – masing objek wisata air Klaten ini berhasil membuat wisatawan mendulang kesegaran alami!

Baca Juga : Menikmati Makanan Khas Jawa Tengah yang Lezatnya Pasti

Tempat Wisata Air Alami di Klaten, Jawa Tengah

Sedang gerah, haus, penat? Cocok banget untuk mengunjungi wisata penuh kesegaran dan kesenangan ini! Apalagi airnya masih jernih dan suasana alam di sekitarnya sangatlah indah. Dimana lagi kalau bukan di Klaten, Negeri Seriboe Oemboel ini!

Berikut adalah beberapa objek wisata air alami di Klaten yang bisa dikunjungi:

  1. Umbul Ponggok
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ponggok
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ponggok

Umbul Ponggok adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Klaten. Tempat wisata ini sempat nge-hits di sosial media, dan diserbu kaum muda kekinian. Bagaimana tidak, di sini pengunjung bisa menikmati sensasi snorkeling dan diving tanpa harus ke laut luas.

Pemandangan dasar umbul tak kalah elok. Banyak bebatuan dan ikan – ikan cantik yang berenang lincah di kedalaman  1,5 meter sampai dengan 2,6 meter. Ditunjang dengan air jernih yang segar, berenang di sini sangat mengasyikkan. Lebih seru lagi, pengelola menyediakan fotografer yang bisa memotret dari dalam air sekalipun.

Jangan khawatir bila tak siap dengan alat menyelam. Karena di sini terdapat persewaan piranti yang memudahkan untuk menikmati keindahan bawah laut. 

Yuk segera saja datang ke Jl. Delanggu- Polanharjo No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga : Paket wisata budaya dan sejarah di kota Solo

  1. Umbul Ingas
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ingas
Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Umbul Ingas

Dinamakan demikian karena terdapat pohon Ingas yang besar di lokasi umbul. Selain itu, objek wisata air di Klaten yang kekinian ini juga tenar disebut umbul Cokro Tulung dan umbul Cokro Klaten.

Di sini pengunjung tak hanya bisa berenang atau berendam di air. Namun juga bisa menjajal berbagai wahana seperti  snorkeling, river tubing, water slide, rafting, ATV, waterboom Cokro Tulung, dan masih banyak lagi.

Asyik, bukan? Segera ajalah datang ke desa Cokro, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten.

Baca Juga : Fenomena Embun Upas Dieng di Awal Januari 2022

  1. Umbul Sigedang – Kapilaler 
Wisata Air di Klaten Jawa Tengah Umbul Sigedang - Kapilaler
Wisata Air di Klaten Jawa Tengah Umbul Sigedang – Kapilaler

Umbul Sigedang – Kapilaler adalah dua mata air yang berdekatan. Tempat ini semakin terkenal sejak didatangi artis Nadine Chandrawinata yang mengunggah foto dirinya sedang berada di sini. Nampak air jernih dan wajah Nadine sumringah, menandakan bahwa wisata air alami di Klaten yang viral ini wajib dikunjungi.

Dua umbul ini dinamai juga dengan istilah umbul seribu galon. Karena lokasinya berdampingan dengan sumber mata air mineral kemasan ternama di Indonesia. Sehingga dapat dipastikan pula bahwa kualitas air di umbul Sigedang – Kapilaler sungguh baik dan kaya mineral.

Baca Juga : Pilihan paket wisata ke Yogyakarta

Di umbul Sigedang – Kapilaler, ritual padusan dilaksanakan masyarakat saat mendekati bulan ramadhan. Selebihnya, pengunjung dapat bermain air dan menikmati dasar kolam dengan bebatuan yang indah. Selain itu outbond secara berkelompok juga sering dilaksanakan di sini. 

Meskipun berdekatan, kedua umbul ini terpisah secara administratif.  Umbul Sigedang berlokasi di desa Ponggok, Kec Polanharjo. Sedangkan umbul Kapilaler  masuk desa Karanglo, kecamatan Polanharjo. Keduanya tentulah berada di Klaten, kota seribu umbul.

  1. Umbul Manten
Wisata Air Alami di Klaten Umbul Manten
Wisata Air Alami di Klaten Umbul Manten

Meskipun diselimuti dengan legenda masyarakat lokal, umbul Manten tetap ramai dikunjungi. Airnya yang jernih menampilkan keindahan dasar kolam. Banyak bebatuan dan akar pohon yang menancap kuat.

Selain itu, karena hanya memiliki panjang 70 meter dan lebar 40 meter serta kedalaman 1,5 meter, kolam ini aman untuk anak – anak. Apalagi ditunjang dengan pepohonan di sekitar kolam yang rimbun, suasana sejuk terasa saat berendam.

Untuk legenda yang beredar, mitosnya kolam ini merupakan wadah air mata sepasang pengantin yang terpisah. Mereka tak bisa lagi bersama saat berjalan di suatu tempat, karena mendapatkan hukuman dari janji yang mereka buat sendiri. Benar tidaknya, silakan dibuktikan dengan langsung menuju lokasi  di jl. Janti Boto, Boto, Wunut, kecamatan Tulung, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

Baca Juga : Festival Payung Indonesia 2022, Menjaga Kelestarian Kreasi Payung Tradisi Nusantara

  1. Lepen Kencono
Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Lepen Kencono
Objek Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah Lepen Kencono

Bila umbul Sigedang makin terkenal karena Nadine Chandrawinata, lepen Kencono ini makin tersohor setelah gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke sana. Foto kunjungan beliau pun berhasil mengabarkan keindahan lepen Kencono.

Lepen berarti sungai dan Kencono berarti emas. Harapannya, sungai ini selalu bersih dan bisa menjadi kebanggaan masyarakat. Dulunya sungai ini keruh karena banyak sampah. Namun berkat kegigihan seorang aktivis pecinta alam bernama Bagong, kini lepen Kencono berhasil menjadi objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah yang menarik.  

Disebut juga Watergong, akronim dari Waterboom Simbah Bagong yang diartikan bahwa destinasi wisata ini cocok untuk anak – anak. Banyak wahana yang bisa mereka coba, kolam renang anak, arena bermain, jembatan goyang, tubing,  hingga perosotan, serta kolam ikan. Untuk pengunjung dewasa, lepen Kencono memberikan sensasi rafting dan outbond. 

Yuk datang langsung ke lepen Kencono yang beralamat di desa Polanharjo, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Baca Juga : Ceria Tiada Habisnya di Saloka Theme Park Semarang

Nah, bagi yang sudah merasakan gerah berkepanjangan atau butuh suasana yang segar, langsung saja menuju ke objek wisata air alami di Klaten Jawa Tengah. Air yang bening dan alami akan membasuh peluh dan keluh Kawanjo seketika masuk ke dalam air!

The post Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah appeared first on Pigiblog.