November 29, 2022

Dumai yang aduhai. Alamnya yang indah memiliki potensi untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata. Telah banyak wisatawan yang berkunjung sehingga memantik kemajuan sektor lainnya. Salah satunya adalah kuliner. Ada cafe unik di Dumai yang siap menjamu pengunjung dengan ciri khas masing – masing. Pas sekali untuk bersantai di tengah Dumai yang sibuk.

Sekilas tentang Dumai

Kota Dumai di provinsi Riau berada di tepi pantai timur Pulau Sumatera. Kota ini termasuk dalam kawasan lintas perdagangan internasional Selat Melaka. Di sisi lain, dengan sumber daya alam minyak dan hasil bumi lainnyanya, Dumai berkembang menjadi kota industri. Maka tak heran bila kota ini tak bisa surut kesibukannya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Cafe Tepi Danau Batam

Kebutuhan masyarakat akan tempat melepas lelah sambil mengedarkan pandangan dipenuhi oleh hadirnya banyak cafe di kota minyak ini. Tak tanggung – tanggung, banyak tempat nongkrong yang mengusung konsep unik demi menggaet lebih banyak pengunjung.

Tak hanya masyarakat setempat. Pariwisata kota Dumai yang berkembang pesat, telah mendatangkan banyak wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara. Potensi pariwisata ini antara lain wisata budaya, alam, belanja, pendidikan, dan kesehatan.

Wisata Kuliner Kota Dumai

Cafe Unik di Dumai
Wisata Kuliner Kota Dumai

Tak ketinggalan adalah potensi wisata kuliner. Karena adanya perkembangan pariwisata, usaha bidang makanan – minuman ikut serta berkembang pesat. Tak hanya menjadi buah tangan pelengkap kegiatan wisata, sektor makanan minuman menjadi semakin berperan. Hingga kemudian menjadi wisata jenis khusus dengan istilah wisata kuliner. Apalagi kenyataannya Indonesia memiliki kekayaan masakan tradisional yang beragam. Sehingga makanan dan minuman bisa menjadi produk budaya sebuah daerah.

Baca Juga : Rekomendasi Cafe Hits di Trawas yang Selalu Dipenuhi Pengunjung

Dumai pun demikian. Di sini ada beragam produk kuliner mulai dari yang ada sejak zaman leluhur hingga makanan kekinian. Kesemuanya juga berperan sebagai magnet kunjungan turis lokal maupun internasional.

Usaha bidang kuliner pun terus berbenah, demi menghasilkan inovasi – inovasi. Baik itu produk yang dikonsumsi maupun kemasan, termasuk tempat jualan. Cafe adalah salah satu jenis usaha kuliner yang merebak di kota Dumai. Berfungsi sebagai tempat nongkrong sekaligus refreshing, menikmati salah satu sisi Dumai yang aduhai.

Cafe Unik di Dumai

Cafe Unik di Dumai
Cafe Unik di Dumai

Suasana yang menarik dan berbeda dari yang lain pun terus diciptakan oleh masing – masing cafe. Keunikannya membuat pengunjung tertarik untuk datang dan menyantap kuliner di sana. Berikut adalah beberapa cafe unik di Dumai yang wajib dikunjungi:

Baca Juga : Cafe Viral di Batu Malang, yang Butuh Kehangatan bisa pilih nomor 4!

  1. Starblack Cafe
Cafe Unik di Dumai
Starblack Cafe

Berkunjung ke sini pasti betah berlama – lama. Karena cafe yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman, Bintan, Dumai Timur ini memiliki konsep semi outdoor. Bila malam tiba, pengunjung bisa menikmati gemerlap lampu yang menerangi langit gelap. Tak hanya itu, alunan live music akan menemani pengunjung agar betah menghabiskan waktu di Starblack cafe.

Baca Juga : Dijamin Bikin Betah, Ini Dia Hotel Unik di Yogyakarta yang ‘Instagenic’

Cafe yang berada di pusat kota ini  buka pada siang hari, sejak pukul 14.00 – 23.00 WIB setiap harinya. Khusus untuk hari Sabtu, Starblack cafe tutup pukul 24.00 WIB. Pengunjung bisa menikmati menu lezat yang beragam. Mulai dari makanan western, fusion, dan lainnya.

  1. Kafe Kuliner Nelayan
Cafe Unik di Dumai
Kafe Kuliner Nelayan

Sebelumnya lokasi ini terkenal dengan wisata alam Mangrove atau Bandar Bakau nya. Sekarang jalan Nelayan Laut Ujung, kelurahan Pangkalan Sesai, kecamatan Dumai Barat, kota Dumai ini memiliki sebuah terobosan baru.

Ada tempat kulineran bernama Kafe Kuliner Nelayan. Daya tarik cafe ini terletak pada nuansa bahari dengan  lampu berwarna – warni yang menyala di malam hari. Tak hanya menikmati makanan, di sini juga menjadi spot menarik untuk para penggemar memancing.

Kafe Kuliner Nelayan menyajikan makanan khas laut atau seafood. Seperti kepiting, kerang, udang, cumi, dan ikan. Ada juga ada olahan ayam dan sayur. Semua sajian dibanderol seharga mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000.

Sedangkan menu minuman yang bisa dipesan adalah aneka macam jus buah, cokelat, teh, kopi, mocktail, frappe, dan minuman herbal. Kisaran harganya adalah antara Rp. 10.000 sampai Rp25.000.

  1. Vienna Coffee
rekomendasi cafe di dumai Vienna Coffee
rekomendasi cafe di dumai Vienna Coffee

Tempat nongkrong dengan desain  kontemporer ini memberikan suasana santai dan tenang bagi pengunjungnya. Entah itu di dalam ruangan maupun di area outdoor nya.

Vienna coffee terkenal sebagai tempat yang ramah bagi keluarga. Anak – anak diberi kesempatan khusus untuk bermain di playground.  Mereka juga memiliki pilihan menu ramah anak dari cafe ini. Seperti beragam varian es Boba dan kudapan manis contohnya donat.

Bukan hanya untuk anak, menu cafe yang beralamatkan di jl. Nangka No.18 b, Rimba Sekampung, Kec. Dumai Kota, Kota Dumai, Riau 28826 ini juga ada yang lainnya. Andalannya adalah beragam kopi dan latte serta teh.

Bila ingin wisata kuliner di Dumai, Riau, beragam cafe bisa jadi pilihan. Menyantap sajian sambil berbincang santai dapat dilakukan di tengah aktivitas padat. 

The post 3 Cafe Unik di Dumai, Pilihan Tepat Bersantai appeared first on Pigiblog.