November 29, 2022

Pantas bila kota Tarakan terkenal dengan wisata kuliner hasil lautnya. Tarakan yang menjadi bagian wilayah Kalimantan Utara ini merupakan daerah kepulauan dengan bentangan laut yang lebih besar daripada daratan. Luas wilayah seluruhnya adalah 657,33. Terdiri dari daratan seluas 250,08 km2 dan lautan 406,53 km2. Maka, banyak rekomendasi makanan khas Tarakan olahan laut yang sedap dan jadi buruan wisatawan. Berikut rekomendasinya.

Nama Tarakan berasal dari 2 kata dalam bahasa Tidung. Yang pertama adalah Tarak bermakna bertemu dan Ngakan berarti makan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Tarakan merupakan tempat para nelayan bersama – sama untuk istirahat dan makan. Dari sejarah ini bisa disimpulkan bahwa Tarakan memang kota dengan hasil laut yang melimpah. Sehingga banyak kuliner khasnya yang terbuat dari ikan dan hewan laut lainnya. 

Baca juga: Festival Iraw Tengkayu 2022 di Tarakan

Makanan Khas Tarakan Olahan Hasil Laut

Sebagai kota yang dikelilingi laut, kuliner seafood menjadi primadona di kota Tarakan. Hal ini menjadi daya tarik sebagai

wisata kuliner yang mampu mendatangkan banyak pengunjung.  Apalagi bila aneka makanan yang mengandung protein hewani dan zat besi ini muncul di acara tahunan, festival Iraw Tengkayu.

Berikut adalah 7 makanan olahan hasil laut khas Tarakan yang lezat rasanya:

  1. Kepiting Kenari
Makanan Khas Tarakan Olahan Laut 1
Kepiting Kenari

Sangat disayangkan bila mengunjungi Tarakan tapi belum mencicipi olahan seafood kepiting kenari.  Ya, sajian kepiting jenis ini memang khas dari kota mangrove ini, yang diambil dari hasil budidaya tambak di wilayah pulau Tarakan.

Sajian dengan berbagai rasa ini sangat nikmat disantap dengan tangan kosong. Tanpa sendok atau garpu. Mulai dari varian rasa  asam manis dan lada hitam serta kepiting goreng kering siap memanjakan lidah para pecinta seafood

Baca juga: Makanan Khas Wakatobi Berbahan Hasil Laut

Kepiting kenari bisa disantap langsung maupun untuk oleh – oleh dengan membeli di rumah makan seafood di Tarakan. Seperti di dekat bandara Juwata Tarakan yang menjual kepiting kenari dengan berbagai rasa dan harga. Mulai dari porsi kecil dengan isi 2 kepiting, harganya Rp. 145.000 hingga porsi besar isi 4 seharga Rp. 290.000.

  1. Kepiting Soka
Kepiting Soka makanan Khas Tarakan Olahan Laut
Kepiting Soka

Selain kepiting jenis kenari, laut Tarakan juga menghasilkan banyak kepiting Soka. Jenis hewan bercapit ini memiliki tempurung lunak. Sehingga bisa dimakan seluruh bagian tubuhnya.

Kepiting Soka biasanya diolah dengan digoreng ataupun ditambah saus. Salah satu gerai seafood di Tarakan menjual 1 kotak berisi 3 kepiting Soka saus wijen dengan harga Rp. 85.000.

  1. Kapah
Kapah Khas Tarakan Olahan Laut
Kapah

Kapah adalah olahan kerang yang biasa dijual di warung – warung sekitar pantai Amal Tarakan. Yang banyak dijual adalah kapah tumis dengan bumbu khas serta kapah rebus dengan sambal nikmat. 

Kapah tumis dimasak dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe, dan jahe. Sedangkan kapah rebus cukup diolah dengan menambahkan garam. Selanjutnya kapah rebus akan disajikan dengan sambal teri terasi atau bisa juga sambal jeruk nipis.

Bila ingin membeli untuk oleh – oleh, kapah segar yang belum diolah juga tersedia di sepanjang pantai.  Harganya sekitar Rp. 40.000 per kilogram.

  1. Temberungun
Makanan khas Tarakan olahan laut
Temberungun

Kota bakau adalah julukan lain dari Bumi Paguntaka atau Tarakan. Karena di sana terdapat populasi pohon bakau dan ada kawasan konservasinya. Ternyata kawasan mangrove atau bakau ini menjadi tempat hidup keong bakau atau temberungun.

Oleh masyarakat Tarakan, keong dengan cangkang keras ini kemudian diolah menjadi beraneka ragam masakan. Mulai dari sate, sambal goreng, hingga botok. Jenis hewan gastropoda ini dipercaya memiliki khasiat sebagai obat asma. Coba saja, sekalian dengan merasakan sensasi kenikmatan olahannya.

  1. Amplang
Amplang Khas Tarakan Olahan Laut
Amplang

Oleh – oleh khas daerah Kalimantan termasuk Tarakan ini sudah terkenal dimana saja. Banyak yang menggemari jenis kerupuk ini. Selain rasa ikannya, amplang jadi favorit karena tekstur renyah namun lembut saat digigit.

Harganya pun beragam dan bisa dibeli di toko oleh – oleh di wilayah Tarakan. 

  1.  Ikan Pepija
oleh olehIkan Pepija Khas Tarakan Olahan Laut
Ikan pepija

Mulanya ikan ini banyak dibuang oleh warga. Sebab bila dimakan meninggalkan rasa gatal. Namun, berkat kreativitas masyarakat, akhirnya ikan ini bisa diolah menjadi kuliner lezat. 

Ikan tipis ini dipotong, dibersihkan, kemudian dijemur.  Selanjutnya ikan yang sudah kering dimasak menjadi dendeng dan diberi rasa beragam. Seperti manis, pedas, dan original. Akhirnya, dulu yang dibuang sekarang kondang dan banyak dicari oleh wisatawan.  

  1. Olahan rumput laut
Olahan rumput laut Khas Tarakan
Dodol Olahan Rumput Laut

Hasil kreativitas selanjutnya dari masyarakat adalah olahan rumput laut. Bila sebelumnya hasil laut Tarakan ini hanya sekedar diolah dengan dioseng, sekarang menjadi beragam produk dengan nilai ekonomis yang lebih tinggi. 

Misalnya nugget, dodol, kecap, saos, bahkan brownies, es krim, selai, dan lainnya. Kesemuanya jadi lebih menarik untuk diburu sebagai buah tangan khas Tarakan. 

Aneka olahan rumput laut ini banyak dijual di pasar Lingkas Tarakan. Termasuk rumput laut murni juga bisa didapat di sini.

Baca juga: Kerupuk Rumput Laut khas Lombok

Tak heran bila Tarakan memiliki beragam kuliner seafood atau hasil laut. Rasa dan ragamnya pun menarik perhatian. Setelah menyantap, perut yang lapar pun terpuaskan. Pantas pula bila aneka makanan khas Tarakan olahan laut ini bisa jadi penyokong wisata kuliner di Tarakan.

Untuk melihat pilihan wisata termasuk kulineran, Pigijo punya banyak rekomendasinya!

The post 7 Rekomendasi Makanan Olahan Laut Khas Tarakan appeared first on Pigiblog.