December 5, 2022

Kenalin nih, wisata Dusun Semilir Semarang, satu lagi destinasi wisata yang keren abis di Kota Lumpia. Bisa dibilang, tempat ini memberikan paket lengkap liburan yang memuaskan. Ada beragam konsep yang disuguhkan. Mulai dari wahana permainan, wisata air, spot foto, belanja, hingga wisata kuliner. Sekali datang ke sini, Kawanjo bisa melakukan banyak hal yang membuat hati senang.

Wisata Dusun Semilir Semarang
Dusun Semilir Semarang

Lokasi Dusun Semilir Semarang 

Wisata Dusun Semilir Semarang
Lokasi Dusun Semilir Semarang

Salah satu kelebihan objek wisata ini adalah kemudahan akses untuk mencapainya. Berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta Nomor 49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, dusun Semilir terletak di dekat pintu keluar tol Bawen Semarang.

Baca Juga : 5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Jadi Oleh-Oleh

Di area dengan luas 16 hektar, sejak tahun 2019 dusun Semilir selalu berbenah. Menambah fasilitas dan wahana – wahana baru untuk memanjakan pengunjung. 

Tiket Masuk Dusun Semilir Semarang

Wisata Dusun Semilir Semarang
Tiket Masuk Dusun Semilir Semarang

Setelah sampai di lokasi, Kawanjo akan dibuat takjub dengan penampilan bagian depan dusun Semilir. Nampak replika 7 stupa Borobudur berdiri megah sebagai bangunan utama. Berpadu dengan pemandangan Ungaran sampai Telomoyo yang terlihat dari Dusun Semilir, view bagian depan tempat wisata jadi semakin indah.

Di area depan itulah, Kawanjo bisa membeli tiket secara langsung. Atau bila telah membeli melalui layanan daring, di anjungan depan beratap stupa itulah Kawanjo bisa menukar tiketnya. 

Baca Juga : 5 Wisata Keluarga di Semarang, Bikin Hubungan Makin Mesra

Adapun harga tiket di wisata ini dibuat beragam. Pada hari Senin – Jumat, tiket masuknya seharga Rp 30.000. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu harga tiket masuknya adalah Rp 40.000.

Untuk menjajal wahana, dikenakan biaya tambahan. Semisal perosotan warna-warni dengan tarif Rp 15.000. Bila ingin naik kereta wisata atau trem, Kawanjo cukup membayar tarif Rp 20.000, gondola Rp 25.000, dan ATV mulai Rp 20.000 per putaran.

Jam buka Dusun Semilir Semarang

Wisata Dusun Semilir Semarang
Jam buka Dusun Semilir Semarang

Wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Setiap hari Senin sampai Jumat dusun Semilir dibuka pada pukul 09.00 sampai pukul 18.00. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai pukul 20.00

Dusun Semilir memiliki beragam jenis tujuan wisata yang bisa dinikmati pengunjung. Sekali datang pada jadwal buka, Kawanjo dibuat bebas melakukan banyak pilihan yang disuka.

Baca Juga : Nature and Handmade Attraction Semarang selama 2 hari 1 malam

Wahana Dusun Semilir Semarang yang Instagramable

Wisata Dusun Semilir Semarang
Wahana Dusun Semilir Semarang yang Instagramable

Satu yang menjadi ikon dusun Semilir Semarang adalah wahana perosotan pelangi. Perosotan setinggi 30 meter dan panjang 150 meter ini siap menguji adrenalin Kawanjo. Jangan khawatir dengan keamanannya. Sebab untuk meluncur di perosotan yang memiliki 5 lintasan dengan warna berbeda – beda, ada caranya sendiri. 

Kawanjo harus menaiki alat luncur semacam bak. Bak tersebut meluncur dengan tali di tiap lintasan. Sangat seru bila berhasil meluncur dari ketinggian.  Apalagi dengan situasi mendukung dan lintasan luncur yang keren seperti di dusun Semilir ini. 

Baca Juga : Segar! 5 Wisata Air Alami di Klaten Jawa Tengah

Selain perosotan pelangi, masih banyak wahana. Di dusun Semilir Semarang ini, wahana terbagi menjadi tiga zona.

  1. Alun Eropa
Wisata Dusun Semilir Semarang
Alun Eropa Wahana Dusun Semilir Semarang

Wahana ini berada di zona yang penuh dengan bangunan serta ornamen bergaya Eropa. Dengan nuansa warna – warni, Kawanjo bisa merasakan seolah – olah berada di Venesia, Maroko, Mykonos, dan French Village.

Supaya jadi momen yang tak terlupakan, Kawanjo wajib berfoto di sini. Semisal saat  mendayung di sungai atau bersantai menaiki trem dan kereta api yang antik. 

  1. Alas Tirta
Wisata Dusun Semilir Semarang
Wahana Dusun Semilir Semarang Alas Tirta

Zona Alas Tirta berwujud seperti kebun binatang. Di sini terdapat bermacam – macam tanaman hutan Tropis dan beberapa hewan menarik. Contohnya seperti Otter atau berang – berang, bebek, angsa, burung, & ikan Koi.

