December 5, 2022

Wakatobi Wave 2022 atau Wakatobi Wonderful Festival and Expo adalah sebuah event rutin tahunan yang diselenggarakan pemerintah kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara. Hebatnya, sejak setahun lalu, Wakatobi Wave telah masuk Daftar Top 100 Kharisma Event Nusantara 2022. Di tahun ini, Wakatobi Wave diselenggarakan pada tanggal 10 – 14 November 2022.

Pada 2016, Wakatobi ditetapkan sebagai 10 destinasi Bali Baru. Dimana kota yang 97% daerahnya adalah laut ini akan terus dikembangkan menjadi tujuan wisata yang diharapkan mampu mengimbangi Bali. Agar dunia tahu, Indonesia tidak hanya indah di Bali saja. Wakatobi adalah salah satu keindahan lain yang dimiliki nusantara.

Wakatobi Festival and Expo 2022 

Pesona Wisata di Wakatobi
Pesona Wisata di Wakatobi

Dari pelaksanaan Wakatobi Wave sendiri, banyak tujuan yang berada di dalamnya. Yang utama pastinya untuk promosi keelokan alam dan keragaman budaya daerah. Dengan suksesnya promosi, diharapkan ada efek ganda dan menyeluruh berupa terbukanya lapangan pekerjaan seluas – luasnya. Sehingga perekonomian masyarakat bisa menggeliat kembali.

Maka, tak heran bila acara Wakatobi Wave 2022 dikemas sangat spektakuler. Ada beragam acara yang mampu menyedot minat banyak orang. Yaitu 

Expo UMKM sebagai wadah promosi sekaligus motivasi bagi pelaku bisnis lokal. Penggemar seni audio visual juga terpuaskan dengan rangkaian agenda di sini. Mulai dari Festival Film Pendek, lomba dan pameran foto, serta Workshop Film & Fotografi. Tentunya melalui foto dan film, diharapkan dapat membingkai potensi Wakatobi tercinta dengan lebih menarik, kekinian, dan terkabarkan semakin luas.

Baca juga : Paket Diving Wakatobi, Surga Nyata Segitiga Karang Dunia

Tak luput para pelaku dan penggemar dunia fashion. Wakatobi Wave 2022 bisa mewadahi prestasi dan aspirasi mereka melalui fashion show kreasi tenun Wakatobi. Begitu juga melalui karnaval kostum tenun Wakatobi yang bercampur dengan karnaval budaya maritim.

Selain itu ada pagelaran dan lomba Seni Budaya, Fun Bike, festival kuliner Wakatobi, serta penampilan artis dan seniman lokal. Paling meriah dan tak terlupa adalah saat pembukaan. Wakatobi Wave 2022 yang diselenggarakan di Marina Togo Mowondu, Kecamatan Wangi-wangi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara ini menampilkan 300 penari yang menampilkan tarian kolosal budaya khas Wakatobi.

Pesona Wisata di Wakatobi

Tujuan utama Wakatobi Wave 2022 adalah meningkatkan sekaligus mempromosikan pariwisata daerah. Sebab ternyata banyak kawasan indah yang perlu dikunjungi saat berada di daerah ini. Tak kalah dengan daerah lain, bahkan pulau Dewata sekalipun. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Wakatobi yang bisa dikunjungi:

  1. Pantai Te’e Timu
Keindahan Alam wakatobi Pantai Te’e Timu
Keindahan Alam wakatobi Pantai Te’e Timu

Tidak hanya satu, ada 7 sumber mata air alami di pantai Te’e Timu. Inilah keunikannya. Disamping pastinya keindahan pantai yang membuat hati tertawan.

Baca juga : 3 Destinasi Wisata Eksotis di Sulawesi Tenggara yang Wajib Dikunjungi

Salah satu mata air di pantai di daerah Tomia ini bernama Te’e Famakuni yang paling digemari. Karena mata air ini memiliki 2 rasa. Di saat air laut surut, rasa airnya tawar. Namun, bila air laut pasang, air yang keluar airnya akan terasa asin.

  1. Puncak Kahianga
Wisata di Wakatobi Puncak Kahianga
Wisata di Wakatobi Puncak Kahianga

Di Tomia, salah satu puncak tertinggi adalah puncak Kahianga. Bila berada di sini, pemandangan menakjubkan akan tersuguh. Mulai dari deretan pantai yang indah hingga pulau – pulau kecil di sekitarnya. 

Puncak Kahianga apalagi sangat cocok untuk menikmati panorama matahari terbenam. Untuk mencapainya, cukup melakukan pendakian ringan dengan balutan panorama savana yang menakjubkan. Nah, di tengah rerumputan itu, ternyata ada fosil kerang yang berukuran 1,5 meter. 

