November 29, 2022

Wisata bareng keluarga memang seru tiada tara. Semua bahagia, bergembira bersama – sama. Supaya tidak ada yang kecewa, tempat tujuan wisata harus dipilih dengan bijaksana. Misalnya adalah menjatuhkan keputusan pergi ramai – ramai ke Saloka Theme Park Semarang.

Destinasi rekreasi yang baru di kota lumpia Semarang ini sedang hangat diperbincangkan. Karena ternyata Saloka Theme Park Semarang berhasil komitmen dengan slogannya,  ‘Ceria Tiada Habisnya!’ Berbagai wahana memberikan keasyikan bagi pengunjung dari segala usia dan kondisi. Dengan area seluas 12 hektar, Saloka Theme Park menjadi taman wisata bertema yang pertama dan terbesar di Jawa Tengah. Wow!

Sejarah Saloka Theme Park Semarang

Sejarah Saloka Theme Park Semarang
Sejarah Saloka Theme Park Semarang

Obyek wisata kebanggaan masyarakat Semarang dan sekitarnya ini memang unik. Mengusung kearifan lokal, desain bangunannya memberi kesan tersendiri. Sebuah kastil yang didominasi warna merah bergaya klasik. Dilengkapi dengan sulur tumbuhan berwarna hijau. Tak lupa ada patung maskot berupa naga lucu berbadan hijau yang diberi nama Loka.

Baca juga : Telomoyo Nature Park, gunung api di Semarang dan Magelang

Ternyata nama taman wisata ini terinspirasi dari legenda Rawa Pening. Nama sebuah daerah di dekat lokasi Saloka Theme Park. Alkisah, seorang wanita bernama  nyi Endang Sawitri. Beliau merupakan anak dari Ki Sela Gondang yang bijaksana, kepala desa Ngasem, Ambarawa, Semarang. Singkat cerita, nyi Endang Sawitri terkena kutukan dan harus melahirkan seorang anak berwujud ular naga.

Anak itu diberi nama Baro Klinting. Supaya bisa berubah wujud menjadi manusia, dia harus menemui sang ayah, yaitu suami dari nyi Endang Sawitri, yang bernama Ki Hajar Salokantara. Ki Hajar Salokantara waktu itu sedang bertapa di gunung Telomoyo. Untuk menemui ayahnya, Baro Klinting harus melilitkan badan hingga ke puncak gunung Kendil.

Hingga akhirnya, selesai bertapa Baro Klinting bisa berubah wujud menjadi manusia. Dia berjalan dan sampai di desa Pathok dekat gunung untuk mencari makan. Namun karena penampakannya yang lusuh dan penuh luka, tidak ada yang menghargai dan berkenan menolongnya. Hanya seorang janda bernama nyai Latung yang mau memberinya makan.

Kemudian Baro Klinting menantang para penduduk desa. Dia menancapkan sebuah lidi dan meminta pada mereka untuk mencabut. Ternyata tak ada satupun penduduk yang bisa, bahkan yang berbadan besar sekalipun. Maka, Baro Klinting pun menunjukkan kekuatannya. Lidi itu dicabutnya dengan mudah. Penduduk pun kagum.

Baca juga : 5 Geopark Indonesia yang Diakui UNESCO

Namun tak berselang lama, semua orang ketakutan. Saat lidi tercabut, berbarengan dengan itu, keluarlah air yang deras seperti air bah. Penduduk pun jadi takut dan memukul kentongan tanda bahaya. Nyai Latung yang mendengar bunyi kentongan segera naik lesung. Air bah itu terus keluar hingga menenggelamkan area desa Pathok. Air yang sangat bening kemudian menggenang, membuat nyai Latung memberi nama daerah itu dengan Rawa Pening.

Nah, Saloka Theme Park diambil dari nama Ki Hajar Salokantara, ayah Baro Klinting. Beliau adalah guru dari sebuah padepokan untuk olah batin dan kanuragan.

Keunggulan Saloka Theme Park Semarang

Saloka Theme Park Semarang 1
Keunggulan Saloka Theme Park Semarang

Berdiri sejak tahun 2019, Saloka Theme Park terus digemari masyarakat. Tidak aneh memang. Sebab destinasi wisata ini memiliki banyak nilai lebih. Sehingga pantas untuk dijadikan pilihan berlibur bersama keluarga.

Yuk, simak apa saja keunggulan Saloka Theme Park supaya bisa menjadi keputusan tepat bila berlibur ke sini:

  1. Aman dan terpercaya

Saloka dibangun oleh tenaga ahli berpengalaman dan berlisensi internasional. Dengan menggunakan peralatan modern. Sehingga kualitas dan keamanannya terjamin.

