November 29, 2022

Kamu bosan gak sih jalan-jalan ke Bali tapi ke pantai terus? Jangan salah, Bali punya pilihan destinasi wisata lainnya buat kamu yang bosan main ke pantai. Salah satunya trekking Gunung Batur untuk berburu sunrise!

Gunung ini terletak di Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, lengkap buat Kawanjo yang mau pergi ke sana. Gunung yang terletak di ketinggian 1771 meter dari permukaan laut ini merupakan gunung berapi yang masih akitf, tapi untuk saat ini, situasi Gunung Batur masih aman-aman saja. 

Gunung Batur, Bali, Kintamani, Danau Batur
Keindahan Gunung Batur di Bali

Tak hanya fakta-fakta tentang Gunung Batur, terdapat juga legendanya, yaitu diceritakan bahwa Gunung Batur awalnya merupakan puncak Gunung Semeru. Secara singkat, terdapat 4 dewa: Dewa Benawang Nala, Dewa Naga Tatsaka, Dewa Naga Besukih, dan Dewa Ananta Boga yang ditugaskan untuk memindahkan puncak mahameru ke Bali. Kemudian, puncak tersebut dibagi dua dan menjadi Gunung Batur dan Gunung Agung. Hal tersebut dilakukan untuk memaku Pulau Bali yang terombang-ambing di samudera. Menarik sekali kan ceritanya?

Baca juga: Open Trip Gunung Gede via Gunung Putri Jadi Solusi Buat yang Rindu Mendaki

Setelah tahu tentang sejarah Gunung Batur, kira-kira aktivitas apa aja ya yang bisa dilakukan di sana? Nah, aktivitas utama yang bisa kamu lakukan di sana, tidak lain tidak bukan adalah hiking dan trekking Gunung Batur. 

Kalau kamu masih bingung apa bedanya hiking dengan trekking, kita bakal jelasin secara singkat dulu nih perbedaannya. Hiking adalah kegiatan berjalan kaki yang biasanya lebih ringan dengan durasi dan jarak yang lebih singkat dibanding dengan trekking. Biasanya para pemula disarankan untuk melakukan hiking terlebih dahulu sebelum melakukan trekking supaya tidak kaget dengan trek yang dilalui saat trekking.

Trekking itu sendiri adalah kegiatan di mana kamu melakukan perjalanan dengan kaki di medan yang lebih sulit dibandingkan hiking, durasi dan jarak yang ditempuh juga lebih panjang dibandingkan dengan hiking. Selain itu, perlengkapan dan persiapan yang dibutuhkan pun harus lebih lengkap dan matang karena jalur yang ditempuh lebih sulit dan terjal. Nah, semoga Kawanjo udah paham ya dengan kedua istilah tersebut sebelum melakukannya.

Baca juga: Pacu Adrenalinmu, Berpetualang ke Gunung Parang via Ferrata

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, di sana kamu bisa mengikuti kedua kegiatan tersebut tergantung dengan opsi mana yang kamu pilih dan kesiapan Kawanjo. Aktivitas trekking Gunung Batur akan seru karena pantauanmu cukup lapang melihat alam sekitaran gunung yang tampak jelas. Sudah dipastikan bahwa udara yang akan hirup juga sangat sejuk dibandingkan dengan udara yang biasa kamu hirup di perkotaan.

Gunung Batur, Danau Batur, Bali, Kintamani
Pemandangan saat trekking Gunung Batur

Tak hanya pemandangan hijaunya pepohonan yang membuat pikiran rileks, Kawanjo juga bisa menikmati pemandangan sunrise ketika sudah sampai di Geopark Gunung Batur loh! Geopark Batur ini adalah geopark pertama di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2012. Pemandangan lainnya yang bisa kamu dapatkan saat mendaki di Gunung Batur adalah keindahan Danau Batur yang dapat terlihat dari puncak gunung.

Danau Batur, Gunung Batur, Kintamani, Bali, Trekking, Hiking
Pemandangan Danau Batur dari puncak.

Salah satu keunikan dari Danau Batur adalah bentuknya yang hampir menyerupai bulan sabit sehingga sering dijadikan spot berfoto oleh para pengunjung. Danau Batur itu sendiri adalah danau yang terbentu dari aktivitas vulkanik yang ditimbulkan Gunung Batur dan terletak di kawah gunung.

Baca juga: Kemah di Ranu Kumbolo, Titik Singgahnya Para Pendaki Semeru!

Menarik banget kan Kawanjo destinasi wisata Gunung Batur ini? Kalau kamu mau mendaki dan mengunjungi destinasi-destinasi wisata di sana, Kawanjo bisa banget untuk cek paket wisata Gunung Batur di Pigijo! Berikut akan kami rincikan itinerary perjalanan ke Gunung Batur supaya kamu gak bingung apa aja yang akan dilakukan di sana. Check this out!

Itinerary 

Di hari keberangkatanmu, Kawanjo akan dijemput oleh pihak Pigijo di beberapa area ini yang menjadi opsi kamu: airport, hotel, villa Nusa Dua, Seminyak, Kuta, Jimbaran, atau Pecatu Area. Setelah itu, kamu akan diantarkan ke start point hiking Gunung Batur bersama tim pendakian. Kamu akan memulai pendakian ketika hari masih gelap loh! Pastinya akan menjadi pengalaman menarik untuk kamu mendaki pada dini hari. Pendakian dimulai saat dini hari supaya Kawanjo bisa melihat pemandangan sunrise tepat ketika sudah sampai di puncak, jadi kita harus tepat waktu nih! 

Gunung Batur, Danau Batur, Sunrise, Trekking, Hiking, Puncak Gunung Batur, Bali, Kintamani
Pemandangan sunrise di puncak Gunung Batur

Sesampainya di Batur Geopark, kamu akan disuguhkan dengan keindahan mentari terbit dari puncak gunung yang pastinya bikin mata termanjakan. Ketika di puncak, kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk hunting foto dengan latar belakang pemandangan yang luar biasa cantiknya. Setelah itu, kamu akan melanjutkan kegiatan dengan melihat pemandangan di Danau Batur yang terletak di dalam kawah lho! Kalau kamu sudah puas melihat-lihat pemandangan di sana, Kawanjo akan diberikan waktu buat coffee break di cafe/restoran yang sudah dipilih. Kemudian, perjalanan selesai dan Kawanjo akan diantar kembali ke titik awal. 

Baca juga: Sudahi Sedihmu, Yuk Ngetrip ke Gunung Prau!

Sekian deh itinerary perjalanan ke Gunung Batur yang ditawarkan Pigijo! Akan tetapi, tak hanya itinerary perjalanan karena kami akan rincikan juga apa aja yang akan kamu dapatkan dari paket ini.

Harga paket trekking Gunung Batur sudah termasuk:

  1. Transportasi full ac + driver
  2. BBM untuk transportasi
  3. Snack
  4. Tiket masuk
  5. Biaya parkir
  6. Biaya tol

Harga paket trekking Gunung Batur tidak termasuk:

  1. Dokumentasi
  2. Biaya terduga
  3. Kebutuhan pribadi
trekking gunung batur

Baca juga: Temukan Perairan Menawan dalam Paket Wisata Derawan Via Berau di Pigijo

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

Penulis: Nadia Salsabila Azzahwa

The post Bosan ke Pantai? Cobain Trekking Gunung Batur! appeared first on Pigiblog.