December 5, 2022

Liburan mengasyikkan bersama keluarga tidak ada ruginya. Apalagi bila tepat memilih tempatnya. Kota lumpia bisa jadi daerah yang mampu menghangatkan hubungan persaudaraan dengan tempat wisata keluarga di Semarang.

Ada banyak tempat wisata keluarga di Semarang yang bisa dikunjungi pada saat liburan. Beberapa diantaranya juga bisa dikunjungi meski malam hari. Jika berencana berlibur ke Semarang, Kawanjo bisa memilih beberapa tempat populer dan unik yang ada di sana.

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Semarang dan Sekitarnya

Tempat wisata untuk keluarga harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah apakah tempat wisata yang hendak dituju itu ramah untuk segala usia. Bisa dilihat dengan konsep wisatanya juga fasilitas pendukungnya.

Baca Juga : Ceria Tiada Habisnya di Saloka Theme Park Semarang

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata untuk keluarga di Semarang dan sekitarnya:

  1. Bukit Cinta Rawa Pening
Wisata Keluarga di Semarang
Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Semarang dan Sekitarnya Bukit Cinta Rawa Pening

Jika berencana berburu tempat foto yang menarik, unik, dan instagramable, Bukit Cinta Rawa Pening bisa jadi pilihan tempat wisata keluarga di Semarang dan sekitarnya. Kompak beraksi di depan kamera bisa jadi cara mengisi waktu berwisata di sini.

Di tempat ini, Kawanjo bisa menemukan jembatan panjang yang terletak di atas rawa, dan patung naga berukuran besar. Keduanya adalah spot favorit yang sering menjadi tempat untuk berfoto.

Selain berfoto, ajak pula seluruh anggota keluarga mencoba naik perahu berkeliling waduk. Sambil menikmati pemandangan sekitar berupa perbukitan dan gunung – gunung yang nampak dari bukit Cinta Rawa Pening. Bila Kawanjo mau, bisa pula memilih aktivitas yang sedikit memicu adrenalin dengan naik jet ski.

Destinasi favorit segala usia ini berad di Kebondowo, Waduk Rawapening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga : 4 Tradisi Penting yang Ada di Desa Wisata Kandri Semarang

  1.  Eling Bening
Wisata Keluarga di Semarang
Wisata Keluarga di Semarang, Eling Bening

Tidak kalah menarik, tempat wisata di Semarang ini juga indah dan wajib dikunjungi rame – rame. Eling Bening namanya. Berada di atas perbukitan Ngrawan, dari kejauhan wisata berkonsep resto ini nampak unik. Seperti kapal naga putih yang menyibak hijaunya pepohonan.

Di Eling Bening, Kawanjo beserta keluarga bagai berdiri menghadap ke gunung. Tersaji rapi suasana alam yang asri. Mulai dari keindahan  gunung Merbabu, pegunungan Andong dan Telomoyo. Selain itu, hamparan pesona Rawa Pening bisa dilihat dari ketinggian. Lengkap deh Kawanjo mendapatkan background foto alami di Eling Bening.

Tak puas sampai di situ. Kawanjo juga bisa mengabadikan momen kebersamaan menggunakan ornamen – ornamen selfie menarik. Atau bisa juga menikmati fasilitas yang diberikan. Seperti kolam renang, tempat outbound, camping ground, kafe, restoran, dan meeting room.

Eling Bening bisa dikunjungi di Jl.  Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga : Ngetrip ke Semarang, Jangan Lupa Oleh-Oleh Ini Kawanjo

  1. Saloka Theme Park
Wisata Keluarga di Semarang
daftar Tempat Wisata Keluarga di Semarang dan Sekitarnya Saloka Theme Park

Saloka Theme Park menawarkan  sarana menarik untuk segala umur, seperti wisata edukasi dan wahana yang memacu adrenalin. Tak lupa ada juga wisata kuliner yang siap mempererat hubungan keluarga.

Banyak sekali wahana yang bisa dicoba. Kesemuanya dibagi dalam 5 zona. Yaitu zona Kamayayi, zona Ararya, zona Segara Prada, zona Pesisir, dan zona Belantara. Pemilihan permainan disesuaikan dengan nama zona, seperti belantara yang memiliki wahana bermain bersama satwa.

Kelebihannya, permainan di sini disertai dengan aturan tertulis tentang usia yang bisa menggunakan. Tak hanya itu, wisata ini juga ramah pada penyandang disabilitas dan lansia. Saloka juga buka hingga malam hari. Bahkan saat petang, di sini akan diadakan pertunjukan air mancur.  Menarik sekali.

Beralamatkan di Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Saloka Theme Park siap menjamu seluruh anggota keluarga.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

  1. Agrowisata Kopeng Gunungsari
Wisata Keluarga di Semarang
Rekomendasi Wisata Keluarga di Semarang dan Sekitarnya Agrowisata Kopeng Gunungsari

Jika mencari tempat untuk menikmati suasana yang alami dengan beragam jenis tumbuhan, Argowisata Kopeng Gunungsari adalah pilihan terbaik.  Konsep pilihan tempat wisata di Semarang ini, memadukan taman bunga dengan menara pandang di atas pegunungan.

Baca Juga : Wisata di Rute Mesastila 100 2022, Lari Lintas 5 Gunung yang Ngeri-ngeri Sedap

Kawanjo bisa naik hingga ke atas menara bersama keluarga. Kemudian coba edarkan pandangan ke arah utara. Siapkan kamera karena ada sajian pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Terdapat perpaduan cantik antara taman bunga, amfiteater terbuka, spot swafoto, dan gunung Telomoyo.

Yang tak kalah menarik adalah aktivitas menjelajahi kebun buah jambu dan memetiknya. Cukup dengan membayar tiket masuk, dari agrowisata di Jl. Umbul Songo, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini Kawanjo bisa membawa pulang buah jambu.

 Sebagai catatan, lokasinya yang berada di ketinggian 3.145 mdpl, membuat udaranya terasa dingin. Jadi, pastikan seluruh anggota keluarga membawa jaket bila berkunjung ke tempat ini. Selain udara dengan suhu rendah, di sini terkadang juga diselimuti kabut yang bisa menghalangi pemandangan.

  1. Merbabu View & Cafe
Wisata Keluarga di Semarang
Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Semarang Merbabu View _ Cafe

Merbabu View & Café bisa jadi pilihan jika ingin bersantai bareng keluarga. Sambil menyantap sajian lezat, Kawanjo bisa bersama – sama menikmati pemandangan Merbabu.

Baca Juga : 5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh

Kafe dengan lokasi semi-outdoor ini  mempunyai arsitektur yang unik dan dekorasi yang Instagramable, cocok bagi pengunjung yang sangat suka berfoto. Bentuk bangunannya seperti segitiga menyerupai tenda besar. Disampingnya terdapat bangun hexagonal yang ditumpuk sehingga mirip sarang lebah. Saat malam tiba, dengan bantuan lampu, pemandangan yang ada menjadi semakin syahdu.

Kafe yang berada di Cuntel, RT.01/RW.01, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini juga memiliki camping ground. Tak ada salahnya sekali waktu Kawanjo mengajak keluarga menetap di sini. Sambil menginap sambil healing dengan suasana yang bening. Sudah tercerahkan dengan rekomendasi tempat wisata untuk keluarga yang ada di Semarang? Sekarang waktunya berdiskusi bareng keluarga. Untuk bikin itinerary liburan mendatang.

The post 5 Wisata Keluarga di Semarang, Bikin Hubungan Makin Mesra appeared first on Pigiblog.