December 5, 2022

Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta merupakan sebuah saksi bisu atas bencana alam hebat di Kota Pelajar. Menjadikannya sebagai tujuan wisata sama dengan Kawanjo menjelajahi sisa – sisa kepiluan. Namun bagaimanapun, bunker Kaliadem Yogyakarta kini seolah meminta Kawanjo untuk menghadapi kenyataan bahwa ujian itu telah berlalu dan esok hari yang lebih cerah telah menunggu.

Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta di Lereng Merapi

Bunker Kaliadem Yogyakarta di Lereng Merapi
Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta di Lereng Merapi

Daerah lereng Gunung Merapi memang berbahaya. Bila sewaktu – waktu gunung ini meletus, keselamatan warga yang tinggal di sana akan terancam. Untuk itulah keberadaan bunker diharapkan bisa jadi tempat perlindungan bila meletusnya gunung Merapi benar – benar terjadi. Seperti juga keberadaan bunker di daerah Kaliadem yang bersebelahan langsung dengan gunung Merapi. Tepatnya di desa Kinahrejo, Hargoninangun, kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Baca Juga : Bikin Nagih, 6 Wisata Kekinian di Sleman Yogyakarta

Namun, ketika bencana itu datang di tahun 2006, harapan pada bunker itu terbantahkan. Ada dua relawan yang justru meninggal di dalam bunker. Suhu tinggi yang ekstrim tak mampu dibendung oleh bunker.

Maka bunker Kaliadem pun tercampakkan. Ketika terjadi lagi letusan gunung Merapi di tahun 2010, bunker ini sempat terpendam. Sejauh 4 meter, bunker ini tenggelam di bawah lapisan material vulkanik akibat letusan.

Setelahnya, wilayah bunker hanya menyisakan hamparan pasir yang diam. Seolah termenung, sedih merasakan akan apa yang telah terjadi di daerahnya.

Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta

Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta 1
Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta

Bagi para pecinta wisata alam, obyek wisata bunker Kaliadem ini bisa jadi tujuan. Kaliadem yang berada di dalam hutan pinus memiliki ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut dan luas sebesar 25 hektar ini memiliki suasana alam yang sejuk.

Baca Juga : Ada Bakpia Rasa Duren dan Kopi? Yuk lah, Kuy Cobain Langsung di Jogja!

Bunker yang sempat terbengkalai kini sudah berbenah. Seolah memberi aura pentingnya move on meski memang sebelumnya kita dalam kondisi sedang tidak baik – baik saja.

Berikut adalah daya tarik dari wisata Bunker Kaliadem:

  1. Wisata dengan Pemandangan Indah

Karena letaknya yang sangat dekat dengan Merapi, membuat bunker Kaliadem memiliki view yang indah. Dari sana Kawanjo bisa dengan mudah menikmati gagahnya gunung merapi.

Baca Juga : Wow, Sandiaga Uno Juga Lagi Persiapkan Work From Jogja Loh!

Didukung dengan asrinya pohon pinus, berhenti sejenak adalah pilihan tepat. Mengedarkan pandangan untuk melihat lukisan Tuhan di bunker Kaliadem ini. Sembari menyempatkan untuk bernafas lebih dalam, membiarkan udara penuh oksigen bersih memenuhi rongga paru – paru.

  1. Spot Foto Instagenic

Saking indahnya pemandangan di bunker Kaliadem, beberapa jasa foto prewedding menggunakan lokasi sekitar bunker ini. Namun jangan khawatir bila Kawanjo tidak ada keperluan yang berhubungan dengan pernikahan.

Baca Juga : Jogja is The New Bali! 6 Tempat ini Jadi Buktinya

Kawanjo bisa mengeksplorasi keindahan alam sebagai spot foto pribadi. Pulang dari wisata di bunker Kaliadem Yogyakarta, dijamin hasil foto Instagenic siap beredar di dunia media sosial.

  1. Jeep Tour

Lokasi bunker Kaliadem bisa dicapai setelah menempuh sejam perjalanan dari Yogyakarta. Sedangkan untuk mencapai area bunker, Kawanjo bisa menyewa Jeep atau mobil off-road. Bisa juga dengan menyewa motor trail atau naik ojek. Adrenalin akan naik saat mengarungi medan yang menantang. Yaitu akses jalan sempit yang berbatu dan berpasir.

  1. Jelajah Bunker

Bunker Kaliadem sebenarnya sudah ada sejak era kolonialisme Belanda. Dibangun dari beton setebal 25 cm. Di depan pintu yang terbuat dari baja,  ada sebuah prasasti yang mengisahkan riwayat bunker tersebut.

Baca Juga : Kuliner Sehat Legendaris Yogyakarta, Tak Hanya Lezat Namun juga Bermanfaat 

Kawanjo bisa masuk dan melihat – lihat ruangan dalam bunker. Kedalaman bunker Kaliadem sekitar 3 meter dengan luas ruangan 12 x 8 meter. Di dalam ruangan masih terdapat sisa-sisa material Merapi. Seperti lapisan batu serta pasir vulkanis.

  1. Fenomena malam

Wisata bunker Kaliadem Yogyakarta buka 24 jam. Bila Kawanjo ingin menyempatkan diri berkunjung ke sini pada malam hari, sensasi berbeda akan terasa. Kawanjo bisa melihat fenomena menakjubkan lelehan lava pijar berwarna jingga kemerahan yang menuruni kubah gunung.

Baca Juga : Aktivitas di Desa Wisata Potrobayan Bantul, Mulai dari Piknik hingga Melihat Prasasti  

  1. Merenungi kehidupan

Sekali lagi,Bunker Kaliadem merupakan saksi bisu betapa dahsyatnya bencana letusan gunung Merapi. Bahkan ditetapkannya bunker ini sebagai objek wisata karena memang memiliki jejak erupsi gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010.

Dengan berada di sana, Kawanjo akan meresapi makna kehidupan. Bahwa kehendak Tuhan adalah segalanya. Bencana adalah salah satu hal yang tak bisa ditolak manusia. Kapan dan dimana datangnya, serta seberapa beratnya dia datang, hanya Tuhan yang Maha kuasa.

Saat kengerian telah terjadi, wajar saja bila memang kesedihan itu muncul. Namun akan lebih bijak bila segera menyudahi kesedihan dan meneruskan perjalanan kehidupan. Harapan tak boleh padam seiring detak jantung masih terdengar.

Harga Tiket Wisata Bunker Kaliadem

Harga Tiket Wisata Bunker Kaliadem
Harga Tiket Wisata Bunker Kaliadem

Bila Kawanjo ingin berkunjung ke Bunker Kaliadem, cukup  mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000 sampai Rp. 10.000 per orang. Ditambah dengan harga sewa Jeep atau motor trail bila Kawanjo menghendaki.

Baca Juga : Por Aqui Stay & Dine: Hotel Baru ala Meksiko di Jogja yang Instagramable Banget!

Bila memilih untuk wisata bunker Kaliadem Yogyakarta, Kawanjo akan memperoleh banyak pengalaman menarik. Mulai dari menikmati Merapi dari dekat, naik mobil off-road, hingga memaknai arti kehidupan. Paket lengkap berlibur di sebuah tempat yang memiliki cerita memilukan tentang masa lalunya. Sekaran nampak mengesankan dan siap menjelajahi masa depan penuh harapan.

The post 6 Keseruan Wisata Bunker Kaliadem Yogyakarta! appeared first on Pigiblog.