November 29, 2022

Festival Bunaken dan 4 event yang masuk Kharisma Event Nusantara merupakan langkah berani pariwisata Indonesia dalam upaya memperbaiki perekonomian Indonesia pasca pandemi khususnya di Sulawesi Utara. Berbagai strategi dilaksanakan oleh pemegang kekuasaan bidang pariwisata ini. Terstruktur, mulai dari dinas di daerah hingga pihak kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satu program unggulannya adalah Kharisma Event Nusantara (KEN), di semua provinsi di Indonesia. Salah satunya adalah Festival Bunaken sebagai bagian dari KEN 2022 Sulawesi Utara.

Kharisma Event Nusantara 2022

Kharisma Event Nusantara atau KEN, adalah langkah kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah serta seluruh stakeholder pariwisata. Tujuannya untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia.

Dengan begitu, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa ikut bangkit dari keterpurukan akibat pandemi yang baru saja usai. Karena KEN 2022 diharapkan mampu memberikan semangat pada pelaku ekonomi kreatif. Supaya mampu selalu menggenggam optimisme dan menggelorakan inovasi. Maka dari itu, ekonomi masyarakat pun bisa lancar bergerak.

Baca Juga : Dapatkan Momen Keren Lewat Paket Wisata Bunaken

KEN 2022 merupakan pagelaran atau event di daerah dengan beberapa tujuan. Seperti promosi destinasi wisata dan ekonomi kreatif di sekitarnya. Juga sebagai upaya pelestarian budaya daerah setempat. Tak hanya itu. Dengan gelaran yang disokong bersama antara pihak pemerintah dan masyarakat, rasa kesatuan ini membuat solidaritas sosial semakin meningkat. KEN memang program yang strategis untuk dilakukan.

Adapun KEN 2022 terdiri dari acara khas daerah berkualitas dari 34 provinsi di Indonesia. Yang telah terpilih oleh pihak kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif.

Pemilihan pagelaran yang termasuk KEN 2022 didasarkan pada 5 aspek utama. Yaitu ide dan potensi, pengembangan ekonomi kreatif, event management, seni pertunjukan dan budaya, serta strategi komunikasi dan media.

Selain itu, ada 3 nilai yang diangkat pada KEN 2022 kali ini. Yaitu Uniqueness, dimana tiap – tiap event KEN 2022 yang terpilih memiliki kekhasan yang menjadi pembeda dari event lainnya. Kedua adalah  Environmentally Friendly, dengan maksud bahwa event yang terpilih adalah yang  ramah lingkungan dalam dekorasi  serta dapat mengedukasi massa untuk menjaga kelestarian lingkungan. Terakhir adalah Local Economic Recovery, yaitu harapan bahwa event KEN 2022 mampu memberikan dampak nyata sebagai roda penggerak ekonomi daerah pelaksana.

Pada tahun kedua ini, Kemenparekraf menerima 319 usulan program dari 34 provinsi. Setelah melalui 2 tahapan kurasi dan presentasi, akhirnya terpilih 110 acara yang masuk KEN 2022. Pada 1 Maret 2022 silam, telah diumumkan ada 10 acara  sebagai top event dan 100 lainnya adalah event yang juga tak boleh ditinggalkan. Termasuk di dalamnya adalah acara budaya di Sulawesi Utara.

KEN 2022 Sulawesi Utara

Dalam pengumuman penjaringannya, terpilihlah 110 acara daerah yang masuk KEN 2022. Lima diantaranya adalah event yang dilaksanakan di provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga : Siap-Siap, Bunaken Akan Punya Dermaga Baru

Kelima acara ini sebenarnya telah rutin dilaksanakan sebagai agenda tahunan di daerah atau kota masing – masing. Namun pandemi membuat beberapa diantaranya harus dihentikan sementara atau tetap berlangsung namun secara hybrid. Meski begitu, masyarakat setempat selalu bersemangat menyambut setiap event yang dilaksanakan. Karena pastinya merasa bangga dengan potensi yang dimiliki daerahnya. Sekaligus penuh harap atas kondisi yang lebih baik dalam segala sektor.

  1. Festival Bunaken
KEN 2022 Sulawesi Utara
Festival Bunaken 2022

Sebagai contoh, Sulawesi Utara sendiri sebelumnya telah terkenal dengan Bunaken dan keindahan alam dasar lautnya. Namun dengan ditetapkannya Festival Bunaken sebagai bagian dari KEN 2022 Sulawesi Utara maka peluang untuk semakin terkenal ada di depan mata.

Sebab gelaran festival ini seolah memberi kesempatan penduduk Bunaken untuk mempertontonkan kelebihan daerahnya. Dengan makin terkenal, kunjungan pariwisata akan meningkat. Dengan bertambahnya pengunjung di Bunaken, roda perekonomian makin cepat berputar.

