November 29, 2022

Buat kamu yang berada di Pulau Jawa, liburan ke wisata Solo bersama keluarga bisa jadi pilihan tepat untuk kabur sejenak dari segala rutinitas. Inilah sepuluh rekomendasi tempat wisata paling populer di Solo yang wajib kamu kunjungi.

1. Grojogan Sewu Tawangmangu, Wisata Air Terjun Solo

Air Terjun Grojogan Sewu adalah destinasi wisata alam Solo yang berada di Lereng Gunung Lawu. Air terjun dengan tinggi sekitar 81 meter ini memiliki dua pintu masuk, yaitu jalur atas dan jalur bawah.

Jika lewat jalur atas, kamu harus menuruni puluhan anak tangga. Sementara jika melewati jalur bawah, pengunjung akan melewati jembatan yang terkenal dengan mitos cinta.

Di sekitar Air Terjun Grojogan Sewu terdapat banyak kera liar yang berkeliaran. Jadi kamu wajib menjaga barang bawaan, jangan sampai diambil oleh para kera ya.

Udara di sini sangat dingin dan sejuk. Sayangnya, pengunjung tak boleh mandi karena banyak batu dan kerikil yang jatuh dari atas. Tapi, sekadar menikmati keindahan air terjun pun tetap asyik kok.

Tak hanya menikmati keindahan air terjun, kamu dan keluarga juga bisa naik mini rafting atau flying fox. Jangan lupa cicipi sate kelinci yang terkenal enak di sekitar Grojogan Sewu.

2. Keraton Surakarta atau Keraton Kasunanan Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan didirikan oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada tahun 1744. Meski terbuka untuk umum, pengunjung tidak boleh memasuki kediaman Raja Pakubuwono. Wisatawan hanya boleh masuk ke pendopo besar di dalam Sasana Sewaka.

Di wisata Solo ini, kamu dan keluarga bisa melihat pertunjukan tari dan gamelan. Wisatawan juga bisa mengunjungi museum yang ada di dalam kawasan keraton. Ada banyak koleksi kerajaan yang bisa kamu lihat, seperti kereta kencana, tandu, patung, dan senjata kuno.

Kunjungi juga wisata keluarga di Surabaya untuk rekomendasi wisata lainnya.

3. Kampoeng Batik Laweyan, Wisata Sejarah & Budaya Solo

Kampoeng Batik Laweyan merupakan salah satu pusat batik tertua di Kota Solo. Kampung yang sudah menjadi ikon batik Solo sejak abad ke-19 ini letaknya tidak jauh dari Stasiun Purwosari. Sebagian besar penduduknya pun berkerja sebagai pembuat batik dan pedagang.

Bukan sekadar membeli batik untuk oleh-oleh, kamu juga bisa melihat proses membatik atau mengikuti workshop membuat batik. Ada kursus membatik dalam waktu singkat, ada juga pelatihan membatik secara intensif.

Selain belajar membatik, jalan-jalan menyusuri lorong gang juga seru karena banyak bangunan tua yang unik dan instagramable. Cocok buat hunting foto!

4. Pasar Klewer, Pasar Tekstil Terbesar di Jawa Tengah

Pasar klewer adalah pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. Letak wisata Solo populer ini berdampingan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pasar ini sangat cocok didatangi untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Solo. Pilihannya banyak karena ada lebih dari 2.000 kios pedagang di sini. Kalau beli dalam jumlah banyak, kamu bisa dapat harga yang lebih murah lho.

5. Pura Mangkunegaran, Istana Megah di Kota Solo

Kata “pura” dalam bahasa Jawa memiliki arti istana atau kerajaan. Pura Mangkunegaran adalah pusat budaya dan seni di Solo. Destinasi wisata di Solo ini menyimpan berbagai koleksi berharga yang konon berasal dari Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Berdiri sejak tahun 1757, wisatawan akan ditemani tour guide saat mengelilingi bangunan ini. Begitu memasuki pintu gerbang, kamu akan disambut dengan pendopo bergaya Jawa-Eropa.