Baca juga : open Trip Pulau Rote ala Pigijo

Saloka Theme Park juga telah terdaftar sebagai anggota International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA). Dengan bergabung di organisasi internasional taman hiburan dan atraksi ini, sangat menguntungkan bagi pengelola dan pengunjung. Sebab Saloka Theme Park dapat mengikuti perkembangan standar taman hiburan tematik dari seluruh dunia. Mulai dari aspek pelayanan, keamanan, hingga inovasi teknologi untuk wahana permainan.

  1. Mengusung Kearifan Lokal

Disamping namanya yang terinspirasi dari legenda masyarakat lokal, Saloka Theme Park benar – benar mengangkat potensi daerahnya. Seperti desain bangunan yang bergaya klasik kontemporer serta penamaan zona wahana. Nama zona tersebut menggunakan bahasa Jawa, yaitu Pesisir, Balalantara, Kamayayi, Ararya, dan Segara Prada.

Selain itu, ada juga pertunjukan yang ditampilkan di salah satu zona. Judulnya Baro Klinthing Show . Sebuah pertunjukan yang mengadaptasi cerita rakyat tentang Baru Klinthing.  Sekali show memadukan teknologi modern, musik, animasi 3D, laser, dan air mancur menari. Bahkan pertunjukan ini mendapatkan penghargaan dari LEPRID (Lembaga Prestasi Indonesia Dunia), sebagai pertunjukan spektakuler di Indonesia yang mengangkat legenda rakyat dengan menggunakan teknologi multimedia dan water fountain.

  1. Wahana segala usia

Beragam wahana permainan ada di Saloka Theme Park. Kesemuanya sudah teruji aman dan sesuai dengan kondisi masyarakat. Tentunya dengan syarat – syarat yang disampaikan secara tertulis di depan wahana.

Baca juga : Mesastila 100 itu Lari Lintas 5 Gunung yang Ngeri-ngeri Sedap

Sehingga mulai dari anak – anak hingga lansia bisa memilih wahana sesuai keinginan dan kondisi tubuhnya. Keseruan dan keceriaan akan tercipta ketika menaiki permainan seperti pakubumi, Bengak-bengok, Bianglala, dancing water, dan sepeda terbang.

  1. Ramah difabel

Wisata inklusi sedang digaungkan pemerintah. Tujuannya mulia, untuk memberikan kesempatan kepada seluruh wisatawan dengan segala kondisi. Termasuk para difabel.

Saloka Theme Park tak mau ketinggalan dalam memberi layanan pada teman – teman dengan kebutuhan khusus. Ada persewaan kursi roda dan fasilitas khusus untuk difabel seperti toilet.

  1. Fasilitas lengkap

Di dalam sini terdapat beberapa fasilitas penunjang yang siap membantu pengunjung selama berwisata di Saloka Theme Park Semarang. Berupa Musholla, ATM Center, toilet, loker, ruang laktasi, Klinik Kesehatan, loket informasi, area merokok, dan halte bis.

Baca juga : PIGIJO merupakan Marketplace Pariwisata

Terdapat pula tempat belanja merchandise atau oleh – oleh khas Saloka. Salah satunya adalah boneka maskot Saloka Theme Park.

  1. Wisata kuliner

Dengan desain menarik, tempat kuliner di dalam Saloka Theme Park siap menebus rasa lapar pengunjung. Ada beragam cafe bertema yang memiliki ragam sajian Barat seperti popcorn, burger, steak, dan hot dog. Ada juga menu khas Negeri Sakura, seperti udon dan katsu.

Wahana Saloka Theme Park Semarang

Wahana Saloka Theme Park Semarang
Wahana Saloka Theme Park Semarang

Yang utama dari daya tarik Saloka Theme Park adalah wahana. Ada banyak wahana yang bisa dicoba. Uniknya, wahana atau permainan ini dikelompokkan dalam zona – zona yang diberi nama klasik. Berikut adalah zona dan wahana di dalamnya:

  1. Pesisir

Begitu masuk Saloka, zona ini akan menyambut pengunjung. Layaknya di pinggir pantai, zona pesisir memiliki dekorasi, interior hingga bentuk bangunan yang menarik. Di sana ada bianglala yang bernama Cakrawala. Tingginya 33 meter dengan 22 gondola. Dari atas, akan terlihat pemandangan Rawa Pening dan deretan sawah dan beberapa gunung di Jawa Tengah.

