November 29, 2022

Ingin petualangan yang tak biasa? Wisata pantai Tobelo Halmahera Utara bisa jadi jawaban. Kabupaten Halmahera Utara, provinsi Maluku Utara merupakan daerah yang berada di belahan timur Indonesia. Kota yang terkenal dengan rumah adat Hibualamo ini memiliki ibu kota di Kecamatan Tobelo dan memiliki beragam pesona untuk dikunjungi.

Potensi wisata pantai Tobelo Halmahera Utara begitu besar, mampu menjadi magnet wisatawan sebagaimana tujuan wisata lainnya di Indonesia. Banyak pantai di Halmahera Utara (Halut) yang berpasir putih dengan gradasi warna laut yang menawan.

Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara
Wisata Tobelo Halmahera Utara.

Mengunjungi wisata – wisata ini akan membuat Kawanjo terpana dan betah berlama – lama!

Baca Juga : Wisata Kepulauan Kei dan Festival Pesona Meti Kei 2022

Rekomendasi Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara

Selain pantai, Tobelo juga memiliki pilihan nge-trip di beberapa pulau dan taman laut yang indah. Lengkap dengan beragam biota laut. 

Di bawah ini adalah tempat wisata di Tobelo Halmahera Utara yang siap membuat Kawanjo terpesona:

  1. Pantai Luari
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara
Tempat Wisata di Tobelo Pantai Luari

Pantai ini mempunyai teluk yang memikat dan instagramable. Pasir hitam nan bersih berpadu dengan air lautnya yang bening, begitu memanjakan mata wisatawan yang mampir. Tidak hanya itu, airnya yang juga tenang, membuat ingin segera menceburkan diri dan berenang. 

Untuk berlama – lama di sini, Kawanjo bisa melakukan banyak hal.  Seperti snorkeling, berperahu, serta menikmati sunrise dan sunset yang indah. Cara sampai di pantai Luari Kawanjo bisa naik angkutan umum jurusan Tobelo Galela. Dengan alamat lengkapnya di Jl Tobelo Galela, Jalan Desa Pantai Wisata, Luari, Kec. Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Baca Juga : Wisata Bahari di Kawasan Timur, Menyelam Bersama Hiu Berjalan

  1. Pantai Pasir Panjang
Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara Pantai Pasir Panjang, Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara
Tempat Wisata di Tobelo Halmahera Utara Pantai Pasir Panjang

Pantai ini punya kelebihan tersendiri untuk dijadikan tujuan liburan. Pasir putih yang indah mampu menggoda tiap mata yang singgah kepadanya. 

Dinamakan Pasir Panjang, ternyata tidak salah. Sebab panjang pantai berpasir putih ini mencapai sekitar 1 km. Pada malam hari objek wisata ini akan lebih ramai pengunjung. 

Lokasi pantai ini terletak di Desa Ruko, Kec. Tobelo Utara. Transportasi umum dari Kota Tobelo,  bisa mengantar Kawanjo untuk sampai di pantai ini.

  1. Pulau Meti
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara, Tempat Wisata di Tobelo Pulau Meti
Tempat Wisata di Tobelo Pulau Meti

Berada di bagian Timur Kota Tobelo, Pulau Meti mempunyai bentangan alam yang mempesona. Letaknya yang berada tepat di depan bibir pantai desa Mawea, Tobelo Timur, Halmahera Utara seolah menjadi lukisan alam nan rupawan yang menampakkan diri di pesisir utara Maluku Utara.

Pantainya cantik nian dengan hiasan terumbu karang yang masih alami dan terjaga. Ternyata, siapa sangka, jika pada saat Perang dunia II, pulau ini sempat digunakan pasukan Jepang untuk membangun kekuatan militer melawan sekutu.

Di pulau Meti Kawanjo akan melihat beragam artefak peninggalan Jepang. Lebih menakjubkan dan bikin melongo adalah ketika Kawanjo menyelam di sekitar pulau, maka akan terlihat pesawat tempur yang terkubur di dasar laut.

Baca Juga : Wisata Morotai 2022, Satu Lagi Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

  1. Pantai Pitu
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara, Pantai Pitu
Tempat Wisata di Tobelo Pantai Pitu

Dengan panjang garis pantai sekitar 530 meter, pantai Pitu memiliki dasar laut yang dangkal. Di saat air laut surut, maka lebar pantai bisa mencapai sekitar 50-an meter.

Kawanjo bisa memanfaatkan pantai ini untuk berolahraga pantai, seperti bermain sepakbola atau volly. 

Di depan Pantai Pitu juga terdapat beberapa pulau-pulau kecil yang bisa  dijelajahi. Atau sekedar menikmati pemandangannya? Oke juga, loh! Apalagi bersama keluarga atau handai taulan, sambil menyantap sajian khas Halmahera seperti. Air guraka dan Sarana.

  1. Pantai Kupa-Kupa
Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara, Pantai Kupa-Kupa
Tempat Wisata di Tobelo Pantai Kupa-Kupa

Pantai ini mempunyai alam yang menarik. Arus lautnya tenang, banyak pepohonan yang tumbuh rimbun dan tertata di bibir pantai. Menjadikan suasana pantai ini begitu nyaman, rindang, dan indah.

Tak hanya itu. Di pantai Kupa – kupa, Kawanjo juga bisa menikmati pemandangan alam berupa pegunungan yang menjulang tinggi. Bikin terpana, sungguh terlihat menyenangkan serta menenangkan jiwa dan perasaan.

Baca Juga : Makanan Khas Halmahera, Nomor 4 Beri Cara Unik Menikmati Pisang

Wisata bahari di Tobelo Halmahera Utara memang mengesankan. Ragam potensi alam setiap destinasi bisa membuat melongo. Namun tak perlu lama – lama terpana, sebab ada banyak cara mengeksplorasi keindahan objek wisata. Supaya liburan Kawanjo jadi pengalaman yang tak terlupakan.

The post 5 Wisata Pantai Tobelo Halmahera Utara yang Bikin Terpana appeared first on Pigiblog.