November 29, 2022

Tak usah diragukan lagi seberapa banyak keindahan-keindahan yang disajikan di tanah air kita tercinta ini. Dilihat dari sudut manapun pesonanya memberikan daya tarik kita untuk beranjak sebentar menikmati kekayaan alam Indonesia. Lanskap bumi yang bagus hingga atmosfer udara yang ideal untuk berwisata membuat Indonesia banyak disebut sebagai sepotong surga yang terserak di bumi. Salah satu pembuktianya adalah wisata Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

wisata pulau rote

Dari pantai hingga danau, bahkan savana dan mata air, wisata Pulau Rote sama sekali tidak bisa dianggap remeh. Berita kecantikan dan keeksotisannya telah melalang buana sampai ke luar negeri, menjadikannya salah satu kawasan wisata alam Indonesia yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Bahkan layak menjadi jujukan liburan kamu berikutnya. Nah, sebenernya ada apa saja sih rekomendasi dari Minjo buat Kawanjo yang hendak wisata Pulau Rote? Let’s Go!

  1. Pantai Telaga Nirwana

Tak lengkap kalau wisata ke Pulau Rote gak ngunjungin tempat yang satu ini, Pantai Telaga Nirwana jadi salah satu primadona di Pulau Rote karena keindahannya. Kok bisa minjo? Bisa dong! Tempat ini punya muara laut dengan air sejernih kristal serta laguna indah yang dikelilingi pepohonan mangrove dan batuan cadas.

Pulau Rote 4
Hutan mangrove yang memanjakan mata.

Gak hanya itu aja uniknya terdapat batuan berbentuk hati ditengah laguna. Serta ombaknya yang tenang membuat siapa saja bisa banget untuk menikmati pantai ini seperti main perahu kayak, berenang dan main-main di pantai.

  1. Pantai Oeseli

Pantai Oeseli ini dikelilingi dan dihiasi oleh bebatuan karang cadas yang bertumpuk, tampak sebuah pantai berbentuk seperti teluk dengan hamparan pasir putihnya serta berair sangat jernih, bersih dan belum tercemar. Pantai ini cocok banget buat kawanjo yang seneng duduk di tepi pantai sembari menikmati pemandangan yang indah dilengkapi dengan suara deburan ombak yang tenang. Yap, karena pantai ini terkenal dengan ombaknya yang tenang dan pasirnya yang putih tak heran bila pantai ini dijuluki sebagai primadonanya Pulau Rote.

  1. Pantai Tiang Bendera

Hayo di sini siapa yang seneng ke pantai dan berburu spot estetik dengan dihiasi langit jingga yang indah? Kawanjo kah salah satunya? Minjo mau kasih tahu bahwa Pantai Tiang Bendera adalah salah satu pantai andalan terbaik di Pulau Rote dan dijadikan tempat berburu sunset.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Desa Wisata Paling Cantik di Indonesia Timur

  1. Batu Termanu

Saat mengunjungi Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, sempatkanlah juga berwisata ke kawasan Batu Termanu.  Kawasan wisata pantai yang penuh bertebaran beragam batu-batuan yang unik, yang menciptakan suasana pantai menjadi eksotis dan penuh daya pikat.

Batu Termanu merupakan dua buah bukit batu yang berada di sebuah tanjung dan di lepas pantai tak jauh dari tanjung tersebut. Dua batu unik dan sebagai icon Pulau Rote Ndao ini mempunyai nama, yaitu Batu Suelai yang ukurannya lebih besar dan masih berada di daratan Pulau Rote, serta Batu Hun yang lebih kecil dan berada di lepas pantai.

Menurut masyarakat setempat, Batu Suelai diyakini berjenis kelamin pria sedangkan Batu Hun berjenis kelamin wanita. Pada saat-saat tertentu, kedua batu ini bisa bergerak sendiri. Batu Termanu diyakini berasal dari kepulauan di Maluku, yang dapat berpindah-pindah sampai menetap di tempatnya sekarang ini. 

  1. Pantai Nemberala

Saking populernya, banyak yang bilang belum ke Pulau Rote kalau belum menginjak Pantai Nemberala. Hamparan pasir putihnya yang menyenangkan berpadu dengan keindahan biru laut yang kontras, serta keseruan ombaknya yang menantang membuat penggemar selancar merasa terpanggil untuk menikmati dahsyatnya ombak laut di sini. 

Pantai Nemberala menawarkan panorama bahari yang sangat menakjubkan.  Deburan ombaknya yang sangat menantang, menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.  Daya pikat ombaknya juga, menjadi surga tersendiri bagi para peselancar. Tidak heran, peselanacar kelas dunia yang tingkat mahir sangat tergila-gila untuk bisa menaklukkan ombak Pantai Nemberala ini.

Baca Juga: Awas Agen Perjalanan Wisata Palsu! Cek Tipsnya Berikut Ini

Oke, bagaimana nih kawanjo? Udah terpana dengan keindahan-keindahan yang ditawarkan Pulau Rote? Info diatas minjo ambil dari sebagian destinasi yang ada di Pulau Rote loh. Masih banyak lagi destinasi yang minjo mau kasih tau ke Kawanjo.

Tapi biar lebih dapet pengalamannya Minjo mau ajak Kawanjo langsung mengeksekusi leburannya ke Pulau Rote. Eitsss Minjo punya loh paket wisatanya 4D3N di Pulau Rote! Untuk Info lebih lanjut yuk simak detail perjalanannya!