Festival Bunaken tahun ini diselenggarakan pada 2 – 4 November 2022. Ada agenda mulia di dalamnya yang bertujuan menyelamatkan lingkungan bahari. Yaitu bersih laut, penanaman koral dan mangrove, dan pelepasan tukik. Diselingi dengan penampilan seni budaya khas daerah, acara ini digadang – gadang akan menjadi magnet bagi kedatangan wisatawan yang lebih banyak.

Baca juga: Paket Wisata ke Bunaken yang Keren  

  1. Festival Danau Tondano
KEN 2022 Sulawesi Utara

Danau Tondano adalah destinasi wisata yang terkenal dari kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. Keberadaannya kemudian memutar roda ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. Baik itu dengan jalan membuka lapangan pekerjaan di dunia pariwisata maupun terciptanya peluang bisnis di sekitar danau Tondano.

Atas dasar ini pula, festival danau Tondano dilaksanakan lagi tahun ini tepatnya pada 3-5 November 2022. Selain sebagai promosi objek wisata, juga menjadi ajang publikasi produk – produk UMKM di sekitar danau Tondano. Menunjukkan bagaimana Festival ini bisa berdampak bagi kehidupan masyarakat sekitar tempat pelaksanaan. Yaitu danau Tondano Minahasa Sulawesi Utara.

Baca Juga : ni Dia, Paket Wisata Sekaligus Menginap di Pulo Cinta, Maldives-nya Indonesia

  1. Likupang Tourism Festival
KEN 2022 Sulawesi Utara
Likupang Tourism Festival

Likupang adalah salah satu bagian dari kabupaten Minahasa Utara di Sulawesi Utara. Dengan mengusung tema “Minahasa Utara Herbal”, acara ini menonjolkan kearifan budaya lokal yang berbasis bahari. Di dalamnya terdapat bermacam agenda. Seperti aneka lomba, atraksi dan pertunjukan seni budaya, pameran, konser musik, seminar pariwisata, hingga kegiatan penanaman karang dan mangrove.

 Acara yang digelar pada 29 sampai 31 Juli 2022 ini sukses menggapai tujuannya. Yaitu mempromosikan potensi pariwisata Likupang dengan mengenalkan kearifan budaya lokal di Minahasa Utara. Termasuk di dalamnya adalah untuk meningkatkan ekonomi lokal dan mengenalkan produk berbasis alam serta budaya di Likupang. Hingga akhirnya Likupang Tourism Festival mampu meningkatkan perekonomian serta jumlah lapangan pekerjaan di sektor pariwisata.

Mencari penginapan selama Likupang Tourism Festival, berikut daftar hotel di Likupang

  1.  Tomohon International Flower Festival
KEN 2022 Sulawesi Utara
Tomohon International Flower Festival

Sebagai kota yang menghasilkan banyak bunga, Tomohon kembali menghadirkan acara ini. Pada tanggal 8 sampai 12 Agustus 2022 Tomohon International Festival menampilkan kotanya sebagai destinasi wisata dunia, sentra industri florikultura di wilayah Indonesia Timur, dan sebagai kota penyelenggara event bertema bunga dengan skala internasional.

Daya tarik event ini terbukti hingga ke mancanegara. Buktinya adalah dengan keikut sertaan beberapa delegasi negara lain dalam parade bunga.

Bukti bahwa Tomohon adalah kota bunga, berikut daftar Wisata Taman Bunga di Tomohon

  1. Festival Pesona Selat Lembeh
KEN 2022 Sulawesi Utara
Festival Pesona Selat Lembeh

Berlangsung selama tanggal 6 – 10 Oktober 2022, festival tahunan ni telah diadakan untuk kali kelima. Dengan dilaksanakannya event ini, tujuan utama sebagai promosi kota Bitung bisa tercapai.

Bitung memang memiliki beragam potensi yang bisa dieksplorasi untuk kepentingan bersama. Dengan berpusat pada dunia pariwisata, acara ini menghadirkan beragam atraksi menarik. Mulai dari pameran, pemecahan rekor Muri, aneka lomba, hingga penampilan atraksi budaya dan musik. Masyarakat nampak tumpah ruah menghadiri festival pesona selat Lembeh ini.

Baca juga: 8 Alasan Harus menghadiri Festival Pesona Selat Lembeh 2022

Berhasilnya lima acara termasuk Festival Bunaken sebagai bagian dari KEN 2022 Sulawesi Utara, memberikan banyak harapan. Dengan kolaborasi bersama pusat melalui wadah KEN, pelaksanaan event – event di atas diharapkan mampu lebih maksimal meraih tujuannya. Yaitu mempromosikan dunia pariwisata hingga berdampak pada peningkatan perekonomian di Indonesia terutama di daerah – daerah.

The post Epik, 5 Event yang Masuk KEN 2022 Sulawesi Utara! appeared first on Pigiblog.