November 29, 2022

Sejumlah daerah di kabupaten Malang berada di pesisir laut selatan. Maka tak heran bila banyak pantai yang elok nan rupawan di sepanjang tepi laut. Mengunjungi wisata pantai Malang Selatan yang instagramable akan memenuhi feed medsos dengan potret keindahan alam.

Memang, salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi wisata alam menakjubkan adalah kabupaten Malang Selatan. Sepanjang tahun, banyak wisatawan yang menikmati anugerah Tuhan ini. Beberapa di antaranya adalah  wisata pantai dengan pasir putih dan air jernih. Baik itu yang sudah terjamah manusia maupun yang masih terjaga keasliannya.

Lalu, lokasi pantai mana saja yang bisa dijadikan tujuan untuk berwisata ke Malang Selatan? Simak tulisan di bawah ini, ya!

Rekomendasi Pantai Malang Selatan Instagramable

Rekomendasi Pantai Malang Selatan Instagramable Pantai Kondang Merak
Rekomendasi Pantai Malang Selatan Instagramable Pantai Kondang Merak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Malang memiliki pantai cantik yang sangat mempesona. Diantaranya adalah:

Baca Juga : Mau ke Malang? Museum-Museum Ini Jangan Sampai Dilewatkan

  1. Pantai Batu Bengkung
daftar Rekomendasi Pantai Malang Selatan Pantai Batu Bengkung
daftar Rekomendasi Pantai Malang Selatan Pantai Batu Bengkung

Jika dilihat dari atas dengan bantuan drone, pantai ini nampak diapit bebatuan karang.  Karang itu seolah melengkung dengan diapit oleh dua buah bukit. Apabila diamati lebih lama, pemandangan ini seperti bentuk tubuh wanita yang di-bengkung. Bengkuang adalah sejenis kain yang dililitkan pada perut.

Baca Juga : Keindahan 5 Pantai Selatan yang Penuh Mitos

Batu karang di sekitar pantai Batu Bengkung kemudian membentuk kolam alami. Kawanjo bisa bermain air di sana. Selain berbasah-basah, Kawanjo juga bisa mengasah adrenalin dengan memanjat tebing di sekitar pantai. Bila mencapai puncak tebing, segera keluarkan kamera dan abadikan pose terbaik dengan latar belakang pemandangan pantai dari atas.

Bila ingin lebih lama di sini, Kawanjo bisa berkemah di bukit dekat pantai. Jangan khawatir akan kelaparan. Karena di sekitar pantai pun ada banyak warung seafood yang membuat Kawanjo puas kulineran.

  1. Pantai Balekambang
Wisata Pantai Malang Selatan Pantai Balekambang
Wisata Pantai Malang Selatan Pantai Balekambang

Meski telah digunakan sebagai destinasi wisata sejak puluhan tahun lalu, pantai ini seolah tiada habisnya bagi penduduk Malang selatan. Bagaimana tidak, pantai Balekambang ternyata menjadi tempat multifungsi. Beragam kegiatan biasa dilakukan di sini. Mulai dari tempat perkemahan hingga lokasi latihan beberapa klub olahraga seperti grup sepakbola Persema dan Arema.

Baca Juga : Koleksi Cerita Seru Lewat Wisata Air Terjun Tumpak Sewu

Tak hanya itu, keberadaan pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo menjadi pusat kegiatan umat Hindu saat Nyepi. Pulau Ismoyo ini menjorok masuk dari bibir pantai sekitar 70 meter yang dihubungkan dengan jembatan. Ritual tradisi yang dilakukan umat Hindu saat Nyepi menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai Balekambang.

Bagi umat Islam pun, pantai yang berada di dusun Sumber Jambe, desa Srigonco, kecamatan Bantur, kabupaten Malang ini pun jadi penting. Karena di sini juga terdapat makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat pantai Balekambang. Pada tanggal 1 Sya’ban, banyak umat Islam yang berziarah, para peziarah meluber ke makam yang berada terpencil di tepi Kali Berek, jaraknya sekitar 1 km sebelum masuk Pantai Balekambang dari arah Bantur.

Sebab fungsinya yang vital, pemerintah terus mengelola dan meningkatkan fasilitas di pantai Balekambang. Hingga kini, pantai ini tetap menyedot banyak pengunjung yang bertujuan untuk wisata. Pesonanya berupa ombak yang panjang dan pasir yang putih bersih selalu mampu memuaskan hati para wisatawan.

