November 29, 2022

Tahun 2022 memang milik Pulau Dewata. Sejumlah perhelatan internasional dilaksanakan di Bali. Salah satunya adalah WCCE (The World Conference on Creative Economy) 2022.  Dari sini, produk ekonomi kreatif Bali di WCCE pastinya juga diperhatikan.

The World Conference on Creative Economy 2022

Produk Ekonomi Kreatif Bali, WCCE 2022
World Conference on Creative Economy 2022

Pandemi covid 19 telah menjadi isu global. Tak hanya Indonesia yang terkena imbasnya, melainkan juga negara – negara lain. Ekonomi menjadi terpuruk mengharuskan semuanya untuk berbenah dan pulih kembali.

Pada 5 – 7 Oktober 2022, WCCE  diselenggarakan di BICC pulau dewata Bali.  Tema menarik yang diangkat tahun ini adalah “Inclusively Creative: A Global Recovery“. Tema ini dipilih karena adanya kesadaran bahwa ekonomi kreatif telah menjadi sektor unggulan. Angka pertumbuhannya signifikan dalam beberapa tahun terakhir. 

Ekonomi kreatif sendiri merupakan bentuk ekonomi kontemporer yang tidak memandang perbedaan gender, tanpa diskriminasi, dan tidak lagi bergantung pada modal besar. Sifat multidimensi ekonomi kreatif sendiri berkaitan langsung dengan tujuan agenda Pembangunan Berkelanjutan. Antara lain dalam segi pendidikan, pertumbuhan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja.

Baca juga: Oleh – oleh khas Bali

Harapannya Konferensi yang merupakan bagian dari side event G20 ini bisa menjadikan ekonomi kreatif tanah air mengglobal. Mampu berkontribusi mencapai program tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Produk Ekonomi Kreatif Bali di WCCE 2022

Baru – baru ini Bali dinobatkan sebagai tempat wisata paling membuat bahagia di dunia. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dirilis Club Mediterranee atau Club Med. Perusahaan Perancis yang bergerak di bidang resor.

Benar adanya. Karena Bali memang terkenal dengan alamnya yang menenangkan serta pilar – pilar pendukung pariwisata yang berkualitas. Hotelnya, cafenya, tokonya, dan lainnya. Semua membuat wisatawan merasa nyaman dan bahagia.

Produk Ekonomi Kreatif Bali, WCCE 2022
Presiden Joko Widodo di World Conference on Creative Economy 2022 Bali

Tak ketinggalan adalah dunia ekonomi kreatif yang menghasilkan produk – produk menarik. Memikat hati wisatawan untuk membeli atau menggunakan jasanya. 

Khusus barang, berikut adalah produk ekonomi kreatif Bali yang menjadi unggulan. Bahkan bisa direkomendasikan untuk jadi buah tangan para peserta acara internasional yang sering diselenggarakan di pulau Dewata ini:

  1. Produk skincare herbal

Bali menjadi 1 dari 3 daerah percontohan untuk wellness tourism. Dua lainnya adalah Yogyakarta dan Solo. Sedangkan keunggulan dari wisata kebugaran di Bali adalah yoga dan banyaknya layanan spa di sini. 

Baca juga: 5 Wellness Trip di Bali 

Beriringan dengan usaha spa, banyak diperjual belikan produk perawatan kulit dari bahan herbal. Bahannya tentu dari lokal Indonesia saja. Di antaranya sabun, masker, essential oil, lulur, scrub, juga aromaterapi. Kesemuanya bisa dibeli dengan mudah di Bali. Beberapa merk produk spa yang bisa digunakan di rumah adalah. pikiran dan jiwa, seperti sabun, masker, dan minyak pijat.

Bali Spa Nature, Bali Alus, dan Bali Tangi adalah beberapa produk ekonomi kreatif Bali yang terkenal. Ketiganya memiliki beragam produk perawatan kulit. Membawanya pulang sebagai buah tangan jadi pilihan tepat.