Hari 1

Di hari pertama ini para peserta akan berkumpul di meeting point pelabuhan Ba’a/Bandara Rote. Setelah itu dilanjut dengan makan siang untuk menyiapkan energi nge trip dihari pertama. Ohiya di hari pertama ini kita akan langsung ke destinasi wisata Pantai Tiang Bendera. Pantai ini estetik banget apalagi buat kamu yang seneng mengabadikan momen dan jangan lupa pantai ini terkenal dengan sunsetnya loh layaknya di Pantai Kuta Bali.

Selesai dari Pantai Tiang Bendera lanjut ke Batu Termanu, yap batu yang penuh cerita legenda dan menjadi ikonnya pulau rote. Di Batu Termanu ini kita bisa trekking ke bukit dan menikmati pesona laut yang indah loh dan jangan lupa siapkan kameranya ya. Setelah lelah trip di hari pertama peserta akan langsung diarahkan untuk check in hotel dan makan malam lalu istirahat.

Hari 2

Di hari kedua para peserta akan diarahkan untuk sarapan pagi dan bersiap-siap. Nantinya peserta akan dijemput oleh tim untuk trip menuju ke destinasi wisata dihari kedua. Destinasi pertama akan dimulai ke Pantai Oeseli. Di Pantai Oeseli ini para peserta dapat menikmati suguhan pantai yang indah dengan ombak yang tenang. Pantai ini dihiasi dengan karang-karang yang besar nan indah dan eksotis. Setelah itu trip berikutnya lanjut ke Telaga Nirwana. Di sini kita bisa menikmati beningnya air telaga nirwana bak kristal.

Selanjutnya peserta akan diarahkan untuk makan siang untuk menyiapkan energi dan siap tancap gas untuk trip ke destinasi berikutnya. Nah setelah itu trip dilanjut ke Pantai Batu Pintu, tak henti-hentinya berbicara soal pantai estetik di Pulau Rote, Pantai Batu Pintu ini memiliki banyak batu cadas dan saking banyaknya batu cadas yang telah bertumpuk dan menjadi satu seolah-olah menjadi gerbang pintu masuk raksasa menuju ke pulau Rote.

Jangan lupa siapkan kamera ya. Selesai dari pantai batu pintu kita lanjut ke Pantai Boa, di sini para peserta bisa menikmati keindahan pantai dan deburan ombak, selain itu disini juga peserta bisa berselancar karena ombaknya yang sangat cocok untuk berselancar. Lalu destinasi terakhir di hari kedua ini akan mengunjungi pantai Numberala, sama seperti Pantai Boa.

Pantai ini menyuguhkan panorama air yang bening dengan deburan ombaknya yang cukup besar. Setelah penat seharian berwisata di pantai para peserta akan diarahkan untuk dinner dan istirahat.

Hari 3

Di hari ketiga ini peserta akan diarahkan untuk bersiap-siap lalu setelah itu lanjut trip ke Mulut Seribu. Di sini kita akan merasakan keindahan alam layaknya seperti di Raja Ampat, selain itu para peserta pun akan diajak untuk mengexplore labirin Mulut Seribu ini. Selepas dari sana kita lanjut ke Laut Mati, yap Indonesia juga punya Laut Mati loh.

wisata pulau rote

Di sini para peserta bisa menikmati keindahan alam dan segala keunikan yang ada di Laut Mati ini. Selesai dari sana kita lanjut ke destinasi berikutnya yakni kita akan menikmati keindahan sunset di dermaga, selesai dari sana para peserta akan diarahkan kembali ke penginapan.

Hari 4

Di hari keempat ini kita akan diajak untuk merasakan budaya yang ada di NTT. Kita akan diajak ke Kampung Tenun. Disana para peserta akan diberi kesempatan untuk membuat, mengamati dan mempelajari bagaimana cara membuat tenun khas NTT. Tak hanya itu bagi peserta yang tertarik dengan kainnya dapat membeli langsung dari pengrajinnya loh.

Setelah puas di Kampung Tenun para peserta akan diajak ke Sentra Oleh-Oleh Khas NTT, di sana peserta akan dibebaskan untuk berbelanja. Setelah selesai belanja peserta akan diantarkan ke pelabuhan untuk kembali ke Kupang. Dan wisata Pulau Rote pun telah selesai.

Bagaimana, seru banget ya wisata Pulau Rote? Pokoknya dapet banget lah healing-nya. Nah, biar infonya semakin lengkap, berikut beberapa hal yang termasuk dalam paket wisata Pulau Rote 4D3N ini seharga Rp2.350.000,-/pax.

Harga paket wisata Pulau Rote 4D3N sudah termasuk 

  1. Mobil
  2. Driver
  3. BBM
  4. Makan selama tour
  5. Penginapan di kota Ba’a
  6. Mineral water
  7. Driver as Guide
  8. Standar P3K
  9. Kapal explore Nirwana

Untuk lebih rinci lagi, kamu bisa cek paket wisata Pulau Rote di sini ya. Atau bisa langsung pesan melalui button di bawah.

order pigijo

Well, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

The post 5 Spot Wisata Pulau Rote, Permata di Indonesia Timur appeared first on Pigiblog.