November 29, 2022

Makanan khas Timur Tengah ini, kini tak hanya keluar saat bulan puasa Ramadhan. Di hari – hari biasa Kawanjo juga akan menemukan kurma di tempat – tempat penjualan. Sebab masyarakat semakin tahu bahwa kurma ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Sangat baik untuk tubuh. Ternyata Kawanjo bisa ikut memetik langsung di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara.

Destinasi wisata Kebun Kurma Karo sumatera utara
Destinasi wisata Kebun Kurma Karo sumatera utara

Sambil berwisata, Kawanjo bisa ikut menikmati asyiknya memanen buah dengan rasa manis legit ini. Pohon kurma jadi bagian penting, berjejer rapi seolah menunggu antrian, ingin juga dipetik buahnya. 

Baca Juga :

Aktivitas Wisata di Kebun Kurma Karo

Aktivitas Wisata di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara
Aktivitas Wisata di Kebun Kurma Karo

Kebun kurma yang berada di atas lahan seluas 1.800 meter persegi ini ditanami 200 batang pohon kurma.  Terdiri dari 165 pohon betina dan 35 pohon jantan, sang pemilik telah berhasil membudidayakan tumbuhan ini di dataran tinggi.

Di ketinggian 750 mdpl, memang sangat jarang ditemukan pohon kurma yang bisa hidup. Tapi ternyata di sini bisa dan menghasilkan kurma dalam jumlah banyak. Rasanya pun tidak tanggung – tanggung. Manis seperti kurma ruthab yang biasa dijual di Madinah.

Baca Juga : Intip Keindahan Pulau Sombori, Raja Ampatnya Sulawesi Tengah

Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga banyak orang yang ingin membuktikan kebenaran adanya pohon kurma di Indonesia, di ketinggian pula. Apalagi jika tahu ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Di antaranya:

  1. Petik Kurma
Panen di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara Sambil Liburan
Panen di Kebun Kurma Karo Sambil Liburan

Waktu yang tepat untuk datang ke sini adalah saat panen. Kawanjo bisa merasakan asyiknya memetik kurma langsung dari pohonnya. 

Sebagai informasi, pohon kurma butuh waktu 6,5 bulan sejak penyerbukan hingga buahnya siap untuk dipanen. Di 3 tahun pertama, kebun ini menghasilkan 2,8 ton.

Satu pohon kurma bisa menghasilkan 11 tandan dengan berat 10-20 kg kurma di tiap tandannya. Sehingga terasa asyik melihat kurma yang tumbuh subur disini. Apalagi bisa sekalian memetiknya.

Tumbuh subur di Tanah Karo, ternyata bibit yang digunakan diimpor langsung dari Inggris setelah melihat kondisi pH tanah yang cocok untuk ditumbuhi pohon kurma.

  1. Belanja kurma
Kebun Kurma Karo sumatera utara
Kebun Kurma Karo sumatera utara

Meski kesannya dapat menghasilkan banyak, kebun kurma Karo hanya bisa menjual hasil panennya di area kota Karo. Sebab seringnya kurma yang dihasilkan telah habis diserbu pengunjung.

Ya, Kawanjo bisa membeli kurma juga di tempat ini. Baik itu kurma yang sudah tua maupun muda. Bila membeli dengan tangkainya, akan ada keterangan supaya tahu kapan waktu untuk memanennya. Jika tidak segera dipanen, buah akan berjatuhan. Sedangkan bila terlalu dini, rasa buah tidak akan manis dan  teksturnya kurang bagus.

Baca Juga : Pesona Likupang, Surga Dunia di Sulawesi Utara

Harga kurma muda dijual sekitar Rp 250 ribu per kg, kurma kuning Rp 200 ribu per kg, dan kurma matang seharga Rp150 ribu per kg. Menarik, bukan menjadikannya sebagai buah tangan dari tanah Karo?

Ternyata, Kawanjo juga bisa membeli bibit pohon untuk ditanam di rumah. Harga satu pohon adalah Rp. 5 juta dan bila beli sepasang biayanya Rp. 10 juta.

  1. Berfoto
Kebun Kurma Karo Sumatera Utara
Kebun Kurma Karo

Pohon kurma masih jarang bila tumbuh di Indonesia. Apalagi di dataran tinggi seperti Karo. Jadi berfoto di kebun kurma Karo jadi pemandangan yang istimewa.

Bentuk pohon kurma itu cukup unik. Pohon ini mampu tumbuh mencapai ketinggian sekitar 15 hingga 25 meter.  Membentuk rumpun dengan sejumlah batang. Batangnya memiliki tekstur yang tidak merata. Bila berfoto di dekatnya akan menghasilkan potret yang eksotik.

Apalagi ditambah pohon kurma juga memiliki bentuk daun yang khas.  Daun kurma memiliki diameter antara 3 sampai 4 meter atau lebih dari itu. Di permukaannya terdapat  duri dan sebagian besar daun kurma berbentuk menyirip.

Jika pohon kurma sedang berbuah, akan lebih menarik lagi. Jangan dibayangkan buah kurma di pohon itu berwarna coklat tua seperti kebanyakan yang siap dimakan. Buah kurma bisa berwarna merah, kuning, atau coklat terang. Sangat menarik bila merekam momen Kawanjo sedang memetik kurma. Stok foto instagenic siap menghiasi akun medsos Kawanjo.

  1. Berenang
Wisata di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara
Wisata di Kebun Kurma Karo

Tiket masuk kebun kurma Karo adalah Rp. 35.000. Biaya ini termasuk untuk berenang di kolam di kawasan kebun.

Lokasi Kebun Kurma Karo

Lokasi Kebun Kurma Karo Sumatera Utara
Lokasi Kebun Kurma Karo

Destinasi wisata ini terletak di Kuta Mbaru, kecamatan Tiganderket, kabupaten Karo, Sumatera Utara. 

Mengunjungi kebun kurma Karo akan memberi pengalaman mengesankan. Sebab tempat ini tumbuhan kurma tidak sembarang ada di Indonesia. Jadi, buruan masukkan destinasi wisata ini ke list liburan mendatang!

Baca Juga : Trip Gorontalo dan Pulau Cinta selama 3 hari 2 malam

The post Panen Seru di Kebun Kurma Karo Sumatera Utara! appeared first on Pigiblog.