November 29, 2022

Kamu termasuk penggemar olahraga balap sepeda? Siap-siap! Karena, pada 2-11 November mendatang, Indonesia bakal menggelar ajang balap sepeda bergengsi, Tour de Singkarak.

Sesuai dengan namanya, Tour de Singkarak bakal melintasi Danau Singkarak dan beberapa kabupaten di Sumatera Barat dan Jambi. Dengan total jarak 1,324 kilometer, Tour de Singkarak bakal melibatkan banyak sekali pebalap kenamaan dunia maupun lokal.

Bekerjasama dengan Amaury Sport Organisation (ASO) yang dikenal menggawangi ajang Tour de Frace, Tour de Singkarak punya predikat balap sepeda bergengsi nomor lima di dunia, setelah Giro di Italia, Vuelta a Espana, dan Santos Tour Down Under. Sehingga, animo masyarakat sudah pasti tinggi.

Nah, buat kamu yang penasaran pengin nonton langsung Tour de Singkarak, Pegipegi punya beberapa tipsnya biar sukses, nih. Simak di bawah ini, yuk!

Catat Dulu Jadwal dan Lokasi Etape-nya

Untuk penyelenggaran Tour de Singkarak 2019, para panitia telah menentukan sembilan etape dengan total jarak tempuh 1,324 kilometer.

Etape I : Kota Pariaman – Tanah Datar Etape II : Pasaman – Bukit Tinggi Etape III: Payakumbuh – Sawahlunto Etape IV : Limapuluh Kota – Dharmasraya Etape V : Kabupaten Solok – Agam Etape VI : Padang Panjang – Solok Selatan Etape VII: Kayu Aro- Kerinci Etape VIII: Sungai Penuh – Pesisir Selatan Etape IX : Pesisir Selatan – Padang.

Jadi, kamu tahu bakal ikut menonton sesi start dan finish di mana. Sebagai informasi, start lomba bakal digelar mulai pukul 10.00 pagi pada dan finish 2-11 November tergantung jarak yang ditempuh.

Tentukan Lokasi Nonton

Buat yang belum pernah nonton balap sepeda jarak jauh seperti Tour de Singkarak, ada satu hal yang kamu harus ketahui, kamu bebas nonton di mana saja. Itu mengapa, kamu harus mengetahui lokasi etape dan jalur yang bakal dilintasi para pebalap.

Yang paling nyaman adalah kamu nonton dari posisi start atau menyambut para pebalap di garis finish. Tetapi, jika kebetulan tengah berada di kawasan yang bakal dilintasi oleh para pebalap, kamu bisa memberikan semangat dari sisi jalan, lho.

Menariknya, balap sepeda jarak jauk nggak bakal memunggut kamu biaya sepeser pun buat menonton. Tapi, pastikan, kamu nggak berada di tengah jalan yang bakal di lintasi sehingga nggak mengganggu konsentrasi pebalap.

Amankan Tiket Pesawat dan Hotel Lebih Awal

Tour de Singkarak nggak cuma menarik minat para turis dalam negeri, tetapi juga internasional. Jadi, pastikan kamu mengamankan tiket pesawat ke Padang dan penginapan di sekitar etape balapan buat menonton Tour de Singkarak.

Nah, biar makin murah pesan lewat apliksi Pegipegi. Soalnya, lagi ada promo Peyuk dari tanggal 25-31 Oktober. Lumayan, ada diskon tiket pesawat, hotel dan kereta api sampai 60 persen, lho!

Cukup Bawa Ransel dan Makanan Cukup

Jika kamu berencana ingin nonton dari sisi lintasan, rasanya wajib menyiapkan perbekalan yang cukup. Apalagi, menunggu pebalap melintas di siang hari sudah pasti menguras energi.

Kamu bisa membawa tas ransel yang berisikan handuk keringat, makanan dan air minum cukup. Jangan lupa untuk menyimpan atau membuat sampah pada tempatnya agar nggak mengotori lintasan.

Tertarik buat nonton Tour de Singkarak? Sekalian liburan di Padang. Yuk, pesan tiket pesawat, dan cari hotel murah di Padang lewat Pegipegi! Selamat liburan!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

The post 4 Tips Penting Nonton Tour de Singkarak Langsung di Sumatera Barat first appeared on PEGIPEGI TRAVEL BLOG.