November 29, 2022

Siapa yang belum tahu wisata alam Tabalong yang ada di Kalimantan? Spot satu ini terkenal dengan alamnya yang indah dan terjaga. Dan Tabalong merupakan satu bagian dari pulau terbesar di Nusantara ini. Yang penasaran boleh baca sampai tuntas ya!

Menjadi tempat liburan yang ideal,  Tabalong di Kalimantan Selatan ini memiliki kekayaan keanekaragaman budaya dan potensi alam yang besar. Dengan dataran rendah yang dipenuhi rawa gambut dan rawa-rawa serta dataran tinggi berupa hutan tropis yang dilindungi secara hukum. Kawanjo akan dibuat takjub dengan pemandangan dan potensi alam di dalamnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Tabalong

wisata alam Tabalong
Rekomendasi Tempat Wisata Alam Tabalong, Air Terjun Tangkum

Setidaknya ada 5 tempat wisata alam Tabalong Kalimantan Selatan yang membuat Kawanjo terpukau. Seolah menunjukkan lukisan Tuhan yang tak tertandingi.

Baca Juga : Luhurnya Festival Budaya Kotabaru Kalimantan Selatan

  1. Tugu Obor Api
wisata alam Tabalong
Wisata ke Tabalong.

Sebelum bahas wisata alam Tabalong, kita mulai dengan ikon kota Tabalong dulu ya, yaitu Tugu Obor Api. Disebut juga dengan monumen api abadi Tabalong. Karena api ini terus dinyalakan dengan menggunakan gas alam yang diperoleh dari eksplorasi minyak Pertamina.

Baca Juga : Kalimantan, Sampai Nanti Kembali Bersua

Tugu ini menjulang tinggi dan nampak bersinar di malam hari. Ada bentuk kelopak bunga di pucuk tugu. Sebagai lambang kesakralan yang dipelihara masyarakat Tabalong.

Letaknya yang berada di pinggir jalan memberikan kemudahan akses. Tepatnya di Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Sehingga Kawanjo tak akan kesulitan menikmati keindahan alam dengan tugu obor api sebagai central view nya.

  1. Masjid Pusaka Banua Lawas
wisata alam Tabalong
Rekomendasi Tempat Wisata Tabalong Masjid Pusaka Banua Lawas

Keberadaan Masjid Pusaka Banua Lawas menjadi bukti bahwa penduduk asli Tabalong, yaitu suku Dayak Maanyan memeluk agama Islam. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Pasar Arba. Dengan alasan  bahwa ada lonjakan pengunjung setiap hari Rabu atau Arba.

Baca Juga : Kue Khas Banjarmasin yang Dijual di Pasar Terapung, Nyaman Banar!

Di dalam masjid, terdapat peninggalan dua tajau atau guci yang berusia 400 tahun. Meski sudah tua, guci ini tidak berubah warna sama sekali. Banyak pengunjung yang membawa air dari tajau setelah meninggalkan masjid.

Sementara itu, di dekat masjid yang beralamatkan di Sei Anyar, Habau, Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong ini terdapat pemakaman. Ada salah satu  pejuang Banjar bernama Penghulu Rasyid, dimakamkan di sini.

  1. Air Terjun Tangkum
wisata alam Tabalong
Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Tabalong Air Terjun Tangkum

Air Terjun Tangkum adalah tempat wisata alam di Tabalong yang memiliki daya pikat tinggi. Untuk sampai di sini saja, Kawanjo disuguhi pemandangan indah jalan setapak yang ditumbuhi pohon bambu dan pohon karet.

Baca Juga : Menjelajahi Kejernihan Air Terjun Kamandang di Sulawesi

Air terjunnya segar dan sangat jernih, karena ada banyak pohon tinggi di sekelilingnya. Udaranya pun sangat sejuk dan bersih.

Berlokasi di desa Panaan, kecamatan Bintang Ara, kabupaten Tabalong, air terjun Tangkum harus dikunjungi untuk membuktikan keelokan alam Tabalong.

Gua Liang Tapah

wisata alam Tabalong
Wisata Alam di Tabalong Gua Liang Tapah

Seperti yang telah disebutkan, Tabalong memancarkan pesona yang luar biasa. Salah satunya adalah Gua Liang Tapah yang masih termasuk dalam bagian geopark Meratus.

Baca Juga : 10 Gua Angker yang Penuh Misteri, Berani Berkunjung?

Di sini Kawanjo akan disuguhi penampakan dalam gua yang cukup luas. Lengkap dengan pahatan stalagmit dan stalaktit yang spektakuler di langit-langit gua. Di dasar gua terdapat mata air. Nampak  biru saat terkena sinar matahari yang masuk ke dalam gua. Telaga Bidadari adalah nama yang disematkan pada telaga di dalam gua Liang Tapah ini.

Sangat disarankan untuk menyewa pemandu wisata untuk menemani trekking didalam gua yang berlokasi di desa Garagata, kecamatan Jaro, kabupaten Tabalong ini. Setelah puas menyusuri dalam gua, Kawanjo bisa berendam di pemandian yang terletak di luar gua.

  1. Danau Cermin
wisata alam Tabalong
Rekomendasi Wisata Alam di Tabalong Danau Cermin

Terkenal juga dengan sebutan danau Sampalang, danau cermin memang memiliki air yang bening. Saking beningnya bahkan sampai bisa digunakan untuk bercermin, sesuai dengan namanya.

Baca Juga : Sukses Benerin Feeling di 3 Wisata Danau di Batanghari Jambi

Tak hanya itu. Kawanjo juga akan bisa melihat penampakan dasar danau yang indah karena adanya bebatuan aneka bentuk. Pun dengan melintasnya beberapa hewan imut yang hidup di danau ini. Selain itu, keberadaannya di tengah hutan tropis menghadirkan suasana sejuk dan pemandangan yang alami. Cocok sekali untuk menyegarkan mata, hati, dan badan.

Danau yang terletak di desa Purui, kecamatan Jaro, kabupaten Tabalong ini juga menawarkan aktivitas lain. Seperti bersantai di batu – batu besar pinggir danau dan berkemah di sekeliling danau.

Lima dari sekian banyak tempat wisata alam di Tabalong ini bisa Kawanjo kunjungi untuk menikmati kekayaan bumi Tabalong. Dengan lebih bijak saat berwisata yang mendekatkan diri pada alam, Kawanjo tak hanya akan merasa senang. Namun kesehatan lahir batin juga akan didapatkan dari lingkungan alami kita Tabalong. Jadi, yuk segera kunjungi kota di Kalimantan Selatan ini!

The post 5 Wisata Alam Tabalong Bikin Sehat Lahir Batin appeared first on Pigiblog.