November 29, 2022

Masih bingung mau mengajak keluarga liburan ke mana di tahun 2021? Jalan-jalan ke wisata di Surabaya, yuk!

Salah satu destinasi paling populer di Indonesia ini punya banyak tempat menarik yang bisa kamu eksplor, mulai dari wisata bangunan bersejarah, pantai, hingga wisata alam.

Inilah sepuluh rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang wajib kamu kunjungi untuk liburan 2021!

1. Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November

Tempat wisata di Surabaya ini merupakan kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan. Monumen ini dibuat untuk mengingatkan kita atas jasa pahlawan merebut kemerdekaan dari penjajah.

Tugu Pahlawan dengan bentuk paku terbalik ini memiliki lengkungan di tiangnya, kerap disebut “Canalures”.

Di dalam tugu setinggi 41.15 meter ini, terdapat Museum Sepuluh November. Museum Sepuluh November dibangun untuk memperjelas keberadaan Tugu Pahlawan. Di museum tersimpan koleksi bersejarah pertempuran heroik tanggal 10 November 1945.

2. Jembatan Suramadu, Ikon Surabaya yang Terkenal

Selain Patung Suro dan Boyo, Surabaya juga punya destinasi ikonik lainnya. Apalagi kalau bukan Jembatan Suramadu.

Jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura ini merupakan tempat wisata Surabaya yang cukup populer. Panjang jembatan di atas perairan selat Madura ini sekitar 5.500 meter.

Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, seperti berburu foto, mencari kerang, naik perahu, atau menyeberang jembatan. Sempatkan datang ke ikon Surabaya ini ya saat liburan keluarga ke Surabaya.

3. Ciputra Waterpark, Wahana Air Terbesar di Surabaya

Ciputra Waterpark merupakan tempat wisata air paling besar di Surabaya. Luasnya mencapai 5 hektar dan memiliki tema dongeng petualangan Sinbad. Anak-anak pasti senang sekali main ke tempat wisata di Surabaya ini.

Ciputra Waterpark memiliki beberapa atraksi menarik, seperti Sinbad’s Playground, Syracuse Beach, Marina Lagoon, dan Tartarus Pool. Jika keadaan sudah jauh lebih aman, Ciputra Waterpark adalah salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat liburan di Surabaya.

4. Patung Buddha Empat Wajah yang Dilapisi Emas Murni

Di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, terdapat tempat wisata Surabaya populer bernama Patung Buddha Empat Wajah. Patung ini menjadi dicatat MURI sebagai salah satu patung tertinggi di Indonesia.

Patung Buddha ini terdiri atas wajah kesehatan dan perdamaian, wajah hubungan baik, wajah keberuntungan, dan wajah perlindungan terhadap kejahatan.

Patung ini terlihat megah karena bahan dilapisi emas murni yang diimpor dari Thailand. Setelah puas foto-foto di sini, kamu bisa langsung melipir ke pinggir Pantai Ria Kenjeran bersama keluarga.

5. Pantai Kenjeran, Wisata Keluarga Murah di Surabaya

Pantai Kenjeran merupakan salah satu tempat wisata murah di Surabaya. Kawasan ini terbagi menjadi dua, yaitu Pantai Kenjeran Baru dan Pantai Kenjeran Lama (Pantai Ria Kenjeran). Kedua pantai tersebut menyajikan pengalaman dan pesona yang berbeda.

Di Pantai Kenjeran lama, kamu bisa menikmati pemandangan pantai pasir yang menawan. Sementara di Pantai Ria Kenjeran, lebih cocok untuk berolahraga dan bertamasya.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini misalnya bermain di tepi pantai, naik perahu ke Pulau Pasir, memancing, dan belanja suvenir.

6. House of Sampoerna, Museum dan Pabrik Rokok Dji Sam Soe

Inilah pabrik rokok Sampoerna yang pertama. Bangunan Belanda ini dibeli oleh Liem Seeng Tee (pendiri Sampoerna) pada tahun 1932. Hingga sekarang, tempat wisata di Surabaya ini masih aktif memproduksi rokok Dji Sam Soe.

Di kawasan wisata House of Sampoerna, kamu dan keluarga bisa belajar dan melihat-lihat sejarah pabrik rokok ini. Museum ini menampilkan berbagai koleksi seperti korek api, mesin cetak, lukisan, hingga kendaraan kuno.

Menariknya lagi, pengunjung diperbolehkan untuk melihat proses pembuatan rokok. Lumayan untuk menambah wawasan.

7. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda di Indonesia. Meski begitu, lokasinya sudah diganti sebanyak tiga kali hingga sekarang berada di kawasan Wonokromo.

Pengunjung kebun binatang akan dipandu oleh beberapa guide yang bertujuan untuk memberi arah dan memberi pengetahuan tentang satwa.

Koleksi Kebun Binatang Surabaya cukup menarik, seperti harimau sumatera, komodo, dan singa afrika. Jika sayang pada hewan, ajarkan anak untuk tidak menaiki binatang selama berkunjung, ya.

8. Ekowisata Mangrove Wonorejo, Wisata Alam Surabaya

Lokasi wisata di Surabaya ini tak begitu jauh dari Bandara Juanda. Jauh dari keramaian kota, pengunjung bisa melihat langsung keindahan pohon mangrove dengan menyusuri jembatan kayu yang dibangun di atas air.

Ekowisata Mangrove Wonorejo menyediakan jasa sewa perahu untuk pengunjung yang ingin berkeliling.

9. Suroboyo Carnival Night Market

Ajaklah keluarga besarmu mengunjungi Suroboyo Carnival Night Market untuk liburan 2021. Wisata malam hari ini baru dibuka pukul 15.00 dan tutup pukul 23.00.

Harga tiket masuk saat weekday adalah Rp30.000 dan saat weekend Rp40.000. Untuk tiket terusan, harganya sekitar Rp60.000 untuk weekday dan Rp80.000 untuk weekend.

Terdapat lebih dari 50 jenis wahana permainan yang disediakan di sini. Sebut saja Ferrish Wheel (Gondola), Aero test, Rodeo, dan Glow In the Park. Tak hanya wahana permainan, kamu dan keluarga juga akan dimanjakan dengan jutaan lampu di sekitar Suroboyo carnival Park.

10. Hutan Bambu Keputih, Atmosfer Jepang di Surabaya

Enggak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk merasakan syahdu dan teduhnya hutan bambu karena Surabaya punya Hutan Bambu Keputih Surabaya. Atmosfer Jepangnya kerasa banget sehingga masuk ke dalam rekomendasi wisata mirip luar negeri.

Berada di daerah Sukolilo, ternyata dulunya area ini merupakan tempat pembuangan sampah, lho. Secara ajaib, Hutam Bambu Keputih diubah menjadi lokasi wisata yang mirip luar negeri.

Kumpulan pohon bambu yang rindang sangat instagrammable sehingga dicintai oleh pencinta fotografi. Tak heran banyak pasangan yang berfoto prewedding di sini.

Panoramanya hampir mirip dengan Hutan Sagano di Jepang. Liburan mudik lebaran bersama keluarga di sini pasti sangat menyenangkan. Dengan luas 8,5 ha dan empat jalur penjelajahan, banyak yang bisa kamu nikmati di sini. Tiket masuknya juga gratis.

Dari sepuluh rekomendasi tempat wisata di Surabaya di atas, mana yang ingin kamu kunjungi? Ke man pun tujuannya, liburannya bareng AntaVaya saja!

Promo Tour Domestik

The post 10 Rekomendasi Wisata di Surabaya, Cocok untuk Liburan Keluarga 2021! appeared first on Blog Antavaya.