November 29, 2022

Jika mendengar nama kepulauan Seribu, pasti yang ada dalam pikiran kita adalah wisata yang menyenangkan. Banyak destinasi wisata di gugusan pulau – pulau yang bisa dikunjungi di sana. Yang bisa menyegarkan mata dan pikiran. Mulai dari pemandangan pantainya hingga keindahan panorama bawah lautnya. Nah, ada satu nih pulau indah yang memang belum se-terkenal pulau Tidung ataupun pulau Pramuka. Sebutlah pulau Payung Kepulauan Seribu. 

Tapi jangan salah! Meski belum begitu tersohor, pulau Payung memiliki pesona yang tak kalah eloknya. Berwisata di sana sudah menjadi pilihan banyak orang. Sebagai alternatif healing, menepi sejenak dari ramainya kota dan penatnya kesibukan harian.

Info tentang Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pulau Payung diapit oleh dua pulau yang terkenal lebih dulu. Yaitu pulau Tidung dan pulau Pari. Wilayahnya pun masih termasuk dalam daerah administratif pulau Tidung. Acapkali paket wisata ke pulau Tidung memasukkan agenda kunjungan ke pulau Payung juga. 

Pulau Payung terbagi menjadi dua wilayah. Yaitu pulau Payung Besar dan Payung kecil. Meski begitu, hanya pulau Payung Besar yang dihuni oleh masyarakat. Itupun hanya di sepertiga bagian pulau. Sedangkan pulau Payung kecil hanya diperuntukkan bagi wisatawan, dengan villa dan homestay yang mengisi pulau.

Letak pulau Payung berada di dekat pulau Tidung dan pulau Pramuka. Untuk sampai ke sana, cukup dengan menaiki speed boat dari Marina Ancol dan menempuh perjalanan selama 1 jam. Bila berangkat dari Kali Adem, bisa menempuh waktu perjalanan selama 2 jam.

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Bermain di pantai pulau Payung Kepulauan Seribu

Baca juga: Wisata di Pulau Seribu 

Wisata di Pulau Payung 

Penduduk pulau Payung memang tidak sepadat pulau Tidung dan pulau Pari. Sehingga kondisinya tenang dan lebih damai bila berada di sana. Bila Kawanjo menginginkan wisata yang jauh dari keramaian, bisa memilih pulau Payung.

Bisa dibilang, pulau Payung terkena imbas menyenangkan dari kegiatan wisata di dua pulau yang mengapitnya. Sesiapa yang menikmati keindahan pulau Tidung dan Pari bakal merembet untuk sekalian ‘main’ di pulau Payung. Sebab pulau Payung pun memiliki pesona yang pantas untuk dinikmati. 

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Indahnya Pulau Payung Kepulauan Seribu

Pesona Wisata Pulau Payung Kepulauan Seribu

Mengunjungi pulau Payung ternyata membuat Kawanjo juga merasa beruntung. Sebab pesonanya tak kalah dengan pulau di sekitarnya. Berikut adalah pesona pulau Payung kepulauan Seribu:

  1. Pemandangan Bawah Laut

Pulau Payung memiliki titik snorkeling yang menjadi tujuan wisata dari pulau Tidung dan lainnya. Tak heran, karena di dalam laut sekitar pulau Payung menyimpan keindahan bawah laut yang mempesona. Karang, fauna, dan lainnya menjadi harmoni indah yang layak ditengok dengan menyelam di dalamnya.

Pulau Payung Kepulauan Seribu
Menikmati Bawah Laut Pulau Payung
  1. Pusat Persewaan Perahu

Hampir seluruh keluarga yang tinggal di pulau Payung besar memiliki perahu. Mode transportasi laut ini kemudian bisa disewa untuk aktivitas hopping island. Berpindah dari satu pulau ke pulau lain yang berangkat dari pulau Payung.

Baca juga: Wisata di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu

  1. Pantai yang damai

Pulau Payung memiliki penduduk yang lebih sedikit daripada pulau Pari dan Tidung. Dengan ini, aktivitas di pulau Payung sangat minim kecuali wisata. Hal ini menguntungkan bagi yang sedang butuh suasana untuk menyepi. Menepi dari hiruk pikuk kehidupan.

  1. Sunset dan sunrise yang indah
Pulau Payung Kepulauan Seribu
Sunset di pulau Payung Kepulauan Seribu

Sambil berjalan menyusuri pantai, menanti pemandangan saat matahari terbenam adalah hal tepat dilakukan di pulau Payung. Karena pantai di pulau ini menyuguhkan pemandangan senja yang eksotik. Begitupun bila Kawanjo menyempatkan bermalam di sini, akan lebih beruntung saat mendapatkan pemandangan matahari terbit.

  1. Tempat yang cocok untuk camping

Karena termasuk pulau yang tenang, Kawanjo bisa leluasa untuk menggelar tenda di sini dan berkemah. Apalagi masih banyak area yang luas untuk tempat beraktivitas menyatu dengan alam. Lebih asyik lagi, saat malam datang Kawanjo bisa membeli beberapa ekor ikan segar hasil tangkapan nelayan lokal. Kemudian ikan tadi bisa dimasak di alam terbuka. 

  1. Berinteraksi dengan masyarakat setempat

Selain camping, Kawanjo juga bisa menyewa villa atau homestay yang ada di pulau Payung. Uniknya, homestay yang ada adalah rumah – rumah penduduk. Dimana Kawanjo akan tinggal bersama pemilik rumah selama masa menginap. Kawanjo bisa berkomunikasi dengan mereka secara mudah.

Baca juga: Taman Wisata Pantai Pasir Kencana

Beruntung memang bila bisa berwisata ke pulau Payung sekaligus. Petualangan jadi lengkap dengan paket wisata kepulauan Seribu di yang mengikut sertakan pulau Payung sebagai obyek tujuan. Tunggu apalagi? Pesona pulau Seribu menanti kita!

The post 6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu appeared first on Pigiblog.