November 29, 2022

Kawanjo penat dengan suasana hiruk-pikuk kota dan mau healing ke alam, tapi gak mau yang jauh dari perkotaan? Nah, kami punya solusinya buat kamu! Di Sukabumi, Jawa Barat, banyak banget tempat-tempat yang bisa banget kamu explore keindahan alamnya, seperti Curug Cikaso, Pantai Karang Gantungan, Penangkaran Penyu Pangumbahan, dan yang paling terkenal, Pantai Ujung Genteng. Sebenarnya, masih banyak lagi destinasi yang bisa kamu kunjungi di sana, tapi Minjo akan spill informasi tentang apa aja yang bisa kamu dapatkan saat wisata ke Ujung Genteng. 

  1. Curug Cikaso
wisata ke Ujung Genteng, curug cikaso
Kemegahan Curug Cikaso.

Curug yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi, lebih tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, menjadi salah satu wisata air terjun yang paling diminati di Sukabumi atau saat wisata ke Ujung Genteng. Sebelum dinamakan Curug Cikaso, air terjun ini bernama Curug Luhur. Akan tetapi, karena airnya yang berasal dari aliran anak Sungai Cikaso, maka curug ini dinamakan Curug Cikaso yang terkenal sampai saat ini. 

Kawanjo penasaran gak sih apa yang mebuat Curug Cikaso ini terkenal? Jawabannya adalah air terjunnya yang memiliki tiga aliran berbeda, seperti kembar tiga. Air terjunnya yang megah, bersih, dan jernih, serta suara gemericik air yang tenang bikin para wisatawan betah untuk bersantai sambil mencari ketenangan di sana. Tak hanya itu,  di dekat area curug terdapat sebuah kolam alami yang memiliki kedalaman 15 meter. Sayangnya, karena arusnya yang deras serta kolam yang sangat dalam membuat para pengunjung dilarang untuk terlalu dekat dari kolam. 

Curug Cikaso juga tidak hanya menyimpan keindahan alamnya, tetapi ketiga aliran air terjun itu juga menyimpan cerita di dalamnya. Aliran air sebelah kiri atau yang bernama Curug Aseupan diepercaya menjadi tempat bersemayamnya Nyi Blorong. Curug Meong yang berada di tengah dipercaya menjadi tempat Eyang Santang. Yang terakhir, yaitu aliran sebelah kanan atau Curug Aki, dipercaya menjadi tempat bersemayamnya Prabu Siliwangi. Gimana, Kawanjo, hebat banget kan Curug Cikaso ini?

  1. Pantai Karang Gantungan 

Jawa Barat punya Tanah Lot? Iya, jawabannya ada di Sukabumi! Pantai yang terletak di Desa Pasiripis, Surade, Sukabumi ini dinamakan Karang Gantungan karena tedapat karang-karang yang terlihat seperti menggantung di atas permukaan laut. Tak hanya bentuk karangnya yang unik, tapi pantainya itu sendiri memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk segitiga seperti sebuah piramida. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Karang Gantungan memiliki sebutan Tanah Lotnya Sukabumi dikarenakan tingginya tebing yang menjadi akses kamu untuk menuju pantai. Dari ketinggian tebingnya, Kawanjo dapat menikmati keindahan pantai yang masih sangat terjaga dan deburan ombak serta bebatuan yang berada di sana. Nah, karena pemandangan Pantai Karang Gantung yang sangat eksotis dan dapat benar-benar memanjakan mata, kamu bisa banget menjadikan pantai ini sebagai spot berfoto dan piknik bersama keluarga. Terlebih lagi, dengan pemandangan tebing yang indah menjadikan foto-fotomu seakan-akan sedang berada di Tanah Lot, Bali. Keren banget kan Pantai Karang Gantungan ini? Cus langsung meluncur ke sana!

  1. Penangkaran Penyu Pangumbahan
wisata ke Ujung Genteng, curug cikaso, pantai pangumbahan
Pelepasan tukik di Pantai Pangumbahan

Main ke pantai di Sukabumi gak cuman buat piknik dan foto-foto aja loh! Di Pantai Pangumbahan kamu bisa mengunjungi penangkaran penyu di mana para penyu dirawat dan dilestarikan untuk menghindari kepunahan penyu. Tetapi, kamu gak bakal cuma lihat-lihat penyu aja kok di sana, kamu bisa juga ikut untuk melepaskan anak-anak penyu atau yang biasa disebut tukik kembali ke laut lepas. Biasanya, tukik-tukik hijau itu akan dilepas menjelang matahari terbenam supaya para bayi penyu dapat merasakan hangatnya air laut yang terkena sinar mentari terbenam. Tujuan dari pelepasan tukik hijau ini karena mereka sudah siap untuk hidup lautan dan juga untuk mengambalikan keseimbangan ekosistem di laut. Kegiatan yang seru banget kan Kawanjo? Yuk, ikutan.