Baca Juga : Wisata Offroad Karanganyar 2022, Pacu Adrenalin di Tengah Kebun Teh

Dengan tanaman yang hijau, zona ini menyediakan banyak spot foto, patung – patung, dan kolam yang indah. Seperti patung flamingo, singgasana hijau, dan patung manusia.

  1. Banyu Biru
Wisata Dusun Semilir Semarang
Banyu Biru Wahana Dusun Semilir Semarang

Sebuah zona bertema danau bohemian yang dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, dan tenda gazebo. Di sini cocok untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga atau handai taulan.

Di zona Banyu Biru Kawanjo bisa bermain di danau, naik kapal, atau ber-swa foto dengan pemandangan yang indah. 

Sensasi Belanja di Dusun Semilir Semarang

Wisata Dusun Semilir Semarang
Sensasi Belanja di Dusun Semilir Semarang

Bila Kawanjo hobi shopping dan kulineran, tak perlu ke lain tempat. Di dusun Semilir sudah lengkap adanya. Uniknya, objek wisata ini mengangkat kearifan lokal dengan produk khas Indonesia. Sama dengan wahana, spot belanja juga terbagi dalam beberapa zona. Sebutlah namanya adalah:

  1.  Warisan Indonesia

Merupakan toko barang kerajinan di dusun Semilir, yang berisi berbagai barang kreatif produksi lokal. Barangnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti asesoris dan produk fashion.  

  1. Cemilan Indonesia 

Yang satu ini merupakan toko oleh – oleh di dusun Semilir. Di dalam ya Kawanjo bisa membeli aneka ragam produk makanan ringan untuk buah tangan. Seperti kudapan khas, snack kekinian dan kekinian, jajan jadul, Manisan, coklat, Bandeng, Bakpia, Nanas Madu, Wingko, Getuk, Dodol, dan masih banyak lainnya.

Bila berbelanja di sini Kawanjo akan merasa puas. Sebab ada beragam pilihan dengan harga yang terjangkau. 

  1. Gunungan Resto

Area kuliner terbaru di dusun Semilir ada di sini. Menu makanannya istimewa seperti Lawar bali, Steak lidah bumbu Bali, Sate maranggi, Sop buntut asem asem dan lainnya. Gunungan resto memiliki tempat yang amat spesial. Terasa sejuk di bawah stupa buatan khas dusun Semilir.

Apalagi di area outdoor. Kawanjo akan disuguhi pemandangan 5 gunung dan 7 stupa. The panorama nama tempatnya. Sangat cocok menikmati indahnya pemandangan alami sambil menyeruput kopi khas dusun semilir. Apalagi bersama orang terkasih. 

  1. Sepoi – sepoi

Lapar? Tenang saja. Kawanjo bisa mampir ke zona sepoi – sepoi.  Makan malam di sini akan memberi  pengalaman makan malam yang berkesan. Dilayani oleh chef andalan dan para waiters yang profesional. Cocok sekali bila makan bareng keluarga dan teman. 

Dekorasi tempat ini menambah keunikan tersendiri. Tempatnya yang semi outdoor menjadikan angin bebas berhembus sepoi – sepoi. Adapun makanan yang bisa dipesan adalah Super Penyet, Sepoi-Sepoi Jamblangan, Dusun Fried chicken, Bakso Brengos Bandungan, Lontong tuyuhan, Kepala Manyung, Smookie Ice, dan lainnya. Perut kenyang hatipun senang. 

  1. Jalan Kenangan

Konsep menarik dihadirkan di zona ini. Kawanjo diajak berkeliling di sebuah area yang mirip jajaran toko kelontong alias street market.  Berbagai jenis dagangan ada di sana. Mulai dari makanan dan minuman hingga kerajinan tangan. 

Baca Juga : Fajar & Senja Yogyakarta 2 Hari 1 Malam

Toko – toko dan ornamen di sekitarnya penuh dengan warna. Sehingga kesan ceria nan colorful bakal bisa dirasakan saat menyusuri jalan setapak di tengah pertokoan. Jangan lupa cari gaya terbaik untuk berfoto di sini.

Wahana Dusun Semilir Semarang
Wahana Dusun Semilir Semarang

Di malam hari, warna warni lampu menambah syahdu suasana. Sangat menyenangkan bercengkrama sepanjang jalan sambil berbelanja ataupun menyantap makanan di jalan kenangan.

Bagaimana, beneran puas mengelilingi tempat wisata viral dusun Semilir Semarang? Coba cek satu persatu lagi, jangan – jangan ada spot yang tertinggal belum dikunjungi. Sebab di sini memang lengkap dan membuat Kawanjo senang maksimal. Yuk coba yuk!

The post 3 Zona Seru Wajib Datang di Wisata Dusun Semilir Semarang appeared first on Pigiblog.