November 29, 2022

Saat ini penggunaan skincare udah sangat luas, bukan cuma cewek aja tapi cowok pun udah mulai sadar betapa pentingnya merawat kulit. Salah satu produk perawatan wajah yang wajib dipake adalah moisturizer atau pelembap. Lalu yang jadi pertanyaan, moisturizer terbaik saat ini merk apa ya?

Sejujurnya, aku sendiri baru tahu dan sadar kalau kita itu wajib banget pake basic skincare yaitu facial wash, toner, moisturizer, dan sunscreen. Tapi aku pikir ribet banget ya pake sebanyak itu? Bukan cuma ribet, tapi bingung mau pake merk apa aja.

Perlahan tapi pasti, aku mulai menyadari betapa pentingnya penggunaan basic skincare itu. Apalagi pas menginjak usiaku kepala 3, aku lihat kulitku kok mulai terlihat beda banget, padahal usia masih kepala 3. Ditambah aku punya tipe kulit yang gampang banget jerawatan.

Dulu aku punya trauma sama dokter kecantikan, saat konsultasi masalah jerawat dan bekas jerawat cuma disaranin pakai produk perawatan aja dan kalau tindakan klinis gak disarankan. Katanya “mas, mohon maaf ya kalau kulit seperti itu tidak disarankan treatment yang gimana-gimana, mau pake laser pun justru akan semakin parah. Baiknya cukup pake produk aja, gak perlu tindakan”.

Berasa jleb banget sih dibilang gitu, tapi aku coba pake produk yang dari dokternya. Bukannya jerawat mereda malah semakin parah. Jujur bingung banget mau di gimanain lagi mukaku. Akhirnya aku coba mulai berhenti pake produk dokter secara perlahan. Dan berujung cuma pake facial wash aja.

Selama pake facial wash, kulit Kembali seperti semula yang jerawatnya biasa aja, cuma gak hilang tapi masih aktif. Ya terlepas dari dokter itu adalah salah satu terbaik, tapi aku penasaran juga buat memperbaiki kulit ku ini gimana?

Gak pantang menyerah, akhirnya aku coba datangin 2 dokter kecantikan lagi, dan jawabannya sama “gak bisa treatment”. Jadi aku cuma pake facial wash aja, gak berani pake produk apapun lagi.

Setelah beberapa tahun kemudian, mulai trend serum wajah di sosial media. Karena aku penasaran, akhirnya mulai lah coba cari tahu tentang serum jerawat dan mulai coba. Beberapa serum gak ada perubahan yang signifikan, tapi rasa penasaran ini masih ada. Akhirnya aku nemuin serum jerawat terbaik setelah beberapa lamanya mencari.

Dari serum jerawat itu, aku cari tahu lagi apa aja yang bisa dipake biar serum yang aku pake itu bisa bekerja lebih efektif. Dan ketemulah jawabannya yaitu toner, moisturizer, dan sunscreen. Jadi aku harus pake itu semua setiap hari.

Karena aku seorang travel blogger yang suka traveling, pertama kali yang aku beli adalah sunscreen. Ini yang udah rutin aku pake tiap hari apalagi pas traveling. Jadi 3 produk yang wajib dibawa saat aku ngetrip: facial wash, serum anti acne, dan sunscreen.

Tapi masih ada yang kurang nih, akhirnya aku mulai coba pake toner dan moisturizer. Cuma masih belum tahu moisturizer yang bagus tuh apa? Gara-gara ada brand skincare yang sering banget iklannya muncul, lalu cobalah aku beli dan rutin pake. Dan inilah review moisturizer terbaik menurut pengalamanku dan yang pasti pernah aku coba:

1. Skintific 5x Ceramide Barrier Repair  Moisture Gel

Skintific 5x Ceramide Barrier Repair  Moisture Gel

Ini dia brand moisturizer pertama kali yang aku coba, namanya Skintific. Skintific mengunggulkan produknya yang mengandung 5x Ceramide dan produknya dikasih nama Barrier Repair Moisture Gel. Dari namanya aja udah menarik banget, packagingnya juga bagus. Nah, sebelum review moisturizer Skintific, lihat kandungannya dulu yuk.

Full ingredients:

Aqua, butylene Glycol, hydrogenated Polyisobutene, dimethicone, glycerin,propylene Glycol, 1, 2-hexanediol, hydroxyacetophenone, peg-400, ammonium Acryloyldimethyltaurate/vp Copolymer, Hydrogenated lecithin, Panthenol, Phytosteryl/Octyldodecyl Lauroyl glutamate, Carbomer, Allantoin, PCA, Hydroxyethyl acrylate/Sodium acryloyldimethyl taurate copolymer, Squalane, Ceramide NP, Ceramide NS/Ceramide NG, Ceramide AS, Ceramide EOP, Ceramide AP, Sodium hyaluronate, Hydrolyzed collagen, Centella asiatica extract, Sodium yydroxide, Hamamelis Virginiana (witch hazel) extract, trehalose, ectoin, sophora, Flavescens root extract, opuntia Ficus-indica Stem extract, ophiopogon Japonicus Root extract, Yeast polysaccharides, Pentylene glycol, Disodium edtatocopherol, Polysorbate 60, T-butyl alcohol, Citrus aurantium amara (Bitter orange) flower oil, Sorbitan isostearate, Citrus aurantium bergamia (Bergamot) fruit oil, Citrus medica limonum (Lemon) peel oil.

