December 5, 2022

Memiliki pemandangan alam yang berbeda dari daerah lain, Solok layak dikunjungi. Merupakan bagian dari provinsi Sumatera Barat yang mempunyai posisi strategis, Solok juga memiliki berbagai destinasi wisata. Daerah yang terkenal dengan berasnya ini memang terdiri dari dataran rendah sampai sampai puncak. Sehingga ada berbagai macam Wisata Hits di Solok 2022 berdasarkan kondisi alamnya. 

Namun bukan hanya wisata alam, Solok juga memiliki beberapa wisata budaya. Dimana Kawanjo mendapatkan kesempatan untuk menggali kearifan lokal penduduk Solok. Maka, pulang dari Solok, akan mendapat pengalaman berwisata yang tak terlupakan.

Tak perlu lama – lama, berikut ini adalah rekomendasi wisata hits di Solok 2022 yang bisa jadi referensi kamu.

Wisata di Solok yang lagi Hits, Sumatera Barat

Wisata Hits di Solok 2022
Wisata Hits di Solok 2022

1.      Kebun Teh Alahan Panjang

Ingin mencuci mata dengan panorama hijau yang terbentang luas? Kebun teh ini bisa jadi destinasi wisata paling tepat. Berada di ketinggian tanah yang mencapai 1400—1600 mdpl, udara di daerah ini sangat sejuk dan menyegarkan. Tempat ini juga bisa menjadi spot foto menarik yang instagenic karena keindahan alamnya yang menarik.

Baca juga : 5 Wisata Kebun Teh di Jawa Barat!

Tidak sekedar menikmati estetika panorama alam dan kesejukan udaranya, Kawanjo pun juga bisa mencoba masakan lokal. Karena di lokasi wisata ini juga banyak warung yang dikelola oleh rakyat setempat. Seperti kolak kundunua, sate khas Solok. Pastinya tak ketinggalan  adalah teh segar yang baru dipetik langsung dari kebunnya.

Untuk bisa berwisata ke sini, silakan datang ke alamat Alahan Panjang, Kec. Lembah Gumanti, Kab. Solok, Sumatera Barat.

  1. Puncak Bukit Cambai
Wisata Hits di Solok 2022, Wisata di Solok yang lagi Hits Puncak Bukit Cambai
Wisata hits di Solok, Puncak Bukit Cambai

Bagi penggemar hiking , obyek wisata satu ini wajib dicoba. Sebab  untuk sampai ke puncak, Kawanjo bisa menjajal trek  sejauh 500 meter. Namun bagi yang enggan berjalan, tak perlu risau. Sebab  ada ojek sepeda yang siap mengantar sampai lokadi puncak.

Baca juga : Trekking Gunung di Indonesia terbaru

Puncak Bukit Cambai berada di kecamatan Nagari Simpang Tanjung Nan IV, Kecamatan Danau Kembar. Lelahnya perjalanan untuk sampai ke sini, akan terbayar dengan keindahan alam yabg terbentang. Kawanjo akan menyaksikan dari ketinggian, keindahan 4 danau di sekitar bukit.  Yaitu danau Singkarak, danau Atas, danau Bawah, dan danau Talang. Keelokan 4 gunung juga bisa di juga dinikmati dari sini, yakni Gunung Singgalang, Talang, Merapi, dan Gunung Kerinci

  1. Puncak Gobah
Wisata Hits di Solok 2022, Wisata di Solok yang lagi viral Puncak Gobah
Wisata hits di Solok yang lagi viral Puncak Gobah

Bila ingin menikmati pesona danau Singkarak, di puncak Gobah lah tempatnya! Sebab Kawanjo akan melihat danau terluas kedua di Sumatera Barat dengan jelas dari ketinggian.

Di puncak Gobah telah disediakan berbagai spot selfie menarik dengan keindahan panorama yang ada. Ornamen yang dipasang sungguh unik dan kekinian. Seperti rumah pohon, kapal, tanda love, papan bertulisan ‘I miss you’, serta papan berbentuk pintu juga bulan.

Baca juga : Pigijo mengajak kamu untuk mengunjungi berbagai pantai indah

Puas foto – foto, Kawanjo bisa bersantai sambil menikmati hamparan sawah nan hijau. Berpadu dengan birunya danau Singkarak dan permukiman penduduk. Lebih istimewa bila berada di sini saat golden hours yaitu di kala matahari terbit dan terbenam.

Bila Kawanjo tertarik dengan kegiatan yang memacu adrenalin, di Puncak Gobah terdapat fasilitas berupa paralayang yang dapat disewa. Maka rasakan belaian angin ketika menikmati pemandangan sebagian daerah kota Solok dari ketinggian.

4.      Danau Kembar

Wisata Hits di Solok 2022, daftar Wisata di Solok yang lagi Hits Danau Diateh
Daftar wisata hits di Solok, Danau Diateh

Danau juga punya kembaran, loh. Danau Diateh atau danau Diatas salah satunya. Memiliki saudara kembar bernama Danau Dibawah.  Danau Kembar ini merupakan dua danau alami yang hanya terpisahkan oleh bukit dan berjarak sekitar 2 km.  Danau Diateh berada di ketinggian sekitar 1531 mdpl sedangkan danau Dibawah di ketinggian 1462 mdpl.

Baca juga : Wisata Sumatera terbaru

Jika Kawanjo ingin menikmati suasana tenang dan dekat dengan alam, maka danau ini bisa jadi tujuan utama. Letak keduanya di tengah hamparan perkebunan buah dan sayur mayur. Berada di kawasan bukit Barisan, hawa di sini sangatlah sejuk. Pas sekali bila Kawanjo berkemah untuk tinggal lebih dekat di area Danau Kembar.

Itulah rekomendasi wisata hits di Solok 2022. Keanekaragaman bentang alam kota ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi di Sumatera Barat. Baik oleh wisatawan lokal maupun dari internasional.

The post Daftar Wisata Hits di Solok 2022, Ada yang Punya Kembaran appeared first on Pigiblog.