  1. Tebing Ampombero
Wisata di Wakatobi Tebing Ampombero
Wisata di Wakatobi Tebing Ampombero

Satu lagi tempat menikmati Wakatobi, khususnya Tomia, dari ketinggian adalah dengan berada di bukit Ampombero. Melihat eksotisme gradasi warna biru di laut dengan pasir pantai yang bersih sangat mengasyikkan bila berada di sini.

Tepatnya berada di desa Kulati, tebing yang memanjang ini ternyata pernah menjadi tempat yang penting. Saat masih banyak penduduk yang berlayar, ada momen haru yang biasa dilakukan di tebing Ampombero. Mereka yang ditinggalkan oleh pelaut akan melambaikan tangan tanda perpisahan. Pastilah penuh haru dan doa yang berada di setiap tangan yang bergerak.

Baca juga : Best time to visit Wakatobi

Sayangnya, kebiasaan mulia ini sekarang tidak terlihat. Sebab momen mengantar para pelaut tak perlu ritual seperti ini. Alat komunikasi canggih bisa menjadi solusi untuk menyambung rasa antara yang melaut dan yang ditinggalkan.

  1. Pulau Sawa
Wisata di Wakatobi Pulau Sawa
Wisata di Wakatobi Pulau Sawa

Di sebelah barat pulau Tomia ada pulau Sawa yang indah. Pasirnya putih, air lautnya jernih dengan gradasi hijau biru nan menawan. 

Meski tak berpenghuni, pulau Sawa selalu ramai oleh pengunjung. Terutama para pecinta diving. Karena di pulau ini terdapat puluhan titik untuk penyelaman. Kesemuanya siap memanjakan mata para penyelam.

  1. Pulau Runduma
rekomendasi Wisata di Wakatobi Pulau Runduma
rekomendasi Wisata di Wakatobi Pulau Runduma

Terkenal sebagai rumah bagi penyu hijau, pulau Runduma terlihat berbentuk hati bila dilihat dari ketinggian. Bila di darat, pulau ini  terkenal dengan keindahan alaminya. Termasuk juga dengan keramahan penduduk di sini.

Pulau terluar di   ini memang memiliki masyarakat yang istimewa. Karena mau menjaga lingkungan agar tetap lestari. Di pulau yang memiliki penangkaran penyu ini, penduduk hidup damai berdampingan dengan hewan bertempurung ini. Mereka akan membiarkan penyu datang dan bertelur.

Spot diving Wakatobi

  1. Diving Wakatobi Indonesia
Spot Diving di Wakatobi
Spot Diving di Wakatobi

Terakhir, adalah bagian terpenting dalam setiap kunjungan ke Wakatobi. Yaitu titik – titik penyelaman. Sekali datang ke sini, harus mencoba menikmati keelokan alam bawah lautnya.

Spot pertama adalah  . Dimana ada kipas laut dan karang lunak di dalam arus air yang kuat. Di sini terdapa beragam jenis terumbu karang. Seperti jenis hard fringing reef, table coral, serta dinding laut yang menakjubkan.

Baca juga : Wakatobi, 4 Surga Wisata Bahari Buat Para Penikmat Diving

Selanjutnya ada Roma diving spot. berupa taman karang yang beraneka ragam. Seperti karang meja dan karang bercabang. Sekitar 80% sisanya merupakan spesies karang masif dan karang otak dengan banyak celah. Di sekitar karang ini akan terlihat beragam hewan kecil yang berseliweran. Seperti scorpionfish daun, ikan kenari rock mover, belut pita, pipefish bersayap, ikan goby, dan nudibranch.

Spot terakhir adalah gunung bawah laut berpuncak datar yang dihubungkan oleh punggung bukit yang dalam, ke lembah karang meja berukuran panjang. Ali reef namanya. 

Dapat dilihat beragam warna cerah dari karang lunak yang ada di punggung bukit. Di sekitarnya terdapat pula berbagai hewan cantik berseliweran. Termasuk penyu dan hiu karang. Lebih menakjubkan lagi ketika ada trevally atau segerombolan ikan yang berenang bersama membentuk tornado. Wow!

Wakatobi ternyata memang fantastis! Layak kiranya festival seperti Wakatobi Wave 2022 dilaksanakan untuk mengabarkan keindahan daerah di Sulawesi Tenggara ini. Meski festival telah usai, tak ada salahnya untuk segera berkunjung ke Wakatobi. Buktikan sendiri keindahannya!

The post Keseruan Wakatobi Wave 2022, No. 6 Bikin Tercengang appeared first on Pigiblog.