November 29, 2022

Surga tersembunyi juga dimiliki Makassar, Sulawesi Selatan. Sebuah pulau yang tak berpenghuni serta belum ramai dikunjungi orang. Sehingga keindahannya masih terjaga dan alami banget. Yakin deh, memutuskan trip ke Kodingareng Keke adalah pilihan paling oke!

Letak Kodingareng Keke

Berada di pulau Kodingareng Keke di Makassar layaknya sedang berwisata di private island milik sendiri. Pulaunya tidak berpenghuni dan masih jauh dari hiruk pikuk. Sebagai pelengkap adalah alamnya yang aduhai mampu menenangkan hati. 

Pulau ini berada di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari obyek wisata terdekat yaitu pantai Losari, pulau Kodingareng Keke berjarak 14 km.  Agar sampai ke pulau ini hanya bisa melalui dermaga kayu Bangkoa di kota Makassar, dengan menyewa perahu. Butuh sekitar 40 – 60 menit untuk menyeberang supaya sampai di pulau Kodingareng Keke.

Baca juga: Wisata Kapal Pinisi

Daya Tarik Kodingareng Keke  

Sebagian besar pengunjung mengunjungi pulau Kodingareng Keke di Makassar adalah untuk menikmati keindahan alamnya. Terutama dasar lautnya yang beneran menawan!

Trip ke Kodingareng Keke
Pemandangan bawah laut Kodingareng Keke

Jernihnya air laut bahkan bisa menunjukkan dari permukaan, indahnya pemandangan bawah laut dan biota yang hidup alami. Untuk membuktikan secara langsung, snorkeling akan memberikan kebahagiaan lebih atas apa yang tersaji di dalam perairan pulau Kodingareng Keke. 

Selain surga di bawah permukaan laut, pemandangan di daratan pun tak kalah elok. Pantai yang berpasir putih bersih berpadu dengan warna biru dan biru kehijauan laut. Nampak menenangkan hati saat memandang. 

Uniknya, adalah pasir pantai yang berbeda bentuk meski dalam satu wilayah. Jadi, di pinggiran pulau sebelah selatan, pantainya memiliki pasir yang bercampur dengan pecahan karang berukuran sangat kecil dengan beragam bentuk. Sedangkan di sebelah utara pulau pasirnya terasa lembut bila dipegang.

Baca juga: Wisata di pulau Sangiang

Selain hamparan pasir, pantai di pulau Kodingareng Keke memiliki pohon – pohon pinus yang rimbun. Berteduh di bawahnya bisa jadi pilihan bagi yang enggan berbasah – basah.

Baca juga: Wisata Sabang Pulau Weh

Aktivitas di Kodingareng Keke

Tak melewatkan kesempatan berada di pulau ini, banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Pantang pulang sebelum senang, deh! Memang bisa ngapain aja sih nge- trip di sini? Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan saat trip di pulau Kodingareng Keke:

  1. Snorkeling 
Letak Kodingareng Keke
Snorkeling di Kodingareng Keke

Sekali lagi, pulau Kodingareng Keke menjadi salah satu tujuan snorkeling  wisata di Makassar yang populer. Berbagai bentuk dan warna karang ada di bawah laut pulau ini. Juga gerak – gerik ikan dan biota laut lainnya.

Kawanjo bisa mulai menyelam di spot Atlantis Garden. Di sana akan terlihat sebuah bangkai mobil VW yang tenggelam dan beberapa patung besar. Ada pula semacam gorong – gorong sebagai media transplantasi karang.

Bila ingin melihat ikan nemo dan beberapa hewan berukuran sangat kecil, Kawanjo bisa meneruskan penyelaman. Di safety stop dengan kedalaman 8 meter.

  1. Bersantai dan berkemah di pantai
camping ke Kodingareng Keke
Berkemah di Kodingareng Keke

Bila tak ingin berbasah – basahan, Kawanjo bisa bersantai di pantai. Sambil mengedarkan pandangan untuk menikmati pemandangan, duduk santai di bawah pepohonan pinus jadi pilihan tepat. Pengelola menyediakan hammock yang bisa digunakan.

Berhubung pulau Kodingareng Keke tidak memiliki penginapan,  berkemah jadi pilihan. Pantai yang lebar dengan suasana tenang menjadi pendukung untuk menginap di alam.

  1. Berfoto

Momen yang bermakna pastinya harus diabadikan. Terutama bila berwisata di hidden gem Makassar. Banyak spot foto menarik yang bisa digunakan untuk mengisi media sosial Kawanjo. Mulai dari segala potensi alamnya hingga aktivitas khas di sini.

  1. Penelitian

Ternyata pulau Kodingareng Keke penting untuk perkembangan ilmu pengetahuan hayati. Banyak peneliti yang datang dan mempelajari alam di sini. Warga Makassar patutlah berbangga  akan hal ini.

  1. Piknik

Di dekat dermaga, ada bangunan tiga lantai yang sering difungsikan sebagai tempat istirahat pengunjung. Selain itu di dekatnya juga terdapat gazebo – gazebo untuk piknik dan menyantap bekal makanan yang dibawa.

Pulau Kodingareng Keke terkenal dengan kedamaian suasananya. Berada di sana seolah sedang menghabiskan waktu di pulau milik pribadi yang indah sekali. Jadi, nge-trip ke sana adalah keputusan yang oke punya! Sebagaimana bila Kawanjo memilih berwisata bareng Pigijo di bulan September ini !

The post 5 Hal Seru Saat Trip ke Kodingareng Keke Makassar appeared first on Pigiblog.