  1. Pantai Ujung Genteng
wisata ke Ujung Genteng, curug cikaso, pantai ujung genteng, ujung genteng
Suasana sunset di Pantai Ujung Genteng.

Pantai yang menghadap langsung ke Samudera Hindia ini merupakan salah satu destinasi andalan para wisatawan di Sukabumi. Hamparan pasir putih yang lembut saat mengenai kaki dan birunya laut lepas menjadikan Pantai Ujung Genteng sebagai destinasi wisata Sukabumi yang tepat untuk lari sejenak dari hiruk-pikuknya perkotaan. Selain itu, tentu saja kamu dapat menikmati sunset di sana, sehingga menjadikan suasana pantai menjadi romantis dan syahdu. Kawanjo juga bisa menikmati kuliner seafood di restoran-restoran yang menyediakan olahan khas laut dari kekayaan bahari Pantai Ujung Genteng. Selain itu, deretan pohon kelapa menambah keeksotisan dari pantai ini.

Wah, bagus-bagus banget bukan destinasi wisata di Sukabumi? Jadi, Sukabumi gak cuma dikelilingi perbukitan dan hijaunya pepohonan saja karena di sana terdapat beberapa pantai dan air terjun yang gak kalah cantiknya. Kawanjo sekarang udah tertarik belum untuk wisata ke Ujung Genteng? Kalo kamu tertarik, bisa banget cek paket wisata ke Curug Cikaso, Pantai Karang Gantungan, Penangkaran Penyu Pangumbahan, dan Pantai Ujung Genteng di Pigijo!

Kami juga akan memberikan rincian itinerary trip ke Sukabumi di bawah ini.

Day 1 & Day 2

Di hari keberangkatan, Kawanjo akan bertemu dengan tim Pigijo di meeting point sebelum berangkat ke destinasi pertama, yaitu Curug Cikaso. Setelah tiba di area Curug Cikaso, kamu akan menjangkau air terjunnya menggunakan perahu loh! Seru banget kan? Nah, selama di Curug Cikaso, kamu akan diberikan waktu untuk explore air terjun dan hunting foto di keindahan air terjun. Setelah puas mengabiskan waktu di Curug Cikaso, Kawanjo akan melanjutkan perjalanan ke Pantai Karang Gantungan dan akan diberikan waktu juga untuk explore pantai dan foto-foto dengan background karang atau laut dari atas tebing. Setelah itu, kita akan melanjutkan perjalanan ke Penangkaran Penyu dan melihat bayi-bayi penyu yang siap untuk dilepaskan ke samudera lepas. Akhirnya, kita akan menuju destinasi terakhir dari trip kita, yaitu Pantai Ujung Genteng. Sama seperti destinasi-destinasi sebelumnya, kamu diberikan waktu bebas untuk jalan-jalan di sekitaran pantai sambil menikmati tenangnya pemandangan pantai dan hunting foto di sana. 

Sekian deh itinerary wisata ke Pantai Ujung Genteng yang ditawarkan Pigijo! Akan tetapi, tak hanya itinerary perjalanan karena kami akan rincikan juga apa aja yang akan kamu dapatkan dari paket ini.

Harga paket wisata ke Ujung Genteng sudah termasuk:

  1. Transportasi  AC (PP)
  2. Driver
  3. Tol
  4. Biaya Parkir
  5. Tiker Curug Cikaso, Pantai Karang Gantungan, Pantai Ujung Genteng, dan Penangkaran Penyu
  6. Dokumentasi
  7. Tour Leader
  8. P3K

Harga paket wisata ke Ujung Genteng tidak termasuk:

  1. Penginapan
  2. Biaya terduga
  3. Kebutuhan pribadi
order pigijo

Baca juga: Temukan Perairan Menawan dalam Paket Wisata Derawan Via Berau di Pigijo

Well, selain wisata e Ujung Genteng barusan, masih banyak banget lho paket wisata menarik lainnya yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Gunung Prau, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya ada di Pigijo lho

Penulis: Nadia Salsabila Azzahwa

The post 4 Spot Wajib Kunjung Saat Wisata ke Ujung Genteng! appeared first on Pigiblog.