  1.  Kain Bali

Sama halnya dengan daerah lain, Bali juga memiliki kain khusus yang khas. Kain – kain sebagai hasil budaya Bali yang agung, sering digunakan dalam upacara keagamaan yang sakral. 

Produk Ekonomi Kreatif Bali, WCCE 2022
Alat produksi kain tradisional untuk mencipta produk ekonomi kreatif Bali

Ada beberapa jenis kain tradisional yang jadi kebanggaan masyarakat Bali. Sebutannya adalah kain endek, gringsing, rangrang, poleng, hingga prada. Biasanya kain – kain ini unggul karena ciri khas dan keistimewaan masing – masing sebagai produk budaya sejak dulu kala. Namun, seiring perkembangan zaman, tercipta pembaruan – pembaruan kreatif. Sehingga lebih cocok sesuai trend serta kebutuhan pasar. Tentunya selain dikenakan untuk keperluan ibadah. 

Untuk mendapatkannya pun sekarang lebih mudah. Bisa secara online maupun offline. Bila sedang berkunjung di Bali, lebih asyik bila menyempatkan berburu langsung. Ke toko oleh – oleh maupun di workshop nya. 

Baca juga: Keunikan baju adat Bali 

  1. Lukisan dan pahatan

Bali punya banyak seniman. Salah satu produk mereka adalah lukisan dan seni pahatan. Masing – masing dari mereka memiliki ciri khas masing – masing. Sehingga ada banyak pilihan lukisan atau pahatan  yang bisa dikoleksi. 

Produk Ekonomi Kreatif Bali, WCCE 2022
Produk Lukisan Kreatif

Apalagi setiap seniman memiliki filosofi dalam berkarya. Maka setiap pahatan atau lukisan menjadi istimewa dan siap dibawa pulang untuk memperindah tempat tinggal. Di Bali sendirian, ada desa Mas di kawasan Ubud yang menjadi rumah para ahli ukir kayu di Bali. 

  1. Kerajinan Perak

Bali juga tersohor sebagai penghasil kerajinan perak. Banyak perhiasan yang terbuat dari unsur logam ini. Mulai dari cincin, gelang, kalung, dan lainnya semua dibuat dari perak dengan bentuk yang unik. Bentuk yang khas sesuai budaya Bali.

Ada desa Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Di desa adalah pusat untuk membeli perhiasan perak dengan beragam bentuk dan motif dari para seniman. 

  1. Food truck
Produk ekonomi kreatif Bali
Food truck di World Conference on Creative Economy 2022 Bali

Ikut juga hadir di venue WCCE 2022, beberapa food truck mewakili produk kuliner Bali dengan konsep kekinian. Dengan menyulap kendaraan besar menjadi mini bar, para pegiat bisnis kuliner ini berhasil memberi pengalaman mengesankan bagi konsumen.

Baca juga: Kuliner Tradisional Nusa Penida Bali 

Menyajikan berbagai makanan dan minuman, food truck merepresentasikan industri ekonomi kreatif telah berkembang di masa kini. Seperti yang ditunjukkan oleh komunitas food truck Bali yang beranggotakan beragam tenant kuliner lokal Bali. Produk ekonomi kreatif Bali satu ini turut meramaikan gelaran WCCE 2022 di Bali.

Perkembangan ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar kebangkitan segi finansial bangsa. Terutama di nusantara tercinta. Diselenggarakannya WCCE 2022 di Bali menjadi momentum supaya produk kreatif Indonesia bisa mengglobal. Termasuk di dalamnya adalah beragam hasil karya cipta masyarakat Bali yang menjadi unggulan. Salah satu fungsinya sebagai pendukung pariwisata pulau Dewata pada khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

The post Keren! Inilah 5 Produk Ekonomi Kreatif Bali di WCCE 2022 appeared first on Pigiblog.