November 29, 2022

Sebelum bahas olahan tempe khas Nusantara, ada yang senang melihat ikon mesin peramban Google pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2022? Ah, sama! Di atas tempat penulisan kata kunci ada doodle unik dengan tempe sebagai fokus utamanya. Bangga dong melihat tempe favorit sejuta umat di Indonesia bisa nampang di Google! Nah, sebagai produk asli Indonesia, olahan tempe khas Nusantara telah tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Sejarah tempe

Olahan Tempe Khas Nusantara
Sejarah tempe khas Nusantara

Illustrator pembuat Doodle untuk Google bertema tempe mendoan adalah seorang pria asli Semarang. Namanya adalah Reza Dwi Setyawan. Sebagai wujud apresiasi pada tempe yang telah berusia lebih dari 4 abad.

Baca Juga : Temukan Rasa Otentik Kuliner Bogor yang Lagi Hits

Reza menuangkan pandangannya tentang betapa dekat tempe dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Bahkan tempe telah tersebar di seluruh nusantara. Dengan berbagai jenis masakan. Namun khusus kali ini, Reza mengangkat tempe mendoan asli Banyumas.

Bukti bahwa makanan fermentasi ini telah ada sejak ratusan tahun yang lalu, ada di Serat Centhini. Sebuah kitab kumpulan cerita dan ajaran Jawa, yang ditulis dalam syair dan diterbitkan pada tahun 1814. Di dalamnya dijelaskan bahwa tempe pertama kali ditemukan di kota Klaten pada sekitar tahun 1600. Saat itu masyarakat menikmati tempe sebagai pengganti daging. Dimakan bersama nasi dan sayur.

Manfaat tempe

Olahan Tempe Khas Nusantara
Manfaat tempe bagi kesehatan

Sebagai makanan fermentasi, tempe memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah tempe memiliki isoflavon yang bisa mencegah sel kanker muncul di dalam tubuh. Kandungan gizi ini menjadi berlipat ketika difermentasi menjadi tempe.

Baca Juga : 7 Makanan Fermentasi Tradisional Khas Indonesia Sudah Lezat, Sehat lagi

Protein nabati pada tempe juga didukung kandungan nutrisi lain, seperti vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat tempe yang dapat Anda rasakan.

Kandungan protein nabati pada tempe dianggap dapat menurunkan risiko terkena beberapa penyakit. Seperti anemia, diabetes dan penyakit jantung. Protein pada kedelai dalam tempe juga mampu menjaga berat badan.

Selain itu, tempe juga kaya vitamin B2, asam folat, kalsium, prebiotik, hingga serat. Kesemuanya bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, malnutrisi, kesehatan tulang, kesehatan jantung, dan lain-lainnya.

Ternyata tempe yang nilai ekonomisnya rendah, memiliki manfaat kesehatan yang tinggi.

Olahan Tempe Khas Nusantara

Olahan Tempe Khas Nusantara
Olahan Tempa Khas Nusantara

Tempe atau dalam bahasa Inggris adalah tempeh kini telah menyebar ke seluruh Indonesia. Bahkan tempe sudah merambah ke mancanegara. Aneka produk kuliner khas berbahan tempe pun ada di berbagai daerah di nusantara. Diantaranya:

Baca Juga : Ini Dia Makanan Khas Sunda yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

  1. Tempe mendoan Banyumas
Olahan Tempe Khas Nusantara
olahan tempe khas Nusantara Tempe mendoan Banyumas

Google Doodle di tanggal 29 Oktober 2022 sebenarnya fokus membahas tempe mendoan. Camilan khas Banyumas yang bikin lupa diet ini memiliki ciri khas tersendiri. Tempenya tipis dan dibalut dengan tepung goreng dengan rasa khas.

Baca Juga : Kuliner Sehat Legendaris Yogyakarta, Tak Hanya Lezat Namun juga Bermanfaat

Istimewanya, tempe mendoan ternyata telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Indonesia. Yaitu pada tahun 2021, untuk kategori Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional.

  1. Tempe kacang Malang
Olahan Tempe Khas Nusantara
olahan tempe khas Nusantara Tempe kacang Malang

Bila biasanya tempe terbuat dari kedelai, di Malang ada jenis yang terbuat dari kacang. Tepatnya adalah bungkil kacang tanah. Rasanya lebih gurih daripada kacang kedelai. Tempe ini kemudian diolah dengan cara digoreng menggunakan tepung terigu.

Baca Juga : Senang dan Kenyang, Makanan Khas Dieng Enak Disantap Sambil Berwisata

Selain tempe kacang, Malang juga terkenal dengan tempe mendol. Yaitu olahan yang terbuat dari tempe yang tua, nyaris basi dan dibumbui dengan rempah tertentu plus cabe. Seluruh bahan kemudian dihancurkan lalu dikepal – kepal dan digoreng.

  1. Sambal tumpang Kediri
Olahan Tempe Khas Nusantara
Sambal tumpang Kediri

Sambal tumpang khas Kediri ini sudah ada sejak jaman kerajaan. Masakan ini terbuat dari tempe busuk / tempe semangit. Tempe busuk bukanlah yang gagal dalam pembuatannya. Namun tempe yang mengalami fermentasi lebih lama.