Baca juga : Wisata Offroad Karanganyar Jawa tengah

Di zona pesisir ada pula arena Jejogedan yang menampilkan air mancur menari dengan latar belakan kapal Jenju. Berpadu dengan sinar lampu warna-warni, laser, serta musik weekend dan hari libur. Selanjutnya juga ada Lumbung Ilmu Galileo, tempat bermain sains dengan menyenangkan.

  1. Zona Segara Pradya

Memasuki zona ini harus siap basah-bahasan. Ada wahana bernama Gonjang Ganjing yang bisa dicoba bersama keluarga. Naik kano yang berputar untuk melewati jeram sepanjang 360 meter dengan pemandangan area industri pertambangan. Kano juga akan  melewati sebuah terowongan bernama Zulu.

  1. Zona Ararya

Zona ini mampu memacu adrenalin.  Memiliki permainan atau wahana yang cocok untuk penyuka tantangan dan sensasi ekstrem selama berwisata.

Seperti wahana Bengkak bengok. Sebuah permainan berbentuk lingkaran yang  melaju maju – mundur dan berputar perlahan-lahan di atas rel setengah lingkaran. Semakin lama lajunya akan semakin miring, hingga 90 derajat. Wahana Bengkak bengok bisa membuat siapapun yang naik, berteriak – teriak (dalam bahasa Jawa disebut bengkak bengok) sepuasnya. Ada juga wahana paku bumi dan obat abit.

  1.  Zona Balalantara

Dengan tema hutan belantara, zona Balalantara menyajikan berbagai wahana dan atraksi yang pas buat dinikmati bersama keluarga. Seolah sedang bertualang di hutan, pengunjung akan senang mengenal beragam macam burung, unggas, kelinci, kura-kura. Ada juga jalak bali, burung belibis, burung macaw, bebek mandarin, merak biru, hingga ayam golden pheasant.

Baca juga : Wisata di Desa Wisata Kandri Semarang

Selain itu ada juga kereta yang mengajak berkeliling di antara taman bunga dan rumah jamur selama 5 menit. Lalu ada pula rumah hantu, dimana pengunjung menjelajah sebuah ruangan sambil mengikuti cerita istana peri yang diserang oleh buto dan peri jahat. Atau bisa juga menaiki ‘Kumbang Layang’ untjk melihat bentangan zona Pesisir, Balalantara, serta beberapa gunung Jawa Tengah.

  1. Zona Kamayayi

Zona ini pas untuk anak-anak bermain dan belajar dengan gembira. Ada banyak food truck dan kedai es krim yang nikmat juga di sini.

Selain itu ada playground, wahana permainan semprat – semprot, komisi kuda laut, dan ada Tata-Titi. Yaitu wahana permainan mobil – mobilan yang mengajak anak – anak mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya.

Lokasi Saloka Theme Park Semarang
Keunggulan Saloka Theme Park Semarang 1
Lokasi Saloka Theme Park Semarang

Pasti sudah ingin segera mengunjungi Saloka Theme Park, kan? Yuk langsung saja meluncur ke Jl. Fatmawati No.154, Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 50773.  Berjarak 40 km dari Salatiga atau 60 km dari Solo dan berkendara 45 menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Tiket masuk Saloka Theme Park Semarang
Tiket masuk Saloka Theme Park Semarang
Tiket masuk Saloka Theme Park Semarang

Harga tiket Saloka Theme Park Semarang terbagi jadi beberapa macam. Bisa dibeli secara langsung di tempat ataupun secara online. Adapun harganya untuk terusan weekdays adalah Rp. 120.000 per orang, sedangkan untuk weekend dan hari libur nasional Rp. 150.000 per orang.

Apabila datang ke Saloka Theme Park dalam rombongan minimal 25 orang, akan mendapat harga lebih murah. Untuk umum saat weekdays seharga Rp. 96.000 sedangkan weekend dan libur nasional Rp. 120.000. Sedangkan bagi pelajar, pada weekdays Rp. 80.000,  weekend dan libur nasional dikenakan tarif  Rp. 100.000.

Baca juga : Liburan ke Semarang enaknya kemana

Jangan lupa perhatikan dengan jam operasional Saloka Theme Park Semarang sebelum berkunjung ya! Yaitu hari Senin sampai Kamis pukul 10.00-18.00 WIB, hari Jumat pukul 12.00-19.00 WIB, sedangkan hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional 10.00-19.00 WIB

Terbukti sudah, berwisata di Saloka Theme Park Semarang memberi keceriaan tiada habisnya! Segera ambil keputusan untuk pergi bersama keluarga atau teman – teman tercinta!

The post Ceria Tiada Habisnya di Saloka Theme Park Semarang appeared first on Pigiblog.