November 29, 2022

Tempat wisata Banyuwangi wajib masuk dalam bucket list wisata karena memiliki banyak destinasi alam yang indah. Paket lengkap, mulai dari air terjun, pantai, gunung, hingga alam bawah lautnya.

Bagi kamu yang belum pernah menjelajahi alam Banyuwangi, berikut adalah sepuluh rekomendasi wisata Banyuwangi yang bisa jadi referensi liburan kamu selanjutnya.

1. Green Bay atau Pantai Teluk Hijau

Jika Vietnam punya Halong Bay dan Thailand punya Phi Phi Island, Indonesia punya Green Bay. Tempat wisata Banyuwangi paling indah ini juga terkenal dengan nama Pantai Teluk Hijau.

Terletak kurang lebih 90 km dari pusat Kota Banyuwangi, Teluk Hijau menawarkan pemandangan yang begitu indah. Green Bay berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri dan termasuk salah satu pantai yang masih perawan.

Destinasi hits di Pulau Jawa ini memiliki pasir putih, ombak yang tenang, dan pemandangan batu karang yang memukau. Dijamin bikin betah lama-lama berada di pantai ini.

2. Pantai Pulau Merah, Tempat Berselancar yang Cantik

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu andalan tempat wisata Banyuwangi yang harus dikunjungi. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan sunset yang begitu memukau. Selain itu, pantai ini memiliki sebuah pulau kecil yang menambah keindahannya.

Ombak di Pantai Pulau Merah lumayan besar sehingga sering dijadikan tempat berselancar. Oh ya, berbagai event selancar tingkat dunia juga sering diadakan di pantai ini lho!

3. Kawah Ijen, Fenomena Blue Fire yang Memesona

Untuk yang suka hiking, wajib mampir ke Kawah Ijen untuk menikmati salah satu fenomena alam terbaik di negeri ini. Apalagi kalau bukan blue fire!

Blue fire yang berada di Kawah Ijen merupakan satu dari dua lokasi di dunia di mana kita bisa menikmati fenomena alam ini. Selain blue fire yang bisa dinikmati di malam hari, Kawah Ijen juga menyajikan pemandangan menarik yang sayang untuk dilewatkan.

4. Taman Nasional Baluran, Pesona Afrika di Banyuwangi

Ingin melihat pemandangan padang sabana seperti yang ada di Afrika? Enggak perlu jauh-jauh karena kamu cukup berkunjungi ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi.

Di destinasi mirip luar negeri ini kita bisa melihat berbagai hewan berkeliaran secara bebas di padang sabana yang terlihat begitu menawan, seperti rusa, banteng, kerbau liar, hingga ajag.

Di Taman Nasional Baluran kita juga bisa melihat pohon khas Baluran yang terlihat mirip pohon pinang yang berbuah sekali seumur hidup sebanyak 1 ton lalu mati.

Pokoknya, ada banyak pengalaman menarik yang bisa kamu dapatkan di replika Afrika di tempat wisata Banyuwangi ini!

5. Jawatan Benculuk, Wisata ala Negeri Dongeng di Jatim

Wisata paling indah di Jawa Timur ini sangat populer beberapa tahun belakangan ini. Cukup liburan ke Banyuwangi, kamu sudah bisa menikmati wisata alam yang mirip negeri dongeng bernama Jawatan Benculuk.

Jawatan Benculuk memiliki pemandangan yang unik, yaitu deretan pepohonan trembesi berukuran raksasa yang akan mengingatkanmu pada Hutan Fangorn di film Lord of the Rings.

Kawasan wisata Banyuwangi paling indah ini juga dikenal dengan nama Jawatan Perhutani karena dikelola langsung oleh pihak Perhutani. Enggak bakal nyesel deh mengunjungi destinasi Banyuwangi populer ini karena pemandangannya oke banget.

6. Air Terjun Tlepak (Bayu Lor) yang Masih Alami

Mendengar kata Bayu Lor, mungkin akan mengingatkanmu pada tempat wisata di Banyuwangi yang menyuguhkan suasana perkebunan. Padahal kalau kamu mau eksplor lebih lanjut ada air terjun yang sangat cantik di sana bernama Air Terjun Tlepak (Bayu Lor).

Air terjun di Banyuwangi ini memiliki nuansa dan atmosfer alami yang luar biasa indahnya. Debit airnya mengalir cukup deras dan membentuk beberapa undakan sehingga membuatnya semakin memesona.

7. Bangsring Underwater, Wisata Bawah Laut Banyuwangi

Banyuwangi memiliki banyak destinasi wisata alam yang cantik dan indah. Buat kamu yang suka snorkeling, bisa mengunjungi Bangsring Underwater.

Dunia bawah laut di Bangsring Underwater sangat elok, penuh dengan terumbu karang dan ikan-ikan lucu. Kerennya lagi, destinasi wisata Banyuwangi ini dikelola secara swadaya oleh nelayan setempat lho. Bahkan sampai mendapatkan penghargaan Kalpataru dari pemerintah pusat!

8. Pantai Plengkung (G-Land), Spot Favorit untuk Berselancar

Bagi yang menyukai pantai cantik dengan pemandangan indah, jangan lupa mampir ke Pantai Plengkung ya! Pantai di Banyuwangi ini juga dikenal dengan nama Pantai G-Land.

Ombak di Pantai Plengkung sangat besar dan unik sehingga dijuluki The Seven Giant Waves Wonder karena gulungan ombak yang ada di pantai ini memiliki 7 lapisan dengan ketinggian 6 meter.

Ombak di sini juga dikatakan kedua terbaik di dunia setelah Hawaii, lho! Jadi, tak heran jika banyak peselancar yang berselancar ria dia sini. Meski tidak bisa surfing, pemandangan wisata Banyuwangi ini juga sangat memesona untuk dinikmati.

9. Pantai Blimbingsari, Sensasi Berkuda di Tepi Pantai

Jika tak ingin berpetualang begitu jauh dari pusat Kota Banyuwangi, coba deh main ke Pantai Blimbingsari yang letaknya tidak jauh dari Bandara Blimbingsari.

Destinasi wisata Banyuwangi paling cantik ini memiliki pemandangan sunrise dan sunset yang sangat indah. Jangan lupa cicipi juga kuliner khas Banyuwangi, khususnya seafood segar hasil tangkapan nelayan sekitar, ya.

10. Pantai Boom, Destinasi Banyuwangi yang Instagramable

Pantai di Banyuwangi yang satu ini mudah sekali dicapai dari pusat kota. Kita bisa naik sepeda atau sekedar jalan santai dari Alun-alun Blambangan.

Pantai Boom memiliki pasir hitam dengan latar belakang Pulau Bali dari kejauhan. Cantik banget, cocok dikatakan sebagai salah satu destinasi paling cantik di Banyuwangi.

Selain destinasi di atas, masih banyak spot wisata alam yang tak kalah indahnya di Banyuwangi. Buat kamu yang tertarik liburan ke Banyuwangi dengan aman dan nyaman, yuk liburan bareng AntaVaya!

Paket Wisata Domestik

The post 10 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Indah dan Wajib Dikunjungi appeared first on Blog Antavaya.