November 29, 2022

Mengenal Kabupaten Dairi di Sumatera Utara paling tepat memang saat berlangsungnya Pesta Budaya Njuah – Njuah. Apalagi tahun ini pemerintah kabupaten menjalin kerjasama dengan pihak travel wisata untuk membuat paket kunjungan ke Dairi, terutama wisata Sidikalang terbaru. 

Pesta Budaya Njuah-Njuah 2022

wisata Sidikalang terbaru
Pesta Budaya Njuah njuah

Njuah-Njuah berasal dari sapaan suku Pakpak di Dairi. Sapaan ini sering terdengar baik di acara formal maupun non – formal. Njuah-Njuah bermakna sehat selalu. Sangat pas dengan kondisi tahun ini, dimana Dairi dan daerah lain di Indonesia sedang bangkit dari keterpurukan akibat virus nakal COVID-19.

Tertahan karena pandemi selama 2 tahun, Pesta Budaya Njuah-Njuah disambut meriah oleh masyarakat Dairi. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 Oktober 2022 dan dipusatkan di kecamatan Sidikalang. Terdapat beragam acara yang menyertakan masyarakat seperti kirab budaya, lomba permainan tradisional. 

wisata Sidikalang terbaru
Luah yang dibawa dalam kirab budaya
pesta budaya Njuah njuah

Kirab budaya sendiri menunjukan keindahan harmoni keberagaman budaya dan etnis di Kabupaten Dairi. Sebanyak 88 kelompok instansi pemerintahan, sekolah, dan komunitas budaya tampil sambil membawa luah (buah tangan) berupa hasil alam daerah masing – masing. Hal ini sebagai ungkapan rasa syukur atas pemberian Tuhan dalam kehidupan sehari – hari. Mereka juga menampilkan atraksi budaya yang menarik perhatian penonton di sepanjang rute. Yaitu dimulai dari gedung pemkab Dairi hingga panggung kehormatan di Gedung Djauli Manik Sidikalang.

Baca juga: Wisata The Kaldera Toba Sumatera Utara

Wisata di Sidikalang terbaru 2022

Dalam pidato saat pembukaan, Sekretaris Daerah Dairi Sumatera Utara, Budianta Pinem menyampaikan bahwa Pesta Budaya Njuah – njuah bertujuan untuk lebih melestarikan sekaligus memperkenalkan budaya Pakpak ke kancah nasional juga internasional.

Karena ternyata, kabupaten Dairi tempat suku Pakpak menetap memiliki banyak potensi. Baik hasil bumi, budaya, maupun pariwisata. Hal ini perlu dikabarkan lebih luas, untuk hasil akhir berupa perbaikan ekonomi terutama seusai pandemi. 

Dunia pariwisata sendiri memiliki peran penting di daerah yang terkenal sebagai penghasil kopi ini. Terutama di kawasan Sidikalang, ibukota Dairi yang merupakan tempat pelaksanaan Pesta Budaya Njuah – njuah 2022.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Sidikalang Dairi Sumatera Utara yang terbaru:

  1. Gedung Nasional Djauli Manik
wisata Sidikalang terbaru
Wisata Sidikalang terbaru, Gedung Nasional Djauli Manik

Gedung bersejarah ini dibangun untuk mengenang jasa salah satu bupati Dairi yang pernah menjabat, yaitu Djauli Manik. Nampak gagah berdiri di Jalan Sisingamangaraja, kecamatan Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Atapnya unik, menyerupai atap rumah adat Pakpak.

Baca juga: Hotel dengan view Danau Toba Sumatera Utara

Gedung yang selalu terawat hingga kini ini dan sering digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan budaya daerah.  Seperti Pesta Budaya Njuah – njuah.

  1.  Puncak Sidiangkat
wisata Sidikalang terbaru
Puncak Sidiangkat

Objek wisata di Sidikalang ini banyak dikunjungi dan menjadi favorit. Selain karena letaknya yang tak jauh dari pusat kota Dairi, puncak Sidiangkat juga menawarkan pemandangan alam yang ciamik. Tepatnya puncak Sidiangkat ini beralamatkan di Jalan Runding Kelurahan Sidiangkat. 

Dari ketinggian, pengunjung bisa menikmati panorama kebun kopi dan permukiman warga di Sidikalang. Bahkan bila beruntung, ketika cuaca cerah akan nampak keindahan bukit barisan dan puncak gunung Sinabung di Kabupaten Karo. Bersantai di puncak Sidiangkat sambil menikmati kopi Sidikalang yang mendunia adalah pilihan tepat.  

Tak hanya pemandangan alami. Pengelola juga menyediakan beragam spot selfie kekinian yang bisa memuaskan para penghobi foto. Sebut saja replika bulan sabit, sarang burung bulat, sarang burung gantung, jembatan gantung, bingkai matahari, duduk melayang, sapu terbang, tangga menuju awan, di dalam kuali, sakura, pintu rumah hobbit, lambang cinta bergantung,  rumah berbentuk segi tiga, rumah Papua, ayunan, dan nama-nama jalan unik.

  1. Air terjun Lae Basbas
Wisata Sidikalang Terbaru
Air terjun Lae Basbas

Ada beberapa air terjun alami di kabupaten Dairi. Salah satunya ada di Kecamatan Tiga Lingga berjarak 26,4 kilometer dari Sidikalang melalui Jl. Lintas Sidikalang – Takengon. Masyarakat menyebutnya air terjun Lae Basbas.

Baca juga: Tempat wisata di Medan Terbaru 2022 Sumatera Utara

Terletak di dalam hutan lebat, tempat wisata ini menjadi surga tersembunyi. Sebab pemandangannya memang elok dan menawan. Air terjun yang jernih berpadu dengan beragam tumbuhan yang tumbuh alami di dalam hutan. Berada di sini akan membuat hati dan pikiran semakin segar. Tak lupa, badan juga ikut segar bila menyempatkan diri untuk bermain air di sini.

Tiga tempat di atas harus dikunjungi bila sedang berada di kecamatan Sidikalang kabupaten Dairi. Ketiganya merupakan destinasi wisata yang menarik dan merepresentasikan potensi daerah yang harus diperkenalkan lebih luas. Sebagaimana tujuan Pesta Budaya Njuah – njuah yang baru saja selesai digelar. 

The post 3 Pilihan Wisata Sidikalang Terbaru, Bonus Pesta Njuah-Njuah! appeared first on Pigiblog.