November 29, 2022

Tiada habisnya! Cianjur Selatan selalu punya penawaran menarik untuk Kawanjo! Kali ini giliran suguhan keindahan Pantai Apra Sindangbarang yang mampu menarik hati banyak orang. Dari namanya saja, membuat penasaran. Apakah berhubungan dengan bagian sejarah APRA (Angkatan Perang Ratu Adil)? 

Ternyata benar. Pantai Apra pernah menjadi saksi dari peristiwa pemberontakan di Bandung yang bernama sama. Di pantai ini juga masih bisa ditemukan benteng pertahanan dari peperangan. Namun jangan dulu puas sebelum menikmati keindahan pantai Apra Sindangbarang sendiri.  

Daya Tarik Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

pantai Apra Sindangbarang Cianjur selatan
pantai Apra Sindangbarang Cianjur selatan

Pantai ini memiliki ombak yang besar, sama seperti pantai-pantai di selatan Jawa pada umumnya. Meski begitu, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan pantai lainnya. Di antaranya:

  1. Muara Sungai Cisadea

Tidak bisa dipungkiri keindahan wisata pantai Apra Sindangbarang Cianjur selatan ini salah satunya disebabkan menjadi muara sungai Cisadea ini. Sehingga perpaduan pantai dan sungai menjadi unik dan menarik.

Baca juga : Pantai Karang Potong Cianjur Selatan Rasa Santorini

Sungai Cisadea sendiri merupakan tujuan wisata yang ada di kota Cianjur. Jadi, dengan mengunjungi pantai Apra, Kawanjo mendapatkan dua kepuasan dalam waktu bersamaan. Wisata di pantai sekaligus menikmati keindahan sungai Cisadea.

  1. Panorama Sunset

Pantai ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan senja sangat cocok dinikmati di pantai ini. Bersantai dan duduk – duduk di sini adalah pilihan bijak. Ombak yang besar khas pantai selatan membuat Kawanjo lebih baik tidak berenang dan melakukan hal lain saja.

  1. Lingkungan yang Ramah

Warga di sekitar pantai Apra Sindangbarang kebanyakan masih menempati rumah tradisional. Dalam jumlah banyak, mereka sekeluarga tinggal di rumah – rumah panggung. Dindingnya kebanyakan masih terbuat dari anyaman bambu. 

Masyarakat sekitar pantai memiliki karakter yang sama. Ramah dan hangat. Mereka tak segan menyapa atau memandu para pengunjung pantai Apra. Hal seperti ini, membuat pengunjung merasa nyaman berlama-lama di tempat ini. 

Rute Menuju Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Rute Menuju Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan
Rute Menuju Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Apabila berangkat dari Jakarta, Kawanjo bisa langsung mengambil arah ke Cianjur. Selanjutnya dari Cianjur bisa langsung menuju ke Sindangbarang.

Baca juga : PIGIJO – Marketplace Pariwisata

Bila memulai perjalanan dari Bandung, bisa melalui jalur Bandung – Cianjur.  Di sepanjang perjalanan, Kawanjo bisa menikmati panorama alam yang indah. Namun, melintasi jalur Bandung – Cianjur membutuhkan kehati-hatian karena jalan yang menanjak dan menurun. Karenanya, jangan mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi. 

Tiket Masuk Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Tiket Masuk Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan
Tiket Masuk Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Beruntungnya, tidak ada biaya masuk bagi pengunjung untuk memasuki kawasan wisata pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan ini. Namun, pengunjung yang mengendarai mobil pribadi atau kendaraan bermotor harus membayar biaya parkir yang berbeda. Untuk motor akan dibanderol harga Rp. 2000, sedangkan mobil Rp. 5000.

Fasilitas Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Fasilitas Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan
Fasilitas Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Berbagai fasilitas tersedia untuk para pengunjung. Kawanjo bisa menggunakan beberapa fasilitas selama berlibur. Seperti tempat parkir, toilet, mushola, rumah makan, penginapan, dan toko souvenir.

Baca juga : Mulai 200.000/pax, Anda dapat Jelajah Perahu Pantai Timur & Cagar Alam Pangandaran

Wisata Dekat Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Wisata Dekat Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan
Wisata Dekat Pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan

Ada  wisata hits lainnya yang dekat dengan pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan. Sehingga akan jadi perjalanan yang lebih efektif dan efisien bila bisa sekalian lanjut ke objek wisata yang dimaksud. 

Sebutlah tempat wisata pantai Karang Potong Ocean View yang baru saja dibuka. Lokasi ini sangat cocok bagi Kawanjo yang ingin mendapatkan foto instagramable dengan view pantai yang unik. Objek wisata yang lokasinya berada di Saganten, Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat ini layak dikunjungi sekalian berwisata di pantai Apra Sindangbarang Cianjur.

Baca juga : Tempat Wisata di Bandung Barat yang Alami Serta Menarik

Karena itulah, Kawanjo bisa segera memasukkan pantai Apra Sindangbarang Cianjur Selatan sebagai tujuan wisata selanjutnya. Selamat berpetualang!

The post 3 Alasan ke Pantai Apra Sindangbarang Cianjur appeared first on Pigiblog.