Baca Juga : Dunia Kuliner Menggeliat Lagi, Inilah Makanan Khas Surabaya dengan Sambal Kacang

Kemudian tempe busuk ini ditumis dengan aneka bumbu dapur dan santan. Saat matang, sambal tumpang sangat sedap bila disantap dengan nasi hangat.

  1. Godo tempe Gresik
Olahan Tempe Khas Nusantara
Godo tempe Gresik

Kudapan satu ini mirip dengan tempe mendoan. Yaitu tempe mentah yang dibalut dengan tempe yang dicairkan dengan bumbu tertentu.

Baca Juga : Makanan Nasi khas Jawa Timur, Awas Tertipu Sama Nomor 7!

Yang membedakan makanan khas Gresik ini dengan lainnya adalah, godo tempe dimakan dengan petis khas Jawa Timur.

  1. Tempe balado khas Padang
Olahan Tempe Khas Nusantara
Olahan tempe khas Nusantara Tempe balado khas Padang

Dengan bumbu balado khas Padang, tempe menjadi istimewa untuk dimakan. Rasa pedasnya sambal berpadu dengan gurihnya tempe, Lamak Bana!

Baca Juga : Kuliner Legendaris Malang di sekitar Pusat Kota dan Terjangkau Harganya

  1. Sambal goreng papai khas Kalteng
Olahan Tempe Khas Nusantara
Sambal gami tempe khas Kalimantan

Namanya memang sambal. Tapi sebenarnya masakan ini adalah olahan santan. Jadi tempe dihaluskan kemudian dibumbu dan dibentuk bola. Lalu dimasak dengan campuran sayur seperti pakis dan udang jerbung.

Baca Juga : Ini Dia Makanan Khas Sunda yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

  1. Sambal gami tempe khas Kalimantan
Olahan Tempe Khas Nusantara
Sambal gami tempe khas Kalimantan

Yang ini adalah kuliner khas Bontang  Kalimantan Timur. Ciri khas sambal gami adalah bahan sambal digoreng di atas cobek tanah liat. Cabe, bawang merah, bawang putih, dan tomat dicacah lali dicampur minyak goreng kemudian dituang ke cobek yang telah siap di atas kompor. Tambahkan terasi dan garam. Nyalakan kompor dan masak bahan sambal hingga layu.

Baca Juga : Kulineran Enak di Kediri Jawa Timur Si Kota Tahu

Di Bontang, sambal gami biasanya dicampur dengan ikan Darwis. Namun karena ikan ini hanya hidup di perairan setempat, sambal ini biasanya dicampur dengan jenis ikan lain ataupun tempe. Jangan lupa potong dadu lalu goreng dulu sebelum dicampur dengan sambal yang telah siap

  1. Jadah tempe Yogyakarta
Olahan Tempe Khas Nusantara
tempe janda khas jogyakarta

Konon, jadah tempe adalah kudapan favorit sultan Hamengku Buwono IX. Makanan ini hanya ada di daerah Kaliurang Yogyakarta. Karena itu, bila berwisata ke sini, jangan lupa untuk membeli jadah tempe.

Baca Juga : Enam Tempat Wisata Kuliner Banjarbaru Terhits 2022 Siap Mengakrabkan Keluarga 

Makanan ini sebenarnya adalah kombinasi dari dua jenis jajan. Yaitu jadah atau gemblong dan tempegoreng. Jadah adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut. Rasanya yang gurih, dipadukan dengan tempe yang dibumbu bacem yang manis.

  1. Tempe bumbu woku khas Sulawesi
Olahan Tempe Khas Nusantara
Tempe bumbu woku khas Sulawesi

Makanan ini sebenarnya mudah sekali dibuat di rumah. Karena caranya mudah dan bumbu wokunya anti ribet. Jadi tempe dipotong dadu dengan tebal 1cm atau sesuai selera. Kemudian bakar tempe sampai kecoklatan. Selanjutnya haluskan bumbu woku dan tumis di wajan. Masukkan serai dan daun jeruk.

Baca Juga : Anti-Mainstream, Ini Lima Kuliner Lezat dari Purworejo

 Aduk sampai berbau harum, lalu masukkan cabai rawit dan tomat. Aduk lagi hingga cabai layu dan tumisan matang. Kemudian masukkan tempe dan air. Aduk, masukkan daun bawang. Lanjutkan mencampur hingga bahan matang dan bumbu meresap. Masukkan kemangi, aduk sampai layu, angkat, dan siap dihidangkan.

Tempe yang dianggap murahan ternyata memiliki nilai lebih dari harganya. Bahkan keistimewaannya mampu menjadikan google pada tanggal 29 Oktober 2022 berbau tempe yang crunchy. Salah satu nilai lebihnya adalah manfaat sehingga tak salah bila tempe menjadi makanan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan beragam olahan tempe khas Nusantara telah memperkaya khazanah kuliner bangsa Indonesia.

The post Olahan Tempe Khas Nusantara, Nomor 8 Favorit Sultan appeared first on Pigiblog.