November 29, 2022

Masyarakat Kabupaten Siak tengah bahagia dan berbangga diri. Salah satu bagian dari daerah mereka, yaitu desa  Dayun dengan Objek Wisata Embung Terpadu Dayun berhasil meraih Juara I kategori Kelembagaan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022. Ya, desa wisata Dayun membuktikan bahwa kerja keras dan kerja cerdas semua pihak telah membuahkan hasil yang manis.

Adapun dalam pengembangan objek wisata embung terpadu, masyarakat dilibatkan sebagai subyek juga obyek. Sehingga selain sebagai pengelola, masyarakat kampung Dayun juga bisa merasakan manfaat embung untuk kehidupan masa kini hingga esok nanti. Dengan kuatnya kolaborasi multipihak antara pemerintah, masyarakat, dan pemilik usaha, embung wisata inipun jadi multifungsi. Selain menghasilkan manfaat untuk lingkungan, sektor ekonomi juga berhasil meroket.

Embung Terpadu Dayun

Wisata Embung Terpadu Dayun
Wisata Embung Terpadu Dayun

Pengelolaan embung yang membawa desa wisata Dayun mendapat penghargaan desa wisata di bidang kelembagaan. Embung ini  memang buatan alias tidak asli hasil fenomena alam. Dengan luas 6.000 m2 dan kedalaman 1-5 sampai 2000 meter, awalnya embung ini merupakan bangunan cekung yang dibuat sebagai penampung air hujan.

Baca Juga : Desa Wisata Dieng Kulon Kabupaten Banjarnegara, Daya Tariknya Pantas Jadi Juara

Kemudian embung digunakan  sebagai sumber mata air untuk menangani ganasnya kebakaran hutan yang memang dahulu sering ada di pulau Sumatera.

Kemudian pada 2019, kebakaran hutan sudah jarang terjadi. Keberadaan embung sempat terbengkalai. Hingga akhirnya terbersit ide untuk mengembangkan kawasan ini menjadi objek wisata. Ide ini kemudian dieksekusi bersama oleh pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat setempat.

Akhirnya kawasan ini pun menjadi salah satu destinasi wisata di Siak. Namun bukan hanya sekedar tempat wisata untuk bersenang – senang,  berkunjung di sini seolah diajak belajar. Karena embung yang baru ini juga akan menunjukkan bukti tentang pentingnya menjaga alam. Salah satunya adalah supaya terhindar dari kebakaran hutan dan lahan.

Nah selain embung terpadu, ternyata potensi desa wisata Dayun juga ada beberapa. Hingga layak kiranya daerah ini mendapat gelar juara dan jadi kebanggaan masyarakat Siak.

Desa Wisata Dayun

Desa Wisata Dayun 1
Desa Wisata Dayun

Dengan embung sebagai starting point development, desa Dayun terus berbenah untuk bisa jadi sebuah desa wisata. Berbagai potensi digali dan dikembangkan secara gotong royong oleh masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha. Sehingga terciptalah sebuah konsep desa wisata.

Baca Juga : Paket Lengkap Mengunjungi Desa Wisata Parikesit Wonosobo

Di desa wisata Dayun, terdapat beragam aktivitas. Tidak melulu wisata alam. Namun juga ada budaya, religi, dan kuliner. Tertarik untuk berkunjung? Inilah beragam aktivitas wisata yang bisa dilakukan bila berkunjung di desa wisata Dayun yang berprestasi. Diantaranya:

  1. Membuktikan keindahan danau Zamrud
keindahan danau Zamrud
keindahan danau Zamrud

Danau Zamrud Merupakan danau rawa gambut terluas kedua di dunia. Bila berkunjung ke desa wisata Dayun tidak boleh meninggalkan spot ini untuk dikunjungi.

Baca Juga : Aktivitas di Desa Wisata Potrobayan Bantul, Mulai dari Piknik hingga Melihat Prasasti

Panoramanya sangat indah dengan air yang biru dan tanaman hijau yang mengelilinginya. Ekosistemnya yang masih terjaga membuat danau ini mampu membuat takjub sesiapa yang melihat.

  1. Menikmati Panorama di Embung Terpadu
Menikmati Panorama di Embung Terpadu
Menikmati Panorama di Embung Terpadu

Lokasinya yang berada di tengah perkebunan sawit hijau membuat pemandangan di sini asri nian. Apalagi ketika menjelang matahari terbenam. Pemandangannya sangat menakjubkan. Segera abadikan dengan kamera supaya bisa jadi kenang – kenangan. 