  1. Pantai Teluk Asmara
Rekomendasi Pantai di Malang Selatan Pantai Teluk Asmara
Rekomendasi Pantai di Malang Selatan Pantai Teluk Asmara

Pantai ini menggunakan kata asmara dalam namanya karena mengacu pada pemandangan dari udara. Ya, formasi bukit kapur yang mengelilingi pantai ini bentuknya menyerupai hati.

Baca Juga : Bosan ke Pantai? Cobain Trekking Gunung Batur!

Namun bukan hanya pemandangan dari atas. Sepelemparan mata memandang, pantai Teluk Asmara juga berhasil memikat hati para pengunjung. Airnya yang sebening kristal dan ombaknya yang  lembut, membuat pengunjung semakin jatuh cinta dan betah berlama – lama di sini.

Bahkan ada yang bilang pantai yang berlokasi di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang ini adalah Raja Ampatnya Malang Selatan. Kawanjo pun bisa menikmati keindahan terumbu karang dengan menyelam atau snorkeling sepuasnya!

  1. Pantai Watu Leter
Rekomendasi Pantai Malang Selatan Pantai Watu Leter
Rekomendasi Pantai Malang Selatan Pantai Watu Leter

Berada di dusun Rowotrate, desa Sitiarjo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, kabupaten Malang, untuk sampai di destinasi wisata Malang Selatan ini harus melewati pantai Gua China. Namun Kawanjo masih harus menempuh perjalanan lebih dalam dengan berjalan kaki untuk sampai ke pantai Watu Leter.

Baca Juga : 5 Aktivitas di Pantai Karang Potong Cianjur Selatan Rasa Santorini

Karena letaknya yang lebih terpelosok daripada pantai Gua China, pantai Watu Leter memiliki suasana yang lebih tenang, alami, dan bersih. Air lautnya nampak lebih jernih dan kehijauan. Terlihat karang yang seolah timbul tenggelam bila ombak datang menyapu dengan perlahan. Saking tenangnya si ombak, pantai ini lebih mirip kolam.

Ada sungai Sitiarjo yang bermuara di Pantai Watu Leter.  Kawanjo bisa menyisiri sungai ini dengan menggunakan perahu. Menikmati suasana pantai sangat menyenangkan. Pemandangannya indah dengan hutan mangrove di sisi kiri dan kanannya.

Dikarenakan suasananya yang masih jauh dari hingar bingar. Sehingga kawasan pantai Watu Leter ini menjadi lokasi pelepasan penyu abu-abu dan menjadi pusat pelestarian penyu dan ekowisata.

  1. Pantai Kondang Merak
Wisata Pantai Malang Selatan 1
Wisata Pantai Malang Selatan

Terletak di pesisir selatan, pantai ini berada di tepi Samudera Indonesia. Secara administratif pantai Kondang Merak ada di desa Sumberbening, kecamatan Bantur, kabupaten Malang. Banyak orang yang mengenalnya sebagai destinasi wisata menyelam di Malang Selatan. 

Baca Juga : Wisata Pantai Klayar Pacitan Tempat Menyimpan Seribu Kenangan

Banyak terumbu karang beraneka bentuk yang menggoda untuk segera mencebur dan menyelam dengan riang. Temukan juga binatang laut seperti gurita kecil, landak laut, mentimun laut, ikan-ikan kecil atau lobster yang bersembunyi di sela-sela karang.

Gelombang di pantai Kondang Merak  terpecah karena ada batu karang menjulang yang berjajar sekitar 200 meter dari bibir pantai. Ada lima titik batu karang yang membuat gelombang ombak di pantai ini jadi lebih tenang. Selain menjadi pemecah ombak, karang – karang ini mampu memperindah pantai.

Karena ombaknya yang tenang, pantai Kondang Merak menjadi tempat singgah para nelayan. Bahkan permukiman nelayan telah meramaikan pantai ini sepanjang waktu. Dengan hasil laut ini, seperti ikan tuna, kakap, dan gurita, banyak warung yang menjadikannya jadi olahan masakan. Dan Kawanjo bisa menikmati seafood kegemaran sambil menikmati keindahan alam pantai Kondang Merak ini.

Pantai di Malang Selatan ternyata beragam dan menyimpan banyak potensi untuk dinikmati. Kawanjo bisa segera membuat list pantai – pantai di atas sebagai tujuan wisata untuk liburan mendatang.

The post Pesonanya Kondang, 5 Wisata Pantai Malang Selatan! appeared first on Pigiblog.