Dari full ingredients tersebut, bener banget ternyata Skintific mengandung 5x Ceramide, ditambah lagi dengan kandungan Hyaluronic acid, Centella, dan Marine-collagen. Fungsi utamnya mengunci hidrasi dan menghaluskan permukaan kulit.

Skintific 5x Ceramide Barrier Repair  Moisture Gel, moisturizer terbaik

Setelah aku pakai moisturizer Skintific yang terjadi adalah kulitku berasa perih cekit-cekit gitu, muka jadi berminyak, tekstur kulit halus. Yang jadi masalah buatku kenapa rasanya perih gitu, kan harusnya dia bikin calming ya?

Nah aku pikir mungkin ada produk skincare yang aku pake gak cocok kalau digabungin gitu. Curiga aku sama penggunaan toner, secara tonerku mengandung AHA, BHA, dan PHA. Aku coba berhenti pake tonernya dan hasilnya tetep sama, masih berasa perih cekit-cekit.

Apa serum juga gak cocok? Aku coba gak pake serum dan cuma pake moisturizer Skintific aja. Hasilnya tetep sama dan gak ada bedanya sama sekali, masih berasa perih cekit-cekit. Cobalah aku tanya ke akun instagramnya Skintific buat konsultasi, tapi gak ada respon sama sekali. Sampe sekarang belum ketemu jawabannya kenapa bisa bikin perih ke kulit mukaku?

Nah pernah  lihat video salah satu dokter (lupa namanya siapa) yang intinya beliau bilang “Ceramide itu kurang cocok sama kulit yang tinggal di daerah tropis”. Lalu keinget sama temenku pernah bilang begini “Bud, kamu harus banyak baca deh kalau skincare itu tiap negara beda-beda. Contohnya aku pake ini (tunjukin foto produknya), waktu aku tinggal di Belanda mukaku bagus banget pake ini. Pas aku mau pulang ke Indonesia aku beli banyak buat stok, eh mukaku jadi breakout parah. Padahal pake produk yang sama, tapi ternyata iklim kita itu juga berpengaruh. Makanya aku beralih pake produk Indonesia aja”.

Jadi review moisturizer Skintific menurutku kurang cocok buat kulitku. Mungkin ada benernya apa kata dokter itu dan temenku juga. Skintific yang diformulasikan di Canada tapi gak disesuaikan buat kulit orang Indonesia. Ini hanya asumsi aku aja ya, karena aku juga belum dapet respon dari pihak Skintific nya secara langsung. Tapi kalau menurut kamu gimana?

Setelah dirasa gak cocok pake moisturizer Skintific, aku baca review Madam Gie Skin Barrier Moisturizer yang katanya bagus banget. Yang review juga udah banyak dan bikin aku penasaran. Lalu aku cobalah beli produknya.

2. Madame Gie Skin Barrier Moisturizer

Saat pemakaian pertama, respon kulit gak ada masalah sama sekali, gak berasa perih cekit-cekit. Tapi muka jadi lebih berminyak. Bisa jadi karena masih penyesuaian setelah beralih dari moisturizer Skintific. Tapi aku terus lanjutin pake moisturizer Madame Gie ini. Nah biar lebih tahu detail tentang produknya, kita lihat ingredients nya dulu.

Full ingredients:

Water, Dimethicone, Glycerin, Butylene glycol, Betaine, Carbomer, Caprylic/​Capric triglyceride, Phenoxyethanol, Caprylyl glycol, Aminomethyl propanol, Polyacrylamide, Hydrogenated lecithin, C13-14 Isoparaffin, Allantoin, Laureth-7, Disodium EDTA, Ceramide NP, 1 ,2-Hexanediol, Caffeine, Psoralea corylifolia fruit extract.

Dari ingredients tersebut, kandungannya bagus, gak ada bahan kimia yang berbahayanya seperti Hydroquion, Paraben, dan lain sebagainya, termasuk gak ada parfumnya juga. Jadi sangat aman buat kulit, termasuk kulit sensitif pun.

Review moisturizer Madame Gie setelah pemakaian rutin, muka gak terlalu berminyak tapi gak terlalu lembap. Jadi biasa aja gitu. Malah lembapnya lebih kalah dari serum anti acne yang biasa aku pakai. Gak ngerti lagi sama OHAIAHO Acne Care Serum kenapa bisa jauh lebih lembap daripada pelembap nya sendiri? Berarti serumnya bagus banget dan udah terbukti bagus banget!!

Tapi sekarang aku masih pake moisturizer Madame Gie sampai habis dulu, walaupun gak sesuai ekspektasiku. Setidaknya bisa bantu untuk mengunci serum yang aku pakai agar bisa bekerja maksimal. Jadi, review moisturizer terbaik berdasarkan pengalamanku setelah pake Skintific dan Madame Gie belum ada yang sesuai. Mungkin ada saran, kira-kira pake moisturizer apa ya yang bagus dan berasa fungsinya ke kulit ku? Tinggalkan sarannya di kolom kemntar ya, biar aku juga coba pakai dan nanti review lagi.

The post Review Moisturizer Terbaik Saat Ini first appeared on Yukkuy.