Pendopo ini biasa digunakan untuk pertunjukkan tari dan wayang. Wisatawan juga bisa masuk ke Pringgitan, yaitu tempat di mana keluarga kerajaan tinggal dan tempat penyimpanan benda-benda kerajaan.

Kalau liburan ke Solo, wajib banget deh mengunjungi destinasi yang satu ini.

6. Candi Cetho, Mistis dan Romantis di Lereng Gunung Lawu

Candi Cetho adalah candi Hindu di Kabupaten Karanganyar yang wajib kamu kunjungi. Candi di lereng gunung lawu ini berada di ketinggian 1496 m di atas permukaan laut sehingga udaranya sangat sejuk dan berkabut.

Untuk mencapai Candi Cetho, kamu harus melewati kebun teh milik warga. Pemandangannya jangan ditanya, sungguh romantis dan menyejukkan mata.

Selain wisata sejarah dan budaya, kamu bisa sekalian hunting foto karena spot foto di Candi Cetho banyak yang bagus.

7. Candi Sukuh, Candi Hindu yang Mirip Bangunan Suku Maya

Candi Sukuh merupakan candi Hindu yang diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-15 M yang berada di Lereng Gunung Lawu.

Candi ini dianggap kontroversial karena adanya penggambaran kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya. Meski begitu, bentuknya sangat unik karena mirip dengan bangunan Suku Maya di Meksiko atau peninggalan budaya Inca di Peru.

Wisata di Kota Solo ini berada diketinggian sekitar 1.86 m di atas permukaan laut. Tak heran jika di sini sering terlihat kabut yang membuatnya menjadi sangat syahdu. Liburan bareng keluarga ke Candi Sukuh pasti asyik.

8. Pasar Triwindu, Surga Barang Antik Solo

Pasar Triwindu Solo khusus menjual berbagai barang antik dengan kondisi yang masih bagus. Ciri khas tersebut membuatnya menjadi bagian wisata budaya di Kota Solo. Salah satu destinasi wajib saat liburan di Solo deh pokoknya!

Berdiri sejak tahun 1939, kepopuleran wisata Solo ini bahkan sudah mencapai mancanegara. Banyak barang vintage yang bisa kamu temukan di sini. Mulai dari lemari, cermin, lampu, koin kuno, piring, dan perabotan lainnya.

9. Museum Batik Danar Hadi

Liburan ke Solo tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Museum Batik Danar Hadi atau House of Danar Hadi yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Dari luar, bangunannya tampak megah dan asri dengan pepohonan yang rimbun.

Konon, museum di Solo ini memiliki lebih dari 10.000 lembar kain. Karena memiliki banyak koleksi batik, museum ini sampai masuk MURI, lho.

Batik-batik yang dikoleksi kebanyakan merupakan milik pribadi dari H. Santosa Doellah. Namun, ada juga batik-batik hasil lelang, pemberian, dan batik yang dibuat di workshop Danar Hadi.

10. Kampung Batik Kauman, Belanja Oleh-Oleh Khas Solo

Satu lagi wisata Solo yang wajib kamu kunjungi jika suka dengan wisata sejarah dan budaya, yaitu Kampung Batik Kauman. Lokasi Kampung Batik Kauman cukup strategis karena dikelilingi jalan-jalan protokol Kota Solo.

Batik yang diproduksi di sini berbeda dengan batik jogja dan batik pekalongan karena memiliki motif yang lebih banyak dan berwarna terang. Sangat cocok diborong untuk oleh-oleh dari Solo. Jalan-jalan ke wisata Solo ini bersama keluarga pasti seru.

Liburan ke Solo bareng keluarga pasti asyik, mengingat Solo memiliki banyak tempat wisata yang menarik yang kaya akan budaya dan sejarah. Tertarik jalan-jalan ke Solo? Traveling bareng AntaVaya saja, yuk!

Pesan Tour Domestik

The post Populer: 10 Wisata Solo untuk Weekend Escape Bareng Keluarga appeared first on Blog Antavaya.