Baca Juga : Wisata Desa Bumi Mulyo Jati Majapahit, Paket Hemat Rasa Ningrat

Namun, tak masalah bila ingin berada di embung Dayun saat siang. Dengan perkebunan kelapa sawit yang mengapit dan jenis pepohonan lain, membuat udara di sini terasa sangat sejuk. Bersantai hingga siang pergi dan petang datang akan menyenangkan.

  1. Bermain outbound
Bermain outbound di Desa Wisata Dayun
Bermain outbound di Desa Wisata Dayun

Selain bersantai dan berpiknik, desa wisata Dayun juga bisa dijadikan tujuan untuk olah fisik. Terutama yang memacu adrenalin. Ada banyak macam atraksi outbound, wisata air, dan flying fox yang bisa disewa bila berada di desa ini.

Baca Juga : Ragam Keunikan Desa Wisata Penglipuran Bali, Terbukti Nyata Keunggulannya

  1. Berziarah
Berziarah di Desa Wisata Dayun
Berziarah di Desa Wisata Dayun

Wisata religi menjadi salah satu pilihan jenis liburan. Selain bisa menikmati keindahan lokasi, dengan berziarah akan mampu membersihkan hati.

Baca Juga : Berburu Buah Segar di Desa Wisata Kandri

Di desa wisata Dayun pun bisa dijadikan tempat tujuan wisata religi. Yaitu berziarah ke makam Tuk Antan Berdarah Putih atau Khalifah Kholil. Tuk Antan Darah Putih adalah seorang tokoh asli dari kampung Dayun yang dihormati dari dulu hingga sekarang.

  1. Menikmati Pertunjukan Budaya
Menikmati Pertunjukan Budaya di Desa Wisata Dayun
Menikmati Pertunjukan Budaya di Desa Wisata Dayun

Yang menjadi pembeda dibandingkan dengan desa wisata lain adalah Dayun memiliki pertunjukan seni budaya. Ada mural Dayun yang bisa dinikmati dan diresapi maknanya. Adapula atraksi budaya dari kelompok seni setempat. Seperti pertunjukan tari Olang-Olang dan kesenian silat Pangean yang asli dari leluhur Dayun.

Baca Juga : Kritik Pengamat, Asosiasi Desa Kreatif Sepakat Tiket Menuju Candi Borobudur Naik!

Tak hanya menonton, bila ingin berinteraksi atau ikut berlatih tidak masalah. Sama halnya dengan mempelajari alat musik kompang, gambus,dan marwas yang merupakan seni budaya kebanggaan masyarakat Desa Wisata Dayun.

  1. Mengeksplorasi Semangka
Mengeksplorasi Semangka di Desa Wisata Dayun
Mengeksplorasi Semangka di Desa Wisata Dayun

Desa wisata Dayun juga terkenal dengan budidaya semangkanya. Selain sebagai upaya mencegah kebakaran hutan, upaya ini juga mampu mengangkat perekonomian kreatif warga. Semangka telah berhasil diolah menjadi beragam makanan yang bernilai jual tinggi. Keripik semangka, brownies semangka, sirup semangka, dan lainnya bisa dibeli di sini sebagai buah tangan.

Baca Juga : Pertunjukan Magis dan Menegangkan ini Ternyata Dipertunjukkan di Desa Waluran

Bahkan, kreatifnya lagi, masyarakat desa wisata Dayun mampu membuat batik dengan motif yang terinspirasi dari tanaman semangka. Baik buah maupun daunnya. 

Rute Desa Wisata Dayun

Rute Desa Wisata Dayun
Rute Desa Wisata Dayun

Bila ingin mengunjungi desa wisata ini, datang saja ke desa Dayun di kecamatan Dayun kabupaten Siak Provinsi Riau. Dengan jalur darat, akan menempuh sekitar dua jam perjalanan dari pusat ibukota provinsi riau dan sekitar 20 km dari ibukota kabupaten Siak.
Baca Juga : 5 Jajanan Pasar Wajib Kawanjo Coba Khas Desa Wisata Waluran

Untuk membuktikan sebab desa wisata Dayun mampu menyabet juara, Kawanjo harus segera datang ke sini. Maka akan dapat terbukti dengan adanya pemandangan indah serta masyarakat yang ramah. Memang embung terpadu lah yang memberikan nilai lebih di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Namun jangan sampai lupa mencicipi aneka olahan semangka setelah mengedarkan pandangan dan menonton sajian kebudayaan!

The post 6 Aktivitas Seru di Desa Wisata Dayun dan Cicipi Brownies Semangka appeared first on Pigiblog.