November 29, 2022

Kalau ngomongin Taman Nasional Taka Bonerate, Festival Taka Bonerate baru saja dilaksanakan pada tanggal 23 – 28 Oktober 2022. Acara ini digelar untuk meningkatkan pamor pariwisata kepulauan Selayar. Salah satu pariwisata yang terkenal di daerah Provinsi Sulawesi Selatan ini masuk ke dalam Taman Nasional Taka Bonerate lho.

Destinasi wisata satu ini adalah taman laut yang mempesona. Taman Nasional Taka Bonerate memiliki wilayah atol terbesar ketiga setelah Kwajifein di kepulauan Marshall dan Suvadiva di kepulauan Maladewa. Atol adalah pulau karang yang berbentuk cincin, melingkar melindungi sebuah laguna. Atol di kawasan taman nasional Taka Bonerate memiliki luas 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km².

Baca Juga : Wisata Kepulauan Kei dan Festival Pesona Meti Kei 2022

Taman Nasional Taka Bonerate terdiri dari 15 buah pulau. Atol yang terdiri dari gugusan pulau -pulau gosong karang dan rataan terumbu yang luas dan tenggelam, membentuk banyak pulau. Di antara pulau-pulau gosong karang tadi, terdapat selat sempit yang terjal dan dalam. Saat air laut surut, terlihat daratan yang kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam – kolam kecil.

Bila sebelumnya belum pernah ke  Taka Bonarate, atau pertama kali berkunjung ke sini, lebih baik reschedule. Sebab waktu terbaik untuk mengunjungi taman nasional Taka Bonerate, sebaiknya di waktu terbaik. Yaitu saat musim panas di bulan April – Juni karena cuaca sedang bagus-bagusnya. Atau Oktober – Desember, sambil menikmati sajian karnaval kebudayaan yang selalu ditunggu. Salah satunya adalah Festival Taka Bonerate.

Aktivitas Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate
Aktivitas Wisata di Taka Bonerate

Taka Bonerate terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Berbagai kegiatan bisa dilakukan di sini. Seperti wisata alam, budaya, dan lainnya.

Baca Juga : Dive Walker Tanjung Benoa, Nikmati Bawah Laut Buat yang Nggak Bisa Berenang!

Berikut adalah daftar aktivitas wisata yang bisa kamu dilakukan di Taka Bonerate 2022. Yaitu:

Bermain dengan Baby Shark

Taman Nasional Taka Bonerate
Bermain dengan Baby Shark di Taman Nasional Taka Bonerate

Di Pulau Tinabo Taka, Kawanjo bisa bermain dengan baby shark alias hiu-hiu kecil yang bebas berenang, tanpa takut ada manusia. Jenis hiu putih ini hidup di penangkaran untuk kemudian dilepas bila sudah cukup umur.

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Menyelam

Taman Nasional Taka Bonerate
Taman Nasional Taka Bonerate Wisata Pemandangan Bawah Laut yang Kece

Banyak spot bagus di Taka Bonerate yang cocok untuk snorkeling. Namun, masih di Tinabo Taka, pulau inilah yang jadi spot favorit para penyelam. Karena di sini para pemula juga bisa beraksi. Ada titik selamnya yang bisa dijelajahi. Seperti Sumur Ikan, Ibel Orange, Acropora Point, Wall Reef, Kaldera, dan Corina Corner.

Baca Juga : 6 Alasan Wisata di Pulau Payung Kepulauan Seribu

Melihat Kebudayaan Masyarakat

Taman Nasional Taka Bonerate
Melihat Kebudayaan Masyarakat di Taka Bonerate

Pulau – pulau di Taman Nasional Taka Bonerate sebagian adalah berpenduduk. Masyarakat di sini terdiri dari Suku Bajo, Suku Bugis, dan Suku Selayar. Mereka hidup di sini secara turun temurun dan memegang teguh adat istiadat. Bila pas waktunya, Kawanjo bisa menikmati acara kebudayaan mereka. Seperti pernikahan suku Bajo ataupun mandi Syafar penduduk untuk menyambut Bulan Ramadhan. Wah seru banget!

Baca Juga : Wisata Pulau Liwungan, Hidden Gem yang Bikin Penasaran

Wisata sejarah

Taman Nasional Taka Bonerate
Wisata sejarah di Taka Bonerate

Di area taman nasional Taka Bonerate, Kawanjo juga bisa menyusuri masa lampau dengan mengunjungi beberapa situs bersejarah. Seperti di Taka Mariam yang menyimpan meriam kuno milik tentara Belanda. Ada juga di Taka Gantarang, berupa meriam kembar milik pedagang-pedagang Cina masa lampau.

Baca Juga : 5 Hal Seru Saat Trip ke Kodingareng Keke Makassar

Aktivitas lain

Taman Nasional Taka Bonerate
aktivitas saat di Taka Bonerate

Bila Kawanjo enggan bermain air, ada banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan di sini. Seperti menikmati sunrise dan sunset, canoeing atau bermain sampan, juga melihat observasi burung. Selain itu Kawanjo juga bisa memancing, voli pantai, outbound, hingga wisata kuliner.

The post 5 Aktivitas Seru di Taman Nasional Taka Bonerate appeared first on